DI ATAS 5 TAHUN
21 Februari 2019

Anak Sering Tidur Berjalan, Ketahui Penyebab dan Cara Mencegahnya

Berjalan sambil tidur bisa berbahaya bagi anak
placeholder
placeholder
Artikel ditulis oleh (mentari.delita)
Disunting oleh (mentari.delita)

Tidur sambil berjalan merupakan hal yang sangat umum pada anak-anak. Sebagian besar anak yang berjalan dalam tidur hanya melakukannya sesekali saja.

Biasanya tidur sambil berjalan ini terjadi setelah satu hingga dua jam tidur. Anak akan berjalan dari beberapa detik hingga 30 menit.

Saat mengalami hal ini, akan sulit untuk membangunkannya. Ketika terbangun,umumnya mereka akan merasa pusing dan bingung untuk beberapa menit.

Sebenarnya ini bukanlah hal yang berbahaya, namun bisa jadi berbahaya jika mereka melakukan hal yang tidak wajar.

Selain mencegahnya, Moms juga harus mengetahui apa yang menjadi penyebab anak sering tidur berjalan melalui ulasan berikut:

Baca Juga: 7 Lagu untuk Membuat Anak Anteng dan Tidur Nyenyak

Apa yang Menyebabkan Tidur Berjalan?

anak tidur sambil berjalan
Foto : e-childcare.net

Menurut Elana Pearl Ben-Joseph, MD, dokter anak dan medical editor di KidsHealth at the Nemours Center for Children's Health Media, tidur sambil berjalan jauh lebih umum pada anak-anak daripada pada orang dewasa.

Salah satu penyebabnya adalah faktor genetik. Jika Moms atau suami mungkin pernah tidur sambil berjalan maka besar kemungkinan Si Kecil akan melakukan hal yang sama.

Selain faktor genetik, inilah beberapa hal yang dapat menyebabkan tidur berjalan:

  • kurang tidur atau kelelahan
  • jadwal tidur yang tidak teratur
  • penyakit atau demam
  • beberapa jenis obat-obatan
  • perasaan stres

Umumnya anak-anak yang tidur berjalan akan mengigau, sulit bangun, tampak bingung dan tidak dapat merespon saat diajak bicara. Bukan hanya itu, mereka juga mungkin saja berjalan keluar rumah atau bahkan buang air kecil sembarangan.

Apakah Tidur Berjalan Berbahaya Bagi Anak?

Sebenarnya, tidur sambil berjalan tidak berbahaya. Namun, yang membuat kegiatan ini bisa berbahaya karena anak-anak tidak menyadari apa yang mereka lakukan, seperti berjalan menuruni tangga atau membuka jendela.

Menurut dr. Elana, tidur sambil berjalan biasanya bukan merupakan tanda ada sesuatu yang salah secara emosional atau psikologis, dan tidak menyebabkan kerusakan emosional.

Sulit untuk mencegah anak tidur sambil berjalan terjadi. Namun ada beberapa hal yang dapat dilakukan untuk menjauhkan mereka dari bahaya seperti:

  • Cobalah untuk tidak membangunkannya, karena dapat menakuti anak. Sebaliknya, arahkan dengan lembut dia kembali ke tempat tidur.
  • Kunci jendela dan pintu, kemudian jauhkan kunci dari jangkauan anak-anak
  • Untuk mencegah mereka jatuh, jangan biarkan mereka tidur di ranjang tingkat
  • Singkirkan benda-benda tajam atau pecah belah dari sekitar tempat tidur anak

Baca Juga: 4 Dampak Negatif Anak Kurang Tidur

Mencegah Tidur Berjalan

anak tidur sambil berjalan 2
Foto : healthline.com

Untuk membantu mencegah anak-anak tidur berjalan ada beberapa hal yang dapat Moms lakukan:

  • Mintalah anak tidur dengan tenang sambil mendengarkan musik yang lembut
  • Tetapkan jadwal tidur malam dan tidur siang yang teratur
  • Jangan biarkan anak-anak banyak minum di malam hari dan pastikan mereka pergi ke kamar mandi sebelum tidur karena kandung kemih penuh dapat menyebabkan berjalan sambil tidur
  • Pastikan kamar tidur anak tenang, nyaman, dan aman untuk tidur. Jaga kebisingan saat anak-anak mencoba untuk tidur sebelum tidur malam dan tidur siang).

Tak perlu panik jika sewaktu-waktu hal ini dialami Si Kecil, Moms hanya perlu mengarahkannya kembali ke tempat tidur. Namun jika sudah sangat menganggu maka segera konsultasikan dengan dokter.

 

(MDP)

Artikel Terkait