BALITA DAN ANAK
26 Agustus 2019

Anak Takut Naik Pesawat, Bagaimana Cara Mengatasinya?

Jangan sampai acara liburan batal gara-gara anak takut naik pesawat.
Artikel ditulis oleh Orami
Disunting oleh Andra Nur Oktaviani

Apakah Moms mengalami kesulitan merencanakan liburan ke luar pulau atau luar negeri karena Si Kecil menolak naik pesawat? Jika ya, berarti Moms harus terus membaca artikel ini.

Pertama-tama, Moms harus tahu kenapa anak takut naik pesawat. Dilansir dari tinytrailblazers.com, Dr. Martin Seif, anggota ADAA yang menjalankan program Fear of Flying dan telah melakukan konseling kepada ribuan orang dewasa yang takut naik pesawat, penyebab anak-anak takut naik pesawat berbeda dengan orang dewasa.

“Pada anak-anak, mereka umumnya tidak suka pada hal-hal yang mereka temui selama penerbangan, misalnya mereka takut pada rasa mual dan muntah yang dirasakan ketika pesawat take off, yang bisa menjadi ketakutan untuk anak usia lima hingga sepuluh tahun," kata Saif.

"Anda bisa memberi obat antimual yang ringan untuk anak-anak, atau ramuan yang terbuat dari jahe," katanya lagi.

Sedangkan pada anak yang lebih tua, naik pesawat memicu lebih banyak kegelisahan, misal karena takut ketinggian.

Lalu, apa yang bisa Moms lakukan untuk mengatasi anak takut baik pesawat, sementara jadwal liburan keluarga sudah di depan mata? Coba tips berikut, yang diberikan oleh flyfright.com.

Baca Juga: Nyaman Membawa Bayi Naik Pesawat dengan Cara Ini

1. Bawa Anak Jalan-Jalan ke Bandara

Mengatasi Anak yang Takut Naik Pesawat 1.png

Foto: photojeepers.com

Ketika anak takut naik pesawat, tidak ada salahnya Moms mengajaknya jalan-jalan ke bandara. Anak perlu melihat gambaran bandara secara utuh dalam kapastitas sebagai pengunjung, bukan sebagai calon penumpang.

Jadi, sebelum jadwal liburan, ajak Si Kecil jalan-jalan ke bandara. Tunjukkan padanya pintu masuk menuju counter check in, pesawat yang berseliweran take off atau landing, serta para pilot dan pramugari yang kebetulan melintas.

Cara ini akan membuat Si Kecil punya bayangan akan hal-hal yang akan dihadapinya ketika tiba waktunya nanti ia benar-benar hendak naik pesawat.

2. Bicarakan tentang Rasa Takut Si Kecil

Mengatasi Anak yang Takut Naik Pesawat 2.jpg

Foto: fedhealth.co.za

Moms, anak takut naik pesawat perlu mendapat perhatian khusus. Tanya baik-baik pada Si Kecil tentang ketakutannya, apa yang mengganggu mereka dan dengarkan ketakutan mereka. Katakan padanya bahwa tidak apa-apa untuk merasa takut, dan tenangkan dirinya dengan mengatakan bahwa Moms peduli dengan perasaannya.

Moms bisa menceritakan tentang pengalaman naik pesawat yang menyenangkan selama ini. Ajak Si Kecil untuk membaca buku yang menceritakan petualangan naik pesawat, atau sejenisnya.

Baca Juga: 5 Kesalahan Saat Mengajak Bayi Naik Pesawat

3. Datang ke Bandara Lebih Awal

Mengatasi Anak yang Takut Naik Pesawat 3.jpg

Foto: www.travelingmom.com

Jika memang anak takut naik pesawat, ketika waktu liburan tiba, datanglah ke bandara lebih awal. Gunanya, agar anak tidak stres karena terburu-buru.

Jangan sampai Moms buru-buru ke meja check in, atau berlari-lari ke pesawat. Ini hanya akan menambah kecemasan Si Kecil.

4. Minta Bantuan Pramugari

Mengatasi Anak yang Takut Naik Pesawat 4.jpg

Foto: www.bmcc.org.my

Pekerjaan pramugari adalah untuk memastikan keselamatan penumpang di pesawat, dan mereka memiliki banyak pengalaman dalam berurusan dengan anak takut naik pesawat.

5. Alihkan Perhatian Anak

Mengatasi Anak yang Takut Naik Pesawat 5.jpg

Foto: pixabay.com

Semakin mendekati waktu pesawat lepas landas, alihkan perhatian Si Kecil pada hal-hal yang menyenangkan. Moms bisa membeli mainan di ruang tunggu bandara dan mengajak Si Kecil untuk membukanya bersama.

Atau, hibur mereka dengan makanan ringan, minuman, atau hiburan di pesawat. Ini akan sangat membantu ketika anak takut naik pesawat.

Baca Juga: 5 Hal Sepele tapi Sangat Dilarang dan Membahayakan dalam Aturan Naik Pesawat

Semoga langkah di atas dapat membantu mengatasi stres ketika anak takut naik pesawat. Selamat mencoba Moms!

(VAN)

Artikel Terkait