SELEBRITI
22 Oktober 2019

Anak Zaskia Adya Mecca Terkena Asma saat Berada di Jalan Tol

anaknya sudah tidak bisa berbicara apapun, karena sudah tidak bisa bernapas
Artikel ditulis oleh Ikhda Rizky Nurbayu
Disunting oleh Ikhda Rizky Nurbayu

“Bayangkan saat itu saya dan suami saya udah panik banget,” kata Zaskia.

Itulah yang diucapkan Zaskia Adya Mecca saat menceritakan pengalamannya ketika anaknya terserang asma di jalan tol pada acara diskusi di Hotel Mandarin Oriental, Jakarta Pusat, Senin (14/10).

Antara Anaknya yang Nggak Selamat atau Zaskia dan Suaminya

64875214_858555437843466_3617398780616683818_n.jpg

Foto: instagram.com/zaskiadyamecca

“Tiga dari empat anak saya itu sakit asma. Saya pernah mengalami kejadian gawat sekali, ketika di jalan tol, salah satu anak saya nggak bisa napas dan batuk-batuk,” ujar Zaskia.

Padahal sebelum kejadian menegangkan tersebut, Zaskia sudah membawa anaknya ke salah satu rumah sakit di Jakarta Selatan dan bahkan juga mendatangi rumah sakit di Jakarta Pusat. Zaskia merasa kalau rumah sakit tersebut merupakan ahli untuk penyakit alergi dan paru-paru.

Ia menjelaskan saat kejadian di jalan tol itu, suhu tubuh anaknya semakin tinggi dan batuknya pun semakin menjadi-jadi. Bahkan, anaknya sudah tidak bisa berbicara apapun, karena sudah tidak bisa bernapas.

Istri dari sutradara Hanung Bramantyo ini pun panik luar biasa. “Aku udah ngebayangin antara anakku yang nggak selamet, atau kita yang nggak selamet karena suami nyetirnya udah ngebut karena panik banget,” ujarnya.

“Alhamdulillah kita semua selamat, kita bisa sampai di UGD dan mendapatkan pertolongan yang tepat,” jelas Zaskia.

Tips Mengurangi Serangan Asma pada Anak

Pengalaman Zaskia Mempunyai Anak dengan Penyakit Asma

71120679_177422970079823_5020713988766624774_n.jpg

Foto: instagram.com/zaskiadyamecca

Dalam diskusi media dengan tema “Pengobatan Asma yang Lebih Baik di Puskesmas Dapat Meningkatkan Pengendalian Penyakit dan Mengurangi Beban Ekonomi”, Zaskia mengakui kalau berbagai situasi buruk terkait penyakit yang diderita oleh anak-anaknya sudah pernah ia alami.

Awalnya Zaskia tidak mengetahui kalau anaknya mengalami asma, karena gejalanya batuk dan pilek biasa saja. Tetapi lama kelamaan, ia curiga karena bunyi tarikan napas anaknya sangat dalam.

“Saya nggak tahu awal gejala asma. Saat anak batuk dan pilek itu bisa seminggu lebih dan bahkan salam satu bulan berulang kembali. Batuknya itu berat banget, saya mulai curiga, apalagi suami juga punya riwayat asma. Bentuk tarikan di rongga dadanya sangat dalam dan napasnya bunyi ‘ngik’,” jelas Zaskia.

Baca Juga: Bibir Anak Zaskia Mecca Bengkak Akibat Alergi Kucing, Bagaimana Cara Menanganinya?

Belajar dari Pengalaman Anak Terserang Asma

Foto 1.jpeg

Foto: doc/webershandwick

Melalui acara yang diadakan oleh AstraZeneca, Kementerian Kesehatan, Project Hope, dan Universitas Gadjah Mada, Zaskia mengatakan bahwa dirinya menjadi siap saat harus kembali menghadapi anaknya yang terserang asma.

“Saya berharap di setiap puskesmas ada alat nebulizer untuk menangani masalah gawat darurat asma”, jelasnya.

Zaskia juga berharap kalau para Moms juga harus lebih memahami gejala asma dan mengetahui langkah-langkah yang harus dilakukan ketika Si Kecil terkena asma.

Artikel Terkait