DI ATAS 5 TAHUN
20 Juni 2019

Anak Tidak Cocok dengan Gurunya, Apa yang Harus Dilakukan?

Selalu ada saja yang dikeluhkan Si Kecil tentang gurunya di sekolah.
placeholder
placeholder
Artikel ditulis oleh Orami
Disunting oleh Andra Nur

Moms, pernahkah Si Kecil pulang sekolah dan mengadu kalau gurunya galak dan tidak menyenangkan? Atau Si Kecil tiba-tiba tak lagi bersemangat ke sekolah karena anak tidak cocok dengan gurunya yang mengajarnya di kelas.

Wah, kalau ini terjadi, Moms harus segera menanganinya. Jangan sampai masalah ini dibiarkan, karena bisa berdampak pada proses belajar Si Kecil di sekolah.

Terlebih, Si Kecil menghabiskan waktunya dengan guru di sekolah setidaknya selama 5 - 6 jam sehari. Oleh karena itu, hubungan antara Si Kecil dengan gurunya haruslah berlangsung mulus agar proses belajar lancar dan menyenangkan.

Tapi, kenapa Si Kecil tidak menyukai gurunya? Ada banyak faktor, Moms. Dan sangat penting untuk mendengarkan perasaan Si Kecil terhadap gurunya.

Bagaimanapun, ini bisa menjadi masalah yang sangat serius. Karena bisa saja Si Kecil mungkin akan menolak untuk pergi ke sekolah, atau meminta Moms untuk pindah sekolah.

Dan inilah yang harus Moms lakukan ketika anak tidak cocok dengan gurunya, seperti dilansir dari parenting.firstcry.com.

Baca Juga: Anak Tidak Mau Sekolah Karena Takut Dengan Guru?

1. Bantu Identifikasi Apa yang Membuat Anak Tidak Cocok dengan Gurunya

Anak Tidak Cocok dengan Gurunya, Apa yang Harus Dilakukan 1.jpeg

Foto: pexels.com

Hal yang perlu dilakukan ketika anak tidak cocok dengan gurunya yang pertama adalah membantu mengidentifikasi alasannya.

Dengan memusatkan perhatian pada hal-hal spesifik mengenai ketidakcocokan guru dan Si Kecil, Moms dapat membantu Si Kecil menemukan beberapa ide untuk membuat segalanya lebih baik.

Dilansir dari Huffpost.com, Si Kecil mungkin tak suka pada gurunya karena dirinya tak pernah dipanggil untuk dimintai bantuan seperti beberapa temannya.

Nah, menurut Susan Stiffelman, seorang parent coach yang juga terapis perkawinan dan keluarga berlisensi, Moms bisa memberinya saran agar lain kali Si Kecil langsung menawarkan bantuan kepada gurunya, misal untuk menghapus papan tulis atau mengambil buku dari perpustakaan.

2. Periksa Fakta yang Dibeberkan Si Kecil tentang Gurunya

Anak Tidak Cocok dengan Gurunya, Apa yang Harus Dilakukan 2.jpeg

Foto: pexels.com

Hal yang perlu dilakukan ketika anak tidak cocok dengan gurunya yang selanjutnya adalah memeriksa fakta tentang guru tersebut.

Moms sebaiknya tidak menelan mentah-mentah semua aduan Si Kecil tentang gurunya. Penting bagi Moms untuk menggali lebih dalam alasan sebenarnya yang membuat Si Kecil terus mengeluh tentang gurunya.

Mungkin saja Si Kecil tak suka pada gurunya karena ia pernah dihukum, sehingga muncullah perasaan tidak suka terhadap guru.

Atau, bukan tak mungkin memang guru tidak mahir dalam menangani siswa-siswinya, serta memiliki pribadi yang kurang menyenangkan sehingga berpotensi menjadi guru yang kurang disukai.

Untuk memeriksa kebenarannya, Moms bisa datang ke sekolah dan melakukan observasi langsung.

Baca Juga: Pentingnya Menjadi Partner Guru di Sekolah dalam Mendidik Anak

3. Konseling dengan Pihak Ketiga untuk Mengatasi Permasalahan Ini

Anak Tidak Cocok dengan Gurunya, Apa yang Harus Dilakukan 3.jpg

Foto: washingtonpost.com

Hal yang perlu dilakukan ketika anak tidak cocok dengan gurunya yang pertama adalah melakukan konseling dengan pihak ketiga.

Jika Si Kecil terus memiliki perasaan negatif yang kuat terhadap gurunya, ia berpotensi menularkannya kepada teman-teman lainnya. Hasil belajarnya pun akan terpengaruh.

Nah, supaya hal ini tidak terus berlanjut, Moms mungkin harus melakukan konseling dengan pihak ketiga, entah kepala sekolah atau psikolog.

Tak hanya membantu menggali apa yang sedang terjadi, konseling juga dapat membantu memecahkan permasalah yang sedang dihadapi anak.

Dari sini akan terungkap apakah masalah bisa diselesaikan hanya dengan komunikasi ataukah Si Kecil memang harus dipisahkan dengan guru tersebut.

Baca Juga: 5 Cara agar Anak Bisa Dekat dengan Guru

Itulah tiga hal yang bisa Moms lakukan ketika mendapati anak tak cocok dengan gurunya di sekolah. Selamat mencoba!

(VAN)

Artikel Terkait