KESEHATAN
30 Maret 2018

Anak Tidak Mau Makan Buah dan Sayur, Bagaimana Cara Mengatasinya?

Duh, pusing ketika anak susah makan buah dan sayur
placeholder
placeholder
Artikel ditulis oleh Intan
Disunting oleh Intan

Tanya:

Aku mau menanyakan tentang anakku yang selalu susah makan sayuran dan buah yang asam seperti jeruk,mangga, dan buah naga. Aku jadi khawatir gizi anakku ini berkurang.

Sebaiknya bagaimana ya dok untuk mengenalkan pelan-pelan agar anakku mau belajar makan sayur-sayuran dan buah-buahan?

Aku sudah mencoba bikin puding buah dan sayur berkuah agar lebih mudah dikonsumsi tapi tetap saja dia susah untuk makan itu semua. (Vila Devia)

Jawab:

shutterstock 497140153

Umumnya anak suka buah yang rasanya manis. Buah yang rasanya asam tetap layak untuk diperkenalkan karena mengandung vitamin C.

Cara Memperkenalkan Buah dan Sayuran:

1. Ajak Si Kecil memilih dan membeli buah dan sayuran.

2. Ajak juga Si Kecil untuk membantu Moms ketika menyiapkan makanan.

3. Makan bersama Si Kecil, Moms dan anggota keluarga lainnya memberi contoh makan sayur atau buah tersebut, tawarkan ia untuk mencicipinya. Moms juga harus ikut makan buah tersebut dengan semangat. Tawarkan Si Kecil agar mencicipi buah tersebut bila belum berhasil tetap dicoba lagi di lain waktu.

4. Berikan makanan kesukaannya ditambah dengan buah yang akan diperkenalkan (jeruk/mangga/buah naga). Misalnya es krim dengan topping buah, atau membuat es buah dalam mangkuk berisi potongan pepaya, mangga, dan nata de coco tambahkan air dan gula 1 sdm.Pilih buah yang matang ya.

5. Edukasi Si Kecil dengan membacakan cerita tentang buah dan sayuran berserta manfaatnya.

Perlu waktu untuk Si Kecil mengingat rasa buah dan sayuran. Hal yang terpenting Si Kecil diberi kesempatan untuk mencicipi beragam makanan termasuk buah dan sayuran.

Selamat bereksperimen dengan buah dan sayur!

Dijawab oleh Sari Sunda Bulan AMG

Sumber: Ask The Expert - Forum Orami

Artikel Terkait