BALITA DAN ANAK
30 Juli 2019

Anak Susah Bergaul? Cari Tahu Penyebab dan Cara Mengatasinya!

Kegiatan anak di luar sekolah juga penting untuk membantu mengembangkan kemampuan sosial anak
Artikel ditulis oleh Adeline Wahyu
Disunting oleh Andra Nur Oktaviani

Setiap orang tentunya memiliki kepribadian yang berbeda-beda, bukan hanya orang dewasa, anak-anak pun begitu.

Ada anak yang dengan mudahnya terbuka dan bergaul dengan orang baru, ada juga anak yang cenderung pemalu dan tertutup sehingga susah bersosialisasi dengan teman sebayanya.

Bagi Moms yang memiliki anak yang mudah bergaul, mungkin kita tidak perlu pusing memikirkan Si Kecil saat ditaruh dalam lingkungan sosial.

Namun buat anak yang susah bergaul, mungkin Moms memiliki sedikit concern cara agar Si Kecil bisa mendapatkan teman.

Hal ini sangat penting, mengingat salah satu faktor pendukung tumbuh kembang anak adalah beradaptasi dan bersosialisasi dengan lingkungan sekitarnya.

Nah, untuk Moms yang ingin membantu anak yang sulit bergaul, kenali dulu yuk faktor penyebab anak susah bergaul dari Jane Cindy Linardi, psikolog RS Pondok Indah – Bintaro Jaya. Berikut ulasannya.

Baca Juga: Manfaat Bermain dengan Teman Sebaya bagi Balita

1. Perkembangan Bahasa Belum Optimal

anak susah bergaul

Foto: virtuallabschool.org

Dalam bersosialisasi atau bergaul dengan teman, kemampuan paling penting yang dibutuhkan oleh anak adalah kemampuan berbahasa agar mampu menjalin komunikasi dengan teman sebaya lainnya.

“Bagi anak yang perkembangan bahasanya belum optimal, akan menyulitkan Si Kecil untuk menjalin komunikasi dengan teman lainnya, sehingga biasa akan menghambat interaksi dengan teman,” ujar Jane Cindy Linardi.

Jadilah Si Kecil menjadi anak yang susah bergaul.

2. Penyesuaian Diri Anak Lambat

anak susah bergaul

Foto: care.com

Atau istilah lainnya adalah slow to warm up, yaitu kondisi di mana anak membutuhkan waktu yang lebih lama dan pendekatan dari orang-orang di sekitar untuk membantu Si Kecil merasa nyaman dengan lingkungan barunya.

Anak biasanya memerlukan pemicu atau trigger untuk berani mulai berkomunikasi dengan orang-orang di sekelilingnya. Misalnya dihampiri terlebih dahulu, lalu ditanya secara pelan-pelan dan sedikit demi sedikit.

Dengan begitu anak akan lebih mudah berbaur dan bisa berkomunikasi dengan baik.

Baca Juga: Ini Dia 5 Alasan Pentingnya Balita Bermain di PAUD!

3. Kurangnya Stimulasi dari Orang Tua

anak susah bergaul

Foto: verywellfamily.com

Orang tua juga dapat menjadi salah satu faktor penyebab mengapa seorang anak susah bergaul dengan teman sebayanya.

Hal ini dikarenakan anak mungkin kurang memiliki aktivitas/kegiatan yang melibatkan interaksi sosial Si Kecil di luar sekolah. Misalnya playdate, gymnastic, les/kursus berkelompok, dan lainnya.

Tanpa orang tua sadari, kegiatan-kegiatan tersebut akan membuat lingkungan pergaulan anak lebih luas, sehingga mereka bisa mengenal berbagai macam karakter orang.

4. Gangguan Pemrosesan Sensori

anak susah bergaul

Foto: professorshouse.com

Adalah kondisi di mana anak menjadi hipersensitif atau hiposensitif terhadap berbagai rangsang sensori yang diterimanya dari lingkungan sekitar.

Salah satu gejala yang mudah dikenali dari hal ini adalah anak kerap berteriak dan menangis kencang tanpa sebab dan menyebabkan suaranya menjadi serak.

Baca Juga: 4 Kendala Ini Akan Anak Temui Ketika Belajar Berteman

Mengatasi Anak Susah Bergaul

121107584.jpg

Foto: Understood.org

Kemampuan bersosialisasi tidak datang secara alami pada semua anak. Butuh beberapa hal yang dapat memicu anak membangun kemampuan ini.

Namun tidak semua anak juga memerlukan bantuan untuk mengembangkn keterampilan sosialnya. Apa yang dibutuhkan oleh anak Moms untuk berlatih dapat bervariasi, tergantung pada usianya.

"Sangat penting untuk mengetahui keterampilan perkembangan normal yang sesuai untuk kelompok usia anak yang berbeda sehingga Moms dapat menentukan apa bantuan diperlukan," kata Susan Diamond, ahli patologi bahasa dan penulis Aturan Sosial untuk Anak.

Teman bermain adalah bagian penting dari tumbuh kembang anak, tetapi anak-anak dengan masalah sosial akan menyebabkan anak susah bergaul.

"Memiliki teman bermain adalah cara yang bagus untuk memperkenalkan anak pada konsep aturan untuk bersikap sopan kepada para tamu atau teman yang datang," kata Susan Diamond.

“Saat teman Si Kecil datang, ajak dia untuk menentukan kegiatan bermain dengan temannya. Tuliskan kegiatan yang bisa dilakukan anak-anak bersama, lalu pilihlah beberapa kegiatan yang diinginkan secara bergantian,” tambahnya

Untuk meningkatkan perkembangan sosial anak lebih jauh, Lawrence Balter, psikolog anak dan pakar pengasuhan anak, menyarankan orang tua agar juga membantu anak dengan mengajarinya empati, tentang semua orang juga membutuhkan ruang pribadi, berkompromi, dan main secara bergantian.

Nah, itulah beberapa penyebab anak susah bergaul dan solusi yang bisa Moms lakukan. Selamat mencoba!

Artikel Terkait