DI ATAS 5 TAHUN
23 Juni 2019

Anak Tidak Suka Makan Buah, Begini Cara Mengatasinya

Padahal, penting agar nutrisi tetap terjaga.
placeholder
placeholder
Artikel ditulis oleh Dina Vionetta
Disunting oleh Dina Vionetta

Buah menjadi salah satu asupan gizi yang baik untuk pertumbuhan dan perkembangan anak, yang tentunya diimbangi dengan asupan nutrisi yang lain. Selain itu, buah mampu menjadi camilan yang lezat, segar, dan bergizi dengan berbagai rasa yang dapat menggugah selera.

Namun, kenyataannya tidak semua anak dapat dengan mudah menerima asupan buah karena beberapa di antaranya bahkan menolak untuk makan buah. Jika anak dalam kondisi ini, maka dapat dikatakan ia adalah picky eater.

Menurut seorang dokter spesialis gizi klinik, bernama dr. Francisca A. Tjakradidjaja, picky eater adalah ketika anak bisa jadi sangat suka pada makanan tertentu, namun sebaliknya tidak mau makanan yang lain. Aksinya bisa dengan menolak sama sekali, makanan dilepeh, atau diemut lama. Kondisi ini harus segera diatasi karena dapat berbahaya bagi pertumbuhan dan perkembangannya.

Picky eater kadang terjadi ketika anak berusia 1-5 tahun. Kondisi ini bila berlanjut dapat berisiko sebabkan kekurangan zat gizi, sehingga pertumbuhan dan perkembangannya dapat terganggu. Kondisi ini juga dapat menyebabkan asupan makanan menjadi kurang bervariasi, seperti rendah asupan sayuran, buah, protein, dan serat,” ungkap dokter yang akrab disapa dokter Chika pada Kulwap Orami Community, Senin (25/2) lalu.

Baca Juga: Ups, 4 Kesalahan Saat Menghadapi Picky Eater Ini Harus Moms Hindari

Jadi, jika saat ini anak tidak mau untuk makan buah dan bahkan memberikan aksi menolak memakannya, Moms tidak boleh membiarkannya. Melainkan, Moms harus mencari cara agar mengatasi kondisi ini. Tidak ada kata terlambat untuk mengatasinya. Simak cara berikut ini agar Moms bisa mengatasi kondisi anak tidak suka makan buah.

Ajarkan Anak untuk Meniru Orangtuanya

Anak Tidak Suka Makan Buah, Begini Cara Mengatasinya-2.jpg

Foto: shutterstock.com

Ketika anak tidak suka makan buah, coba perhatikan apakah Moms dan pasangan memiliki kebiasaan yang sama atau tidak. Jika ya, maka wajar sama anak akan meniru kebiasaan orangtuanya.

Anak adalah peniru yang handal dari orangtuanya, jadi cara untuk mengatasi anak tidak mau makan buah adalah memulai kebiasaan dari diri sendiri.

Moms bisa mencoba membiasakan makan buah di depan anak dan berikan pengertian kepadanya bahwa buah memiliki manfaat untuk kesehatan tubuhnya.

“Perkenalkan pada anak bahwa buah enak untuk dikonsumsi. Hal tersebut bisa dimulai dengan memberikan contoh orangtua dengan menunjukkan ekspresi senang, suka, dan enak saat makan buah di depan anak waktu makan bersama. Setelah itu, berikan pada anak sedikit demi sedikit,” ujar dokter Chika yang praktik di RS Rumah Sehat Terpadu Dompet Dhuafa ini.

Moms juga bisa mengajak anak untuk belanja buah, memilih buah mana yang diinginkannya, dan kemudian mencuci hingga menyajikan buah. Trik ini dapat menimbulkan ketertarikan bagi anak untuk memakan buah.

Baca Juga: Manfaat Makan Buah Kiwi Secara Rutin untuk Kesehatan Tubuh

Penyajian Buah yang Menarik

Anak Tidak Suka Makan Buah, Begini Cara Mengatasinya-3.jpg

Foto: kidslovewhat.com

Anak suka segala sesuatu hal dalam penyajian yang menarik perhatiannya. Untuk itu, Moms bisa menggunakan cara ini saat menyajikan buah agar anak mau memakannya. Penyajian buah yang menarik bisa dengan mengolahnya menjadi es buah, smoothies, buah yang dicelup cokelat, dan cara lainnya.

Jika anak tidak suka makan buah, Moms juga bisa menyajikan buah dalam wadah yang menarik dengan warna-warna yang disenangi anak agar ia dapat dengan senang hati mengonsumsinya.

Setiap anak berbeda sehingga cara untuk mengajarkannya agar suka makan buah juga pasti berbeda setiap orang. Namun, pastikan Moms tidak memaksanya untuk makan buah karena hal tersebut dapat membuatnya trauma.

Baca Juga: Bagaimana Cara Memperkenalkan Variasi Makanan Pada Si Picky Eater?

Terpenting adalah, selalu sabar dan konsisten dalam mengajak anak untuk suka makan buah. Semua membutuhkan proses yang tidak sebentar, jadi pastikan Moms tetap penuh perhatian mengerti akan pentingnya asupan nutrisi bagi tubuh anak, ya. Selamat mencoba!

(DG)

Artikel Terkait