KESEHATAN
14 April 2018

Anak Tantrum Sampai Menyakiti Diri Sendiri, Bagaimana Mengatasinya?

Anak Tantrum Sampai Menyakiti Diri Sendiri, Bagaimana Mengatasinya?
placeholder
placeholder
Artikel ditulis oleh Intan
Disunting oleh Intan

Tanya:

Saya ingin bertanya mengenai anak saya yang beberapa hari ini menunjukan sikap tantrum yang sebelumnya tidak pernah seperti ini, yaitu ia menarik-narik bajunya sendiri hingga menjambak-jambak rambutnya sehingga ia tambah menangis.

Tantrum ini sering terjadi ketika ia mau sesuatu atau saya hindari dari benda-benda agak tajam atau kecil yang takutnya termakan, misal sapu lidi atau karet gelang kecil. Bagaimana cara mengatasinya ya? (Vania Laksana Putri)

Jawab:

Sebenarnya tantrum menjadi salah satu cara bagi anak dalam berkomunikasi untuk menyampaikan keinginannya.

Hal yang perlu Moms lakukan ketika Si Kecil tantrum adalah

1. Jangan abaikan Si Kecil

Tidak selalu tantrum harus diabaikan, terlebih jika tantrum diiringi perilaku yang menyakiti diri sendiri atau membahayakan dirinya. Tunjukkan perhatian dan bujuklah Si Kecil agar ia tenang.

2. Jangan panik

Jika Si Kecil sedang tantrum, sebaiknya Moms tetap tenang menghadapinya, karena jika panik justru akan membuat ia semakin sulit untuk ditenangkan.

Cari tahu apa yang menyebabkan Si Kecil menjadi tantrum lalu ajaklah ia berbicara dan tunjukkan kepadanya bahwa Moms menyayanginya dan memahami apa yang ia rasakan. Moms bisa menunjukkan rasa sayang dengan melakukan kontak fisik seperti memeluk Si Kecil.

3. Alihkan perhatiannya

Pada anak-anak biasanya akan mudah untuk mengalihkan perhatiannya dengan memberikan benda-benda yang lebih menarik atau mengajaknya melakukan aktivitas yang ia sukai.

Misalnya, ketika Si Kecil tantrum karena Moms melarangnya untuk memainkan benda tajam, Moms bisa menggantikan dengan mainan yang lain sehingga fokusnya tidak pada benda tajam tersebut. Atau Moms bisa mengajaknya untuk melakukan kegiatan yang ia sukai seperti bermain bola atau membacakan buku cerita.

Dijawab oleh Nidya Dwika Puteri, M. Psi

Sumber: Ask The Expert - Forum Orami

Artikel Terkait