BALITA DAN ANAK
7 April 2020

Anak Sering Mual, Bisa Jadi Tanda dari Beberapa Penyakit Ini

Tak sekadar sakit perut lho Moms!
placeholder
placeholder
Artikel ditulis oleh Reksita
Disunting oleh Ikhda Rizky Nurbayu

Hampir semua anak pernah mengalami mual. Dikutip dari Children's Wisconsin, mual adalah perasaan atau sensasi yang terjadi di perut yang kadang bisa membuat penderitanya muntah.

Dalam banyak kasus, muntah adalah refleks perlindungan untuk membersihkan tubuh dari virus, bakteri, atau parasit yang ada di dalam sistem pencernaan.

"Jika Anda makan sesuatu yang rusak atau beracun, maka tubuh akan mendapat sinyal bahwa ada sesuatu yang salah di sana," kata dokter Bruno Chumpitazi, MD, dari Texas Children's Hospital. Tak hanya itu, anak sering mual bisa terjadi ketika anak mengalami beberapa penyakit ini.

Penyebab Anak Sering Mual

anak sering merasa mual, gejala mual-mual pada anak, penyebab anak merasa mual

Foto: blog.chocchildrens.org

Jika mual yang dialami Si Kecil berakhir dalam satu atau dua hari, penyebabnya kemungkinan keracunan makanan atau virus yang mengiritasi saluran pencernaan.

Tetapi, kadang sumber masalahnya berada di tempat lain di dalam tubuh Si Kecil. Segera ketahui dengan jelas darimana mual yang dialami anak berasal.

Baca Juga: Sudah Tahu 5 Penyebab Anak Mual dan Cara Mengatasinya?

1. Infeksi di Telinga

anak sering merasa mual, gejala mual-mual pada anak, penyebab anak merasa mual

Foto: mentalfloss.com

Jika penyebab anak sering mual terjadi karena infeksi telinga biasanya akan disertai dengan penumpukan cairan di dalam telinga.

Telinga sebagai pusat keseimbangan tubuh jika terinfeksi dapat menyebabkan mual hingga muntah sama seperti saat berada di kapal atau mobil.

Umumnya, infeksi telinga akan sembuh dengan sendirinya. Tetapi jika anak Anda tidak membaik setelah 48 jam, segera temui dokter anak kepercayaan Moms.

2. Gangguan Lambung

anak sering merasa mual, gejala mual-mual pada anak, penyebab anak merasa mual

Foto: scholastic.com

Sama seperti ketika Moms atau Dads mengalami naiknya asam lambung, Si Kecil pun bisa mengalaminya. "Selama anak tidak merasa sangat terganggu, tidak perlu terlalu khawatir," ungkap dokter Scott Krugman, MD, dari MedStar Franklin Square Medical Center di Baltimore.

Selagi tidak disertai mulas, nyeri, kesulitan menelan, batuk, atau sakit tenggorokan. Bisa jadi anak hanya mengalami refluks gastroesofageal (GERD) yang terjadi karena waktu makan yang tidak teratur, makan terlalu banyak, atau mengonsumsi makanan yang tinggi akan kandungan gas.

Baca Juga: 5 Langkah Mengatasi Asam Lambung Pada Anak

3. Migrain Perut

anak sering merasa mual, gejala mual-mual pada anak, penyebab anak merasa mual

Foto: health.clevelandclinic.org

Tidak hanya kepala, perut juga bisa mengalami migrain. Hal ini ditandai dengan anak sering mual dan sakit perut hebat selama lebih dari dua jam.

Penyebabnya sendiri masih tidak bisa diketahui dengan pasti, tapi menurut para ahli hal ini memiliki hubungan dengan kondisi psikologis anak saat ia stres atau terlalu gembira.

4. Alergi

anak sering merasa mual, gejala mual-mual pada anak, penyebab anak merasa mual

Foto: wexnermedical.osu.edu

Anak yang mengalami alergi karena makanan mungkin menyebabkan mual atau muntah.

Ini adalah reaksi yang terjadi ketika sistem kekebalan tubuh bereaksi berlebihan terhadap makanan atau zat dalam makanan yang salah mengidentifikasikannya sebagai bahaya dan memicu respons perlindungan.

Tapi, ini tidak terjadi pada alergi musiman yang memiliki gejala bersin, pilek, mata gatal, dan ruam.

Baca Juga: Bayi Alergi Makanan, Apa yang Harus Dilakukan?

5. Penyakit Saraf

anak sering merasa mual, gejala mual-mual pada anak, penyebab anak merasa mual

Foto: thestar.com

Anak sering mual juga bisa jadi tanda ia mengalami gangguan saraf otonom.

Saraf otonom merupakan kelompok saraf yang mengatur jalannya proses tubuh tertentu secara otomatis, seperti tekanan darah, detak jantung, suhu inti tubuh, gerakan pencernaan, dan sistem kandung kemih.

Jika bagian saraf ini terganggu, maka anak bisa mengalami mual dan sakit perut serta sakit kepala dan kelelahan yang berlebihan. Untuk mengetahui hal ini, Moms harus melakukan pemeriksaan lebih jauh pada ahlinya.

Kenali gejalanya dengan tepat agar penyebab anak sering mual bisa segera diatasi. Bebas mual, Si Kecil pun bisa kembali ceria.

Artikel Terkait