DI ATAS 5 TAHUN
1 Desember 2018

Anak Susah Makan Sayur? Ini Cara Menyiasatinya!

Yuk, belajar dari sekarang.
placeholder
placeholder
Artikel ditulis oleh serenata.rosalia
Disunting oleh serenata.rosalia

Saat proses masa pertumbuhan si Kecil, biasanya orangtua mulai sulit untuk menyuruhnya makan makanan yang sehat dan bergizi. Tak sedikit anak-anak yang menyisakan makanannya karena tidak menyukai makanan yang Moms sajikan.

Padahal, pada masa pertumbuhan mereka sangat membutuhkan asupan gizi dan olahraga yang cukup untuk membantu proses pertumbuhannya secara maksimal.

Salah satu masakan sehat yang sering dihindari anak-anak adalah sayur-sayuran. Sebagai orangtua, Moms harus mengetahui cara menyiasatinya agar si Kecil mau mengonsumsi sayuran. 

Biarkan Anak Memilih Sendiri Sayurannya

Ajaklah anak Moms untuk pergi berbelanja ke supermarket ataupun ke padar tradisional. Kemudian, mintalah dia memilih sayuran yang dia inginkan. Walupun anak Moms tidak menyukai sayuran, paling tidak mintalah agar dia memilihkannya untuk Moms. Dengan begitu, anak akan tetap memilih sayuran yang dia inginkan.

Ikut Bantu Memasak

Jangan hanya memanggilnya ketika sayur sudah tersedia di atas meja makan. Ajak anak Moms untuk ikut terlibat dalam proses pembuatan makanan di dapur sehingga anak akan ikut mencicipi sayur yang dia buat bersama Moms.

Dengan mengajaknya berpartisipasi langsung, anak akan lebih tertarik untuk memakan masakannya sendiri dibandingkan hanya memberinya penjelasan bahwa pentingnya sayur untuk kesehatan. 

One Bite Challenge

Berikan anak tantangan untuk menggigit satu gigitan dulu sayuran yang telah disajikan di atas meja makan. Kemudian, berpartisipasilah dengannya sehingga akan menciptakan suasan makan yang menyenangkan ketika anak memakan sayur.

Agar semakin menarik dan menantang bagi anak, jangan lupa siapkan hadiah jika dia berhasil menghabiskan sayurannya! 

Sajikan Selalu Menu Sayuran dalam Setiap Sesi Makan

Moms tetap harus membuat anak terbiasa melihat menu sayuran dalam masakan yang disajikan. Entah itu menu terpisah atau dikombinasikan dengan daging dan ikan.

Ketika anak pulang sekolah, biasanya dia akan merasa lapar dan membuka tutup saji, pada saat lapar biasanya makanan pun akan terasa lebih lezat untuk disantap. Jadi, jangan biarkan meja makan Moms tampil tanpa sayuran. 

Jaga Rasa dan Kualitas

Tanyakan pada anak, kenapa menyisakan sayuran di atas piringnya? Apabila karena rasanya yang tidak disukai dan terlalu lembek, maka olahlah sayuran dengan tekstur dan rasa yang lebih disukai anak. Biasanya, anak akan menyukai tekstur yang lebih renyah dan tentu saja rasanya pun harus enak.

Beri Makanan atau Camilan Sehat Sejak Kecil

Jika ingin membiasakan si Kecil untuk makan sayuran, Moms harus membiasakannya sedari kecil.

Bila dia belum bisa memakan sayuran yang asli, coba mulailah dulu dengan memberi makanan olahan atau camilan yang mengandung sayur-sayuran, makanan MPASI yang sangat bernutrisi dan berfungsi untuk mengenalkan berbagai variasi makanan pada anak di usia dini.

Dengan begitu, si Kecil akan terbiasa dengan rasa sayuran sehingga saat beranjak besar dia sudah tidak memilih-milih makanan lagi.

Nah, beberapa tips di atas bisa Moms coba pada anak untuk mulai belajar memakan sayuran. Selain itu, Moms pun harus berani berkreasi dengan sayuran agar anak menjadi menyukai sayur dan akan memakannya dengan senang hati. Selamat mencoba, ya!

(DA)

Foto: huffingtonpost

Artikel Terkait