DI ATAS 5 TAHUN
12 Maret 2019

Anak yang Sarapan Punya Prestasi Lebih Baik, Ini Penjelasan Ahli!

Anak yang sarapan performa akademiknya 4 kali lebih baik lho Moms
placeholder
placeholder
Artikel ditulis oleh Andra Nur Oktaviani
Disunting oleh Andra Nur Oktaviani

Selain membuat perut kenyang di pagi hari, sarapan juga ternyata punya segudang manfaat. Salah satunya membantu Si Kecil lebih berprestasi di sekolah.

Dokter Spesialis Anak Konsultan Nutrisi dan Metabolik Dr. dr. I Gusti Lanang Sidiartha, Sp. A (K), mengatakan bahwa sarapan terbukti memberikan pengaruh pada kecerdasan anak di sekolah.

Anak yang sarapan secara rutin setiap harinya punya prestasi akademik yang empat kali lebih baik ketimbang anak yang tidak sarapan lho, Moms.

"Sarapan memberikan efek positif pada anak. Sarapan berperan dalam kemampuan kognitif, tingkah laku, dan prestasi di sekolah,” ungkap dr. Lanang pada event 'Konsentrasi Ciptakan Mimpi bersama Energen' di CGV FX Sudirman, Jakarta Selatan, Kamis (21/2).

Kinerja kognitif yang dimaksud terutama untuk urusan daya ingat dan kemampuan memperhatikan pelajaran di kelas. Hal tersebut dibuktikan sendiri oleh dr. Lanang melalui penelitian yang ia lakukan di Bali.

Baca Juga: Biasa Tak Sarapan? Hati-hati Gula Darah Tinggi!

Pengaruh Sarapan Pada Prestasi Anak 

family meal

Foto: kidseatvegetable.com

dr. Lanang melakukan penelitian terhadap 178 siswa dan siswi SD 1 Taro, Gianyar, Bali, dengan kisaran umur 6 hingga 12 tahun. Dia membagi anak ke dalam dua kelompok, yakni yang sarapan dan tidak.

Dari data itu kemudian dr. Lanang mendata nilai rata-rata hasil ujian akhir semester. Ditemukan sebanyak 51,7 persen dari anak yang bernilai di atas rata-rata terbiasa sarapan, sedangkan 40 persennya tidak terbiasa sarapan.

Adapun nilai rata-rata yang terbiasa sarapan bernilai rata-rata 71,1 persen. Angka ini lebih tinggi empat kali lipat dibandingkan dengan anak yang tidak sarapan.

“Anak yang sarapan selalu lebih tinggi (nilainya). Untuk pelajaran matematika, IPS, dan semua di atas rata-rata," terangnya.

Baca Juga: Terburu-Buru di Pagi Hari? Coba 7 Menu Sarapan Praktis Ini!

Sarapan Bernutrisi Dukung Kinerja Otak

xeat in.jpeg.pagespeed.ic.qe1p6i6roy

Foto: talkative.pro

Ahli Neuroanatomi dan Neurosains, Dr. dr. Taufiq Pasiak, M.Kes, M.Pd, membenarkan fakta tersebut. Dia mengatakan, secara klinis, konsumsi sarapan dapat memengaruhi kinerja kognitif dengan mengurangi rasa lapar.

Dilihat dari sisi gizi, Ahli Gizi, dr. Raissa E. Djuanda, M. Gizi, Sp. GK menambahkan bahwa untuk menjaga kadar metabolisme dan untuk meningkatkan kemampuan kognitif anak, diperlukan nutrisi yang benar dengan jadwal yang tepat.

Karena itu mengonsumsi sarapan bernutrisi sangat penting untuk memberikan energi yang cukup di pagi hari agar kinerja otak bisa maksimal. Karenanya, pilihlah menu sarapan dengan bijak misalnya berupa asupan yang mengandung serat pangan, vitamin, dan mineral.

Nah, ternyata memang benar ya Moms sarapan bisa membuat prestasi Si Kecil lebih baik. Mulai sekarang, pastikan Si Kecil sarapan setiap paginya ya!

(AND)

Artikel Terkait