DI ATAS 5 TAHUN
10 Mei 2019

Anak Ussy Sulistiawaty Dibully di Medsos, Begini 7 Cara Hadapi Cyberbullying Pada Anak

Moms harus menghadapinya dengan cerdas ya
placeholder
placeholder
Artikel ditulis oleh Andra Nur
Disunting oleh Andra Nur

Ussy Sulistiawaty geram. Anak pertama dan keduanya di-bully oleh netizen. Kejadian tersebut berawal dari unggahan Ussy di media sosial. Ussy mengunggah sebuah foto bersama tiga anaknya dan suaminya Andhika Pratama.

Support kk Elea di sekolah. Minus si bontot,” tulis Ussy.

Unggahan tersebut mendapat tanggapan tangan-tangan jahil netizen. Komentar negatif ditujukan kepada anak pertama dan kedua Ussy, Amel dan Ara. Banyak yang berkomentar bahwa kedua anak Ussy itu merusak pemandangan.

Ada juga yang meminta Ussy untuk mendandani dua anaknya itu agar penampilannya lebih modis seperti Ussy. Tidak sedikit juga yang mencibir penampilan Ussy yang sok muda.

Menanggapi hal tersebut, Ussy pun membalas komentar netizen. Dia juga sempat mengunggah sebuah foto dengan caption cukup panjang.

Tidak berhenti sampai di situ, Ussy berencana akan melaporkan para netizen yang telah melakukan cyberbullying ke pihak berwajib.

Nah, jika anak Moms juga mengalami cyberbullying seperti anak Ussy, ada beberapa hal yang sebaiknya Moms lakukan saat menghadapi situasi tersebut. Apa saja? Cari tahu yuk!

Tetap Tenang

Saat menghadapi kejadian tersebut, Moms harus tetap tenang. Tunjukan kepada anak bawa diselesaikan dengan cara yang baik. Bukan dengan saling berbalas makian di media sosial.

Bicara

Bicara kepada anak tentang media sosial kepada anak. Apa keuntungan dan kerugiannya.

Jika ternyata lebih banyak kerugiannya, Moms juga bisa meminta anak untuk tidak lagi menggunakan medsos itu.

Moms juga perlu menjelaskan bahwa kejadian yang menimpa anak bukanlah salah mereka.

Baca Juga: Ketika Cyberbullying Mengancam Buah Hati

Abaikan

Minta anak untuk tidak membalas komentar atau pesan yang tidak menyenangkan itu.

Moms juga jangan membalasnya dengan menggunakan akun anak.

Kendati niat Moms baik untuk memberikan nasihat, nyatanya, itu hanya akan memperburuk keadaan.

Lebih jauh lagi, ini bukan contoh yang baik untuk anak.

Simpan Bukti

Jika menemukan komentar atau pesan yang tidak menyenangkan, Moms bisa meminta anak untuk menyimpannya sebagai bukti dengan screenshoot. Ini akan dibutuhkan jika Moms berniat membawanya ke jalur hukum.

Blokir

Blokir atau menghapus akun tersebut dari daftar teman dan follower sesegera mungkin.

Ajarkan juga kepada anak untuk melakukan hal serupa jika melihat ada akun-aku tidak bertanggung jawab yang juga melakukan pelecehan di akun-akun lain.

Baca Juga: 5 Jenis Bullying yang Mungkin Dialami Anak

Laporkan

Jika masalah cyberbullying ini berkaitan dengan teman-teman di sekolah anak, Moms bisa berbicara dengan pihak sekolah dan meminta bantuan mereka untuk memberi nasihat kepada yang bersangkutan (pelaku).

Jika kasusnya berkaitan dengan orang di luar sekolah dan sudah keterlaluan, Moms bisa langsung melaporkannya pada polisi. Di media sosial, Moms juga perlu melaporkan akun tersebut.

Temui Langsung Pelakunya

Untuk beberapa kasus, bertemu langsung dengan pelaku bisa jadi jalan terbaik. Tapi, Moms harus betul-betul menjaga emosi.

Jangan luapkan emosi kepada pelaku karena itu hanya akan memperkeruh suasana.

Mintalah ia untuk minta maaf dan jelaskan dampak cyberbullying tersebut pada anak Moms, karena biasanya para pelaku tidak berpikir panjang terhadap efek psikologis yang mereka timbulkan pada korban. Banyak dari mereka yang juga hanya ikut-ikutan orang lain.

Moms juga bisa berbicara kepada orang tua pelaku tentang perilaku anak mereka.

Itulah beberapa hal yang bisa Moms lakukan jika Si Kecil mendapat perlakukan tidak menyenangkan di media sosial. Ingat ya Moms untuk mendahulukan akal sehat. Jangan mudah terbawa emosi.

(AND)

Artikel Terkait