DI ATAS 5 TAHUN
8 Juli 2019

Anak Tidak Mau Minum Susu, Ganti dengan 4 Makanan Ini

Moms mungkin khawatir Si Kecil tidak mendapat cukup gizi karena tidak mau minum susu.
placeholder
placeholder
Artikel ditulis oleh Dina Vionetta
Disunting oleh Dina Vionetta

Banyak Moms menganggap Si Kecil harus minum susu untuk melengkapi kebutuhan nutrisi hariannya, serta membantu pertumbuhan fisiknya agar maksimal. Tak salah juga, karena susu memang diperkaya oleh berbagai nutrisi baik yang bermanfaat untuk tumbuh kembang Si Kecil.

Itu sebabnya, Moms mungkin merasa resah saat Si Kecil menolak minum susu, atau tak suka susu. Ketakutan Si Kecil kekurangan gizi penting yang dibutuhkannya pun menghantui Moms.

Tak perlu khawatir, Moms. Dokter anak dari Cleveland Clinic, David Shafran, MD, mengatakan bahwa susu dan produk susu memang merupakan sumber terbaik kalsium, yang sangat penting untuk pertumbuhan tulang.

Susu, yogurt, keju, dan produk susu lainnya adalah cara terbaik dan termudah untuk mengonsumsi kalsium," kata Dr. Shafran seperti dikutip dari health.clevelandclinic.org. Tapi, Moms juga bisa mendapatkan kalsium dari makanan lainnya yang tidak mengandung susu.

Misalnya Moms bisa memberi Si Kecil sayuran berdaun hijau seperti bayam, kale, dan brokoli yang mengandung kalsium dan zat besi, kemudian telur, ikan sarden, dan ikan teri yang mengandung kalsium sekaligus sebagai sumber protein.

Atau, Moms juga bisa berkreasi dengan cara lain seperti memberi Si Kecil produk olahan susu, atau memodifikasi makanan sehari-hari Si Kecil dan memasukkan susu ke dalamnya. Ini inspirasinya, seperti dilansir dari www.mother.ly:

Baca Juga: Anak Alergi Susu Sapi, Apa Yang Harus Moms Lakukan?

Mengolah Keju

Anak Tidak Mau Minum Susu, Ganti dengan 4 Makanan Ini 01.jpeg

Foto: pexels.com

Rasanya tak ada anak yang tak suka keju. Asal Moms kreatif, keju sangat mudah diolah menjadi berbagai bentuk makanan, misalnya makaroni saus keju, atau roti tabur keju. Selain rasanya enak, keju memiliki kandungan vitamin D, vitamin B12, protein, dan kalsium.

Alternatif Yogurt

Anak Tidak Mau Minum Susu, Ganti dengan 4 Makanan Ini 02.jpg

Foto: health.clevelandclinic.org

Yogurt adalah produk susu yang dapat menjadi alternatif snack yang sehat. Bahkan, Moms bisa memberi yogurt sebagai menu sarapan Si Kecil, misalnya mencampurkan sereal kesukaannya dengan yogurt. Selain itu, Moms juga bisa memberikan yogurt yang dicampur dengan irisan buah-buahan. Yogurt juga mengandung probiotik yang baik untuk pencernaan Si Kecil, lho.

Baca Juga: Jangan Sampai Tertipu, Pahami 5 Cara Membedakan Susu Asli dan Palsu

Tambah Butter

Anak Tidak Mau Minum Susu, Ganti dengan 4 Makanan Ini 03.jpg

Foto: huffingtonpost.ca

Si Kecil suka kue? Coba Moms tambahkan butter ke dalam adonan kue alih-alih menggunakan mentega. Moms juga bisa mengoleskan butter ke roti isi atau sandwich untuk Si Kecil. Butter berasal dari sumber hewani seperti krim lemak susu sapi, sedangkan mentega atau margarine berasal dari minyak nabati. Butter juga mengandung vitamin A dan lemak baik yang dapat memberi energi untuk Si Kecil.

Kreasi Susu

Anak Tidak Mau Minum Susu, Ganti dengan 4 Makanan Ini 04.jpg

Foto: momjunction.com

Si Kecil pasti tidak akan menolak milkshake dan es krim. Jadi, inilah yang harus Moms berikan pada Si Kecil alih-alih memberinya segelas susu. Milkshake dan es krim bisa Moms buat dari susu. Tambahkan bahan-bahan sehat lainnya agar tak mengandung gula atau lemak yang berlebihan. Coba cari aneka resep milkshake atau es krim rumahan di internet.

Baca Juga: Berapa Lama Susu UHT yang Sudah Dibuka Masih Aman untuk Dikonsumsi?

Itu dia 4 makanan berbasis susu yang bisa Moms siasati untuk mengatasi Si Kecil yang tak mau minum susu. Selamat mencoba, ya, Moms.

(VAN)

Artikel Terkait