BALITA DAN ANAK
22 Agustus 2019

Anak Tidak Suka Aktivitas Fisik? Ketahui Alasannya dan Tips Membuat Si Kecil Lebih Aktif

Peranan orang tua penting untuk membuat anak lebih aktif bergerak
Artikel ditulis oleh Amelia Puteri
Disunting oleh Andra Nur Oktaviani

Salah satu cara untuk mengoptimalkan proses tumbuh kembang Si Kecil adalah dengan membuatnya bergerak aktif dengan melakukan aktivitas fisik. Namun, di zaman serba canggih ini, anak semakin malas untuk bergerak.

Dr Benard Dreyer, direktur pediatrik perkembangan dan perilaku di Fakultas Kedokteran Universitas New York dan mantan presiden American Academy of Pediatrics, mengatakan, pepatah lama mengatakan, bermain adalah pekerjaan anak-anak. Bermain adalah cara mereka belajar dan cara mereka berkembang.

"Bermain adalah bagian terpenting dari masa kecil. Begitulah cara mereka berkembang secara emosional, kognitif, dan dalam bahasa," lanjut Dr. Dreyer, mengutip New York Times.

Baca Juga: Ingin Membuat Si Kecil Semakin Pintar? Kenalkan Saja dengan 6 Aktivitas Hobi Ini!

Lalu, haruskah Moms merasa khawatir jika Si Kecil termasuk anak yang jarang atau tidak suka melakukan aktivitas fisik?

Jane Cindy Linardi, M. Psi, Psi, CGA, Psikolog RS Pondok Indah-Bintaro Jaya, menjelaskan, anak yang kurang suka beraktivitas fisik di zaman sekarang bisa disebabkan karena terlalu lekat dengan gadget dan televisi.

Karenanya, menurut Jane, peranan orang tua penting untuk mengontrol dan membatasi penggunaan gadget atau menonton televisi, dan ajak Si Kecil untuk lebih sering bergerak.

"Orang tua punya peranan besar untuk mengontrol anak dalam bermain gadget atau menonton televisi. Usahakan semaksimal mungkin memfasilitasi aktivitas fisik yang menarik untuk anak. Bisa dimulai di dalam rumah seperti bermain treasure hunt, petak umpet, atau lompat tali," jelasnya.

Baca Juga: 5 Manfaat Orang Tua Bermain Bersama Anak

Tips Membuat Anak Jadi Lebih Aktif

anak aktif.jpeg

Anak-anak aktif secara alami. Ketika mereka semakin bertumbuh, mereka cenderung menjadi kurang aktif. Jangan kaget atau kecewa jika Si Kecil kehilangan minat pada kegiatan fisik yang dahulu ia gemari.

Ada beberapa tips yang bisa dilakukan untuk membuat anak menjadi lebih aktif. Berikut ini tipsnya, dikutip dari Heart.org.

  • Menjadi panutan untuk gaya hidup aktif. Mulai dari Moms untuk lebih banyak bergerak sendiri dan temukan cara untuk bisa melakukan aktivitas bersama sebagai sebuah keluarga.
  • Aktivitas fisik harus menyenangkan bagi anak-anak. Dorong anak-anak untuk terus mencoba kegiatan lain dan menemukan aktivitas yang disukai dan akan tetap bertahan. Jangan gunakan aktivitas fisik sebagai hukuman.
  • Kurangi atau batasi waktu menatap layar. Seperti menonton televisi, bermain video game, dan menggunakan perangkat digital. Jangan gunakan TV atau perangkat sebagai cara untuk mengasuh anak.
  • Berikan anak-anak peluang untuk menjadi aktif. Beri mereka permainan fisik, seperti bersepeda, skateboard, sepatu roda, skuter, lompat tali, bola, dan peralatan olahraga.
  • Berpindah tanpa menggunakan kendaraan. Ajak anak berjalan atau bersepeda daripada selalu mengendarainya mobil untuk mengunjungi lokasi yang cukup dekat. Misalnya, dengan berjalan kaki atau bersepeda ke sekolah atau halte.
  • Hargai dan puji anak ketika menjadi aktif. Pemberian pujian, penghargaan, dan dorongan dapat membantu anak-anak untuk tetap aktif.

Baca Juga: 8 Ide Aktifitas Dads dan Anak Perempuan untuk Meningkatkan Bonding

Jika Si Kecil sekarang masih menjadi sangat tidak aktif, mulailah perlahan. Tingkatkan jumlah dan intensitas aktivitas secara bertahap setiap minggu.

Ini dapat membantu anak menghindari rasa ketidaknyamanan atau cedera dan menyesuaikan diri dengan gaya hidup yang lebih aktif tanpa membuatnya merasa dipaksakan.

Itulah beberapa hal yang perlu Moms ketahui jika ternyata Si Kecil tidak suka melakukan aktivitas fisik. Yuk ajak Si Kecil untuk melakukan aktivitas fisik bersama!

Artikel Terkait