TREN
11 Juni 2019

Aneka Bahan untuk Kreasi Es, Yuk Buat!

Let’s mix and match, Moms!
placeholder
placeholder
Artikel ditulis oleh (fitria.rahmadianti)
Disunting oleh Andra Nur Oktaviani

Di musim panas seperti sekarang ini, minuman dingin biasanya paling dicari untuk menghapus dahaga. Tidak heran, beragam jenis es khas Indonesia laris sebagai penyejuk tenggorokan. Sebut saja es campur, es teler, es oyen, dan lain-lain.

Sebenarnya, di luar es-es tradisional tersebut, Moms bebas mencampur aneka bahan untuk kreasi es baru. Umumnya, ini komposisi yang harus ada dalam es campur. Apa saja? Yuk kita lihat di bawah ini Moms!

Baca Juga: 10 Es Tradisional Indonesia yang Belum Banyak Dikenal, Pernah Coba?

1. Bahan Kuah dan Pemanis

aneka bahan untuk kreasi es

Foto: buzzbrews.com

Aneka bahan untuk kreasi es yang pertama adalah kuah manis. Untuk membuat es, Moms perlu menyediakan base berupa kuah manis. Biasanya rasa manis ini didapat dari campuran air dan sirup.

Untuk es campur yang menggunakan es serut, biasanya kental manis putih atau cokelat dituangkan sebelum es disajikan.

Es tradisional biasanya menggunakan kombinasi air atau santan dengan gula (simple syrup) atau gula merah. Aroma pandan tercium harum dari kuahnya.

2. Buah

aneka bahan untuk kreasi es

Foto: picklebarrelcatering.com

Aneka bahan untuk kreasi es yang kedua adalah buah. Moms bisa menggunakan buah apapun yang Moms punya di rumah untuk dicampurkan ke dalam kuah, namun biasanya buah bertekstur renyah yang dipakai agar tidak mudah hancur saat es diaduk.

Tapi, untuk beberapa jenis es, misalnya es teler, Moms membutuhkan buah tertentu seperti kelapa, nangka, dan avokad.

Buah segar bisa dipotong dengan berbagai bentuk agar tampilan es lebih menarik. Misalnya, dipotong dadu, dikeruk bulat, atau dikeruk memanjang. Moms juga bisa menambahkan buah kaleng.

3. Bahan Pelengkap

aneka bahan untuk kreasi es

Foto: resepgulaku.com

Aneka bahan untuk kreasi es yang selanjutnya adalah bahan pelengkap lainnya. Karena buah tergolong mahal dan untuk menambah tekstur, biasanya isi es dicampur dengan bahan pelengkap lain. Misalnya selasih, rumput laut, jeli, sari kelapa, sagu mutiara, kolang-kaling, atau cincau hitam.

Khusus es cendol atau dawet dan es cincau, Moms tentu memerlukan cendol/dawet dan cincau hijau sebagai bahan utamanya dan seringkali tanpa bahan pelengkap lain. Moms bisa menambahkan es krim untuk membuat aneka es terasa lebih creamy dan milky.

Baca Juga: Resep Es Buah Segar yang Menyegarkan Dahaga

4. Bahan Tambahan Lain

aneka bahan untuk kreasi es

Foto: detik.net.id

Aneka bahan untuk kreasi es yang selanjutnya adalah bahan tambahan lain. Beberapa jenis es tradisional menggunakan bahan-bahan yang tak umum digunakan dalam es campur.

Es doger, misalnya, menggunakan tapai singkong atau ketan dan roti, sedangkan es podeng memakai kacang tanah dan meses. Moms bisa bereksperimen dengan menambahkan bahan yang tak biasa ke dalam es yang Moms buat.

5. Es Batu atau Serut

aneka bahan untuk kreasi es

Foto: pxhere.com

Aneka bahan untuk kreasi es yang selanjutnya adalah es. Inilah bahan paling penting dalam membuat es campur sehingga minuman terasa dingin segar saat dinikmati.

Moms bisa menyajikan es campur dengan es batu atau es yang dihancurkan kasar. Tapi, beberapa jenis es memang wajib dipakaikan es serut. Misalnya, es campur, atau es doger yang es serutnya sudah diberi perasa.

Baca Juga: 3 Resep Jus Buah dan Sayur yang Mudah dan Enak

Nah, itulah aneka bahan untuk kreasi es yang bisa Moms siapkan. Jangan ragu untuk bereksperimen ya Moms. Selamat mencoba!

Artikel Terkait