DI ATAS 5 TAHUN
4 Oktober 2017

Anak Harus Tahu 5 Table Manner Dasar Ini

Ajarkan aturan makan untuk anak seperti ini, Ma!
placeholder
placeholder
Artikel ditulis oleh (katri.dyah)
Disunting oleh (katri.dyah)

Makan bersama keluarga, saudara, atau klien adalah momen berharga yang mengingatkan kita pada nilai kebersamaan. Namun ketika Mama harus membawa si kecil ke acara tersebut, ini bisa menimbulkan masalah tersendiri. Bukan masalah besar sebenarnya, tapi cukup bisa membuat Mama kehilangan muka di depan para peserta jamuan makan.

Saat buah hati tak bisa diam dan mengangkat kakinya ke atas kursi, bersuara ketika mengunyah makanan, atau malah tak mau cuci tangan sebelum makan, Mama hanya bisa geleng-geleng kepala. Semua tindakannya mungkin kelihatan lucu saat ia masih berumur 5 tahun, tapi ini tak bisa dibiarkan. Tak hanya orang dewasa, anak-anak pun harus mengenal table manner atau sopan santun di meja makan.

Table manner dimaksudkan untuk menciptakan suasana yang beradab dan nyaman ketika makan, namun tetap luwes dan menyenangkan bagi semua pesertanya. Karena merupakan kebiasaan, table manner adalah hal yang harus diajarkan dan dibiasakan oleh orang tua kepada anak-anaknya. Berikut ini adalah 5 table manner dasar yang sebaiknya Mama ajarkan kepada si kecil tercinta dari sekarang.

1. Mencuci tangan sebelum dan sesudah makan

shutterstock 720854251

Ajarkan kepada anak untuk mencuci tangan sebelum makan. Mencuci tangan dengan air dan sabun dapat membersihkan kotoran sekaligus membunuh kuman yang ada di tangan supaya tidak ikut masuk ke dalam tubuh lewat makanan. Pastikan juga kalau buah hati mencuci tangan dan mulutnya setelah makan supaya tak ada bekas makanan yang menempel di sudut bibir.

2. Makan menggunakan garpu

shutterstock 655152121 (1)

Kecuali untuk makanan yang memang disantap menggunakan tangan atau jari, ajarkan ia menggunakan garpu dan sendok ketika makan. Mengajarkannya makan menggunakan garpu sejak usia belia dapat membantu buah hati mengembangkan keterampilan tangan dan jemarinya. Karena kebiasaan ini relatif sulit dan membutuhkan waktu, Mama harus bersabar mendampinginya.

Baca juga: Memilih Perlengkapan Makan dan Minum yang Tepat Bagi Anak

3. Mengunyah makanan dengan mulut tertutup

shutterstock 210288166

Ajarkan buah hati makan dengan mulut tertutup dan tidak membuat suara berlebihan yang mengganggu saat mengunyah. Selain itu, Mama juga harus menekankan padanya untuk tidak berbicara saat mulut penuh dengan makanan.

4. Memberikan makanan

shutterstock 723624694

Ajari si kecil meminta makanan, garam, merica, atau benda-benda di meja makan dengan suara lembut dan sopan, menggunakan kata “tolong”. Sangat tidak bisa diterima jika ia memintanya dengan merengek-rengek apalagi berteriak. Jangan lupa mengucapkan terima kasih setelah mendapatkan apa yang diinginkan.

5. Makan bersama

shutterstock 723624709

Ajarkan si kecil untuk menunggu semua anggota atau peserta jamuan makan datang dan duduk di kursi masing-masing sebelum menyantap hidangan yang disajikan di meja makan. Walaupun kelihatan sepele, table manner harus diajarkan dan dibiasakan sejak kecil. Berlaku sopan terutama saat makan akan membuat buah hati menjadi pribadi yang teratur dan berkelas.

Artikel Terkait