DI ATAS 5 TAHUN
12 Agustus 2019

Anak Ikut Kursus Seni, Ini 8 Manfaat yang Akan Didapat

Si kecil membutuhkan seni untuk membantu perkembangannya.
Artikel ditulis oleh Dina Vionetta
Disunting oleh Dina Vionetta

Tak perlu harus berbakat seni untuk memasukkan si kecil ke kursus seni anak.

Karena sadarkan Anda, Moms, bahwa anak-anak pada dasarnya sangat menyukai seni?

Ketika bayi, si kecil tertarik dengan benda-benda berwarna kontras.

Ia juga tertarik pada bunyi-bunyian yang didengarnya.

Ketika pergerakannya semakin mantap, si kecil mulai suka membolak-balik buku, mencoret dinding, merobek kertas, dan mencipta lukisan dengan krayon atau spidol di permukaan kosong mana pun yang ia temui.

Membiarkan anak meluapkan kreativitasnya tidak hanya akan meningkatkan peluang si kecil untuk mengembangkan bakat seni yang mungkin dimilikinya, tetapi juga membantunya berkembang secara mental, sosial, dan emosional, demikian dikatakan Lisa Ecklund-Flores, pendiri sekaligus direktur eksekutif Church Street School for Music and Art, di New York.

Anak-anak yang menciptakan seni akan melatih kemampuannya dalam menganalisis dan memecahkan masalah dengan berbagai cara, demikian menurut Mary Ann F. Kohl, penulis buku Primary Art: It's the Process, Not the Product..

Itu sebabnya, tak ada istilah terlalu dini atau berlebihan ketika Moms memutuskan untuk memasukkan si kecil ke sekolah atau kursus seni anak. Dan inilah manfaat yang akan didapat si kecil dengan mengikuti kursus seni di usia dini, seperti dilansir dari parentcircle.com.

1. Meningkatkan Keterampilan Motorik Halus

Anak Ikut Kursus Seni, Ini Manfaat yang Akan Didapat

Foto: unsplash.com

Aktivitas seni sangat berhubungan dengan keterampilan motorik halus, mulai dari menggenggam pensil, kuas, menulis, mencoret garis, menggunting, hingga menempel. Keterampilan motorik halus ini sedikit lebih sulit dipelajari dibandingkan keterampilan motorik kasar.

2. Meningkatkan Koordinasi Mata dan Tangan

Terlibat dalam kegiatan yang berkaitan dengan seni sejak usia dini dapat meningkatkan koordinasi mata dan tangan. Hal ini merupakan bekal bagi si kecil kelak jika ia masuk sekolah dasar, misalnya ketika ia menulis atau berpidato.

Baca Juga: 7 Manfaat untuk Masa Depan Anak Jika Terbiasa Menggabungkan Seni Saat Belajar di Usia Dini

3. Mendorong Ekspresi Diri

Anak Ikut Kursus Seni, Ini Manfaat yang Akan Didapat

Foto: pexels.com

Kegiatan seni memberi anak kesempatan untuk mengekspresikan perasaannya dengan cara yang bermakna, nyata, dan positif. Ia juga akan mendapatkan kepuasan ketika berhasil membuat karya seni yang mampu dibanggakannya.

4. Membantu Bersosialisasi

Bersama dengan anak-anak lain di kelas seni, hal ini memberi si kecil kesempatan untuk berinteraksi dan bersosialisasi dengan mereka yang memiliki minat yang sama.

Baca Juga: Patut Tahu! Ini Berbagai Manfaat Seni untuk Balita

5. Meningkatkan Harga Diri

Anak Ikut Kursus Seni, Ini Manfaat yang Akan Didapat

Foto: unsplash.com

Melakukan kegiatan seni akan menanamkan rasa bangga dan berprestasi pada diri si kecil, yang akan membantu meningkatkan harga dirinya.

6. Meningkatkan Inovasi dan Kemampuan Kreatif

Inilah peluang untuk menciptakan apa pun yang diinginkan si kecil, dan ini akan mendorong inovasi serta kemampuan untuk berpikir dan menyelesaikan masalah yang mungkin dia hadapi kelak.

7. Mempertajam Keterampilan dalam Mengambil Keputusan

Anak Ikut Kursus Seni, Ini Manfaat yang Akan Didapat

Foto: pexels.com

Menghadapi dan memecahkan tantangan artistik akan membantu anak belajar membuat keputusan yang efektif dan benar. Ini membantu mengembangkan sikap menyelesaikan masalah, yang juga akan membantunya dalam upaya lain dalam hidupnya.

Baca Juga: Percantik Tembok Rumah dengan DIY Lukisan Mozaik

8. Meningkatkan Pembelajaran Visual dan Memori

Melalui kegiatan seni, si kecil tidak hanya belajar tentang bentuk dan warna baru, tetapi juga menjadi sadar akan berbagai pola dan angka. Kegiatan seperti membuat perhiasan atau memahat bahkan membutuhkan visualisasi dan menghafal desain kompleks dalam pikiran.

Kegiatan seni mungkin identik dengan kekacauan dan berantakan. Tapi percayalah, Moms, manfaat yang akan dituai jauh lebih berharga. Setuju, Moms?

(VAN)

Artikel Terkait