DI ATAS 5 TAHUN
11 Juli 2017

Anak Mama Masuk Sekolah untuk Pertama Kali? Perhatikan 5 Hal Berikut

Lengkapi daftar persiapan berikut ini, yuk!
placeholder
placeholder
Artikel ditulis oleh andia.ratna
Disunting oleh andia.ratna

Apakah tahun ini anak Mama masuk sekolah untuk pertama kali? Wah, perasaan Mama pasti jadi campur aduk! Antara gugup, senang, bangga, tapi juga sedih kalau harus berpisah dengan anak selama ia belajar di sekolah. Tak cuma Mama, anak juga mungkin merasakan hal yang sama. Lalu bagaimana caranya supaya pengalaman masuk sekolah pertama kali jadi suatu hal yang menyenangkan dan seru? Simak lima hal berikut ini.

  1. Kunjungi Sekolahnya Sebelum Masuk di Hari Pertama

Meskipun Mama sudah berkali-kali bercerita pada anak apa itu sekolah, ia mungkin masih tak paham apa maksudnya atau ke mana ia akan pergi sekolah. Untuk itu, Mama bisa mengajak anak untuk mengunjungi gedung sekolahnya beberapa minggu sebelum anak masuk di hari pertama. Hal ini akan membuatnya lebih tenang di hari pertama masuk sekolah karena sudah merasa familiar dengan suasananya. Kalau Mama bisa menemui calon gurunya juga lebih baik. Dengan mengenalkan anak dengan gurunya terlebih dulu, anak jadi lebih percaya diri ketika masuk sekolah nanti.

  1. Latihan Siap-siap ke Sekolah

Beberapa minggu sebelum anak masuk sekolah, coba latihan siap-siap dulu. Misalnya bangun pagi, mandi, sarapan, mengenakan seragam, dan memakai sepatu. Latihan ini akan membuat anak jadi merasa lebih siap dan tak sabar ketika harinya tiba. Sedangkan tanpa latihan, anak mungkin saja jadi rewel karena tak biasa bangun pagi atau kebingungan ketika harus mengenakan seragamnya.

  1. Belanja Alat Tulis dan Perlengkapan Sekolah Bersama

Waktu Mama kecil dulu, pasti senang sekali kalau diajak belanja perlengkapan sekolah bersama orangtua. Begitu juga dengan si kecil. Ajak dirinya untuk membeli tas sekolah, botol minum, kotak bekal, alat tulis, dan sepatu. Biarkan ia memilih sendiri barang yang disukainya. Anak pun akan terus mengingat sekolah sebagai hal yang menyenangkan dan patut ditunggu-tunggu.

  1. Antar Anak ke Sekolah di Hari Pertama

Mama, usahakan untuk mengantar sendiri si kecil ke sekolah di hari pertamanya. Sebaiknya anak tak pergi sendirian atau diantar hanya oleh pengasuh atau supir pribadi ke sekolah. Dengan mengantar si kecil, ia akan merasa bahwa meskipun nantinya harus berpisah di gerbang sekolah, Mama tetap ada untuk mendukungnya. Namun, tidak perlu menunggui anak di depan kelasnya dan terus memerhatikannya selama kelas berlangsung. Percayalah bahwa anak bisa berkembang dan jadi mandiri di sekolah.

  1. Fokus pada Petualangan Seru di Hari Pertama Sekolah

Memang berat rasanya kalau harus berpisah saat anak masuk sekolah. Akan tetapi, jangan sampai kesedihan Mama membuat si kecil jadi cemas. Daripada berkata, “Duh, nanti Mama akan kangen sekali kalau kamu ke sekolah,” lebih baik fokuskan hari pertama sekolah pada hal-hal yang positif. Misalnya, “Di sekolahmu nanti ada banyak mainan seru, lho!” atau, “Ingat si A tetangga kita dulu? Nanti kamu akan sekelas dengannya.” Anak pun jadi lebih tenang dan percaya diri menghadapi hari pertama sekolahnya.

Itu dia lima hal yang harus Mama pikirkan sebelum anak masuk sekolah pertama kali. Apakah Mama dan si kecil sudah siap?

<IA>

Artikel Terkait