COVID-19
27 Juli 2020

Ini Kisah Seorang Anak yang Meninggal Karena COVID-19 Tanpa Penyakit Penyerta

Kematian Kimmie menjadi kasus kematian termuda karena COVID-19 di Florida
placeholder
placeholder
Artikel ditulis oleh Lolita
Disunting oleh Amelia Puteri

Kimora 'Kimmie' Lynum, yang merupakan anak perempuan berusia 9 tahun di Florida, Amerika Serikat, dikabarkan meninggal dunia karena mengidap COVID-19 tanpa penyakit penyerta pada 18 Juli 2020.

Departemen Kesehatan Florida mengumumkan bahwa kematian Kimmie akibat virus corona merupakan kasus kematian termuda di Florida.

Baca Juga: Suster di Inggris Meninggal dalam Keadaan Hamil Karena COVID, Bayi Selamat

Kronologi Kimmie yang Meninggal Karena COVID-19

Anak Umur 9 Tahun Meninggal karena Corona, Walau Tanpa Penyakit Penyerta

Foto: Orami Photo Stock

Kimmie merupakan anak yang meninggal karena COVID-19, tetapi tanpa memiliki penyakit penyerta. Dengan kata lain, diketahui Kimmie tidak memiliki masalah kesehatan.

Mengutip 7 News, menurut Dejeon Cain, juru bicara dari keluarga Kimmie, menjelaskan bahwa Kimmie tiba-tiba demam tinggi lalu dibawa ke rumah sakit oleh ibunya.

Meski begitu, tak ada penanganan lebih lanjut atas demam tinggi yang dialami oleh Kimmie. Pihak rumah sakit lantas mengizinkannya pulang ke rumah. Namun, beberapa saat kemudian, Kimmie pingsan.

Keluarga tidak tahu bagaimana dan di mana Kimmie terinfeksi COVID-19. Sebab, selama pandemi, Kimmie menghabiskan sepanjang musim panas di rumah dan tidak bersekolah maupun berkemah. Sepupu Kimmie, Kain, menyebut bahwa selama ini Kimmie tampak sehat dan ceria.

"Dia selalu bahagia dan membuat semua orang bahagia. Dia sangat luar biasa," ujar Cain.

Mengutip CNN.com, menurut catatan Departemen Kesehatan Negara, Kimmie tidak memiliki kontak dengan siapa pun dengan penderita COVID-19 dalam waktu dekat.

Sementara itu, Petugas Kesehatan Kabupaten Putnam Mary Garcia mengkonfirmasi bahwa ia tak mengetahui adanya kondisi medis yang mendasari kematian Kimmie akibat COVID-19.

Baca Juga: Viral Bayi Meninggal di Rumah Sakit Rujukan COVID-19 Padang, Ini Kronologisnya

Lima Orang Sudah Meninggal Karena COVID-19

Anak Umur 9 Tahun Meninggal karena Corona, Walau Tanpa Penyakit Penyerta

Foto: Orami Photo Stock

Kimmie adalah orang kelima di Florida yang meninggal karena COVID-19. Empat anak lainnya yang juga meninggal karena COVID-19 adalah anak laki-laki berusia 11 tahun di Miami-Dade County, gadis 11 tahun di Broward County, gadis 16 tahun di Lee County, dan anak laki-laki usia 17 tahun di Pasco County.

Sementara itu, total 11 orang meninggal dunia akibat COVID-19 di wilayah Putnam County yang terletak di antara Gainesville dan St. Augustine di bagian timur laut negara bagian AS.

Pada Jumat (24/7/2020), sebanyak 23.170 anak di bawah umur dites positif COVID-19. Dengan demikian jumlah anak yang positif COVID-19 di Florida mencapai 13,4%. Sedangkan total jumlah kasus COVID-19 yang terkonfirmasi ialah 379.619 kasus.

Florida menduduki urutan kedua jumlah kasus COVID-19 bahkan melampaui New York sebagai pusat pandemi COVID-19 pertama di AS. Selain itu, jumlah kasus COVID-19 tertinggi juga ditemukan di California.

Menurut Badan Kesehatan Negara, pada awal pandemi COVID-19, Florida telah melaporkan 414.522 kasus. Melebihi New York yang mencapai 411.200 kasus. Sementara itu, jumlah pasien rawat inap meningkat hingga 79% sejak 4 Juli 2020.

Hingga kini, setidaknya kapasitas 50 unit perawatan intensif di berbagai rumah sakit di Florida yang tersebar di 8 rumah sakit Miami-Dade dan enam rumah sakit di Broward telah mencapai batas maksimum pasien COVID-19 pada Sabtu (25/7/2020).

Baca Juga: Cara Cegah Penyebaran Bakteri dan Kuman pada Anak di Masa Pandemi Covid-19

Artikel Terkait