BALITA DAN ANAK
18 Agustus 2019

Anak Tetap Aman Menggunakan Internet? Ini 5 Tipsnya!

Jangan sampai anak Moms terkena dampak buruk dari internet
Artikel ditulis oleh Adeline Wahyu
Disunting oleh Ikhda Rizky Nurbayu

Di zaman serba modern ini, internet telah masuk dalam jajaran kebutuhan utama setiap orang. Bahkan kita cenderung tidak bisa lepas dan bergantung pada internet. Segala kegiatan yang kita lakukan hampir selalu melibatkan internet, mulai dari pekerjaan, hiburan, dan sebagainya.

Hal yang sama mulai menular pada Si Kecil. Bahkan anak-anak digenerasi sekarang ini, tumbuh berbarengan dengan teknologi yang terus berkembang. Hal inilah yang mungkin menimbulkan kekhawatiran bagi para orang tua. Salah langkah sedikit saja, anak bisa terjerumus hal negatif.

Baca Juga: 6 Cara Agar Internet Aman Untuk Anak

Makanya penting bagi orang tua untuk mengajarkan anak agar menjadi melek internet. Ajarkan apapun yang berkaitan dengan internet, seperti kegunaannya, bahayanya, serta hal-hal yang harus dihindari oleh Si Kecil.

Moms bisa mengajarkan anak agar aman menggunakan internet dengan bantuan Google. Mesin pencari ini telah dilengkapi dengan fitur-fitur yang membantu Moms melindungi anak dari konten-konten dewasa. Apa saja tips aman mengajarkan internet pada anak? Simak yuk penjelasan di bawah ini.

1. Blokir Situs Dewasa dengan filter SafeSearch

aman menggunakan internet

Foto: home.bt.com

Yang harus Moms lakukan pertama kali adalah memblokir situs-situs yang tidak seharusnya dikunjungi oleh anak-anak. Kita bisa menggunakan fitur SafeSearch yang memang dirancang untuk memblokir gambar, video, dan situs dewasa dari hasil penelusuran Google Search untuk menghindari konten pornografi dan kekerasan.

Namun secanggih apapun fitur yang digunakan, tetap memiliki kelemahan. Seperti SafeSearch mungkin Moms masih akan menemukan hasil penelusuran eksplisit. Jika begitu, dapat dilaporkan, karena akan membantu menyempurnakan SafeSearch agar lebih baik juga.

2. Cari Aktivitas Bersama Keluarga dengan Asisten Google

aman menggunakan internet

Foto: nspt4kids.com

Melalui internet, Moms juga bisa menemukan aktivitas yang seru untuk dilakukan bersama keluarga dengan menggunakan asisten Google.

Moms bisa mencari saran permainan baru yang bisa dimainkan bersama keluarga, hingga permainan seperti tebak gambar. Ada lebih dari 50 permainan, aktivitas, dan cerita dalam program Assistant for Families.

Setiap aktivitas ini tentu telah ditinjau dan disetujui oleh tim Trust and Safety Google, supaya Moms yakin bahwa permainan ini cocok untuk keluarga.

Baca Juga: 5 Cara Hemat Menghabiskan Weekend Bersama Keluarga

3. Aturan Digital untuk Anak

aman menggunakan internet

Foto: ahchealthenews.com

Tips aman menggunakan internet selanjutnya, khususnya ntuk memahami perilaku Si Kecil saat menjelajahi internet, sekaligus membantu mengelola akun mereka dan perangkat yang kompatibel, adalah dengan menggunakan Family Link. Moms bisa menentukan batas penggunaan internet sesuai kebutuhan keluarga, misalnya dengan cara:

  • Mengawasi waktu penggunaan perangkat dan membatasi akses harian
  • Memuaskan rasa ingin tahu anak dengan beragam aplikasi yang direkomendasikan para guru
  • Mengunci perangkat anak Anda dari jarak jauh
  • Melihat aktivitas mereka.
  • Melihat lokasi keberadaan mereka.
  • Mengelola akun dan aplikasi yang mereka gunakan.

4. Tempat Nyaman untuk Keluarga di Google Play

aman menggunakan internet

Foto: erasechildtrafficking.org

Google Play di sini berfungsi untuk membantu Moms menentukan konten yang cocok untuk anak. Moms bisa membaca ulasan konten tersebut dan mencari ikon bintang keluarga di aplikasi atau game.

Ikon bintang ini menandakan bahwa konten telah ditinjau dengan saksama, dan aplikasi atau game tersebut dikembangkan dengan mengutamakan anak-anak. Selain itu juga menampilkan rentang usia yang disarankan untuk menggunakan konten tersebut.

Baca Juga: Bagaimana Cara Membuat Anak Nyaman di Tempat Ramai?

5. Belajar yang Menyenangkan dengan YouTube Kids

aman menggunakan internet

Foto: safervpn.com

Telah hadir YouTube Kids yang berguna sebagai media pembelajaran bagi anak untuk mengeksplorasi minatnya melalui konten video online. Moms juga bisa menyeleksi pengalaman menonton konten yang menyenangkan dan cocok untuk keluarga, melalui beberapa kontrol, seperti:

  • Video dan kanal pilihan untuk anak - anak tersedia di aplikasi
  • Pasang timer untuk membatasi waktu anak-anak menonton video
  • Hanya perbolehkan anak menonton koleksi channel yang telah dipilihkan oleh penyedia konten pihak ketiga tepercaya atau oleh tim YouTube Kids.
  • Pantau dan ketahui video apa saja yang ditonton Si Kecil melalui fitur “Tonton lagi”
  • Nonaktifkan fitur penelusuran agar anak hanya dapat menonton channel-channel yang telah diverifikasi oleh tim YouTube Kids
  • Blokir video atau channel supaya tidak muncul di aplikasi yang dipakai buah hati Moms
  • Tandai video agar ditinjau jika Moms yakin bahwa video tersebut tidak boleh ditayangkan dalam aplikasi.

Itu lah beberapa tips aman menggunakan internet untuk anak. Mesin pencari Google telah dikembangkan sedemikian mungkin untuk membantu Moms mengawasi konten yang ditonton oleh Si Kecil.

"Perlindungan dan pengaturan telah dikembangkan untuk memungkinkan orang tua memilih pengalaman dan pengaturan yang tepat untuk keluarga mereka," tutur Lucian Teo, User Education and Outreach Manager, Trust & Safety, Google APAC.

Jadi Moms sudah tidak perlu khawatir konten yang akan anak tonton dengan bantuan dari Google ini. Selamat mencoba Moms!

Artikel Terkait