KESEHATAN
20 Februari 2020

Anti Panik, Ini Cara Melindungi Keluarga dari Virus Corona Novel Menurut Pakar

Biasakan membentuk kebiasaan hidup yang sehat
placeholder
placeholder
Artikel ditulis oleh Amelia Puteri
Disunting oleh Ikhda Rizky Nurbayu

Hingga per tanggal 19 Februari 2020, laporan dari Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) mengonfirmasi kasus virus Corona novel (COVID-19) yang menjangkiti 75.204 jiwa, tersebar di 25 negara di dunia.

Hal ini tentu saja menimbulkan kekhawatiran pada penduduk dunia, terutama dari para orang tua. Mengingat, virus ini rentan menyerang anak-anak. Karena itu, Moms perlu mengetahui cara melindungi keluarga dari virus Corona.

Dalam Diskusi Media "Cegah Virus Corona dengan Perkuat Sistem Kekebalan Tubuh" di Bunga Rampai, Menteng, pada Rabu (20/2/2020), dijelaskan bahwa ada alasan mengapa anak-anak rentan terserang virus.

"Anak-anak justru menjadi objek yang rentan terserang virus. Alasannya, sistem imunitas pada bayi dan anak masih belajar mengenali dan melindungi tubuh dari kuman yang masuk," jelas Prof. dr. Bambang Supriyatno, SpA (K), Konsultan Respi Anak di RSCM.

Dalam jurnal Methods in Molecular Biology, disebutkan bila infeksi virus-virus keluarga Corona lebih rentan menyerang bayi, lanjut usia, dan individu yang sedang mengalami penyakit infeksi saluran pernapasan.

Cara Melindungi Keluarga dari Virus Corona Novel

Lalu, seperti apa cara melindungi keluarga dari virus Corona novel yang bisa dilakukan? Baca lebih lanjut untuk mengetahui langkah-langkah yang bisa dilakukan untuk melindungi keluarga dari paparan virus ini.

Baca Juga: Tengok 4 Langkah Preventif Sandra Dewi Saat Parno Anak Kena Virus Corona!

1. Orang Tua Jangan Mudah Panik

cara melindungi keluarga dari virus Corona novel-1

Foto: Orami Photo Stock

Hingga kini, masih belum ada kasus virus Corona novel yang dilaporkan di Indonesia. Tetapi, sebaiknya masyarakat, termasuk Moms jangan menjadi terlalu panik dan khawatir secara berlebihan.

"Jangan terlalu perlu panik atau lebay dalam menyikapi virus Corona, karena virus Corona menular melalui kontak langsung dengan pengidap. Sejauh ini di Indonesia belum ada korban, jadi lingkungan hidup kita relatif masih aman. Namun tindakan pencegahan tetap perlu dilakukan," jelas dr. Erlina Burhan, M.Sc, SpP (K), Konsultan Paru Sub Infeksi RSUP Persahabatan.

Lebih lanjut, dr. Erlina menjelaskan bahwa meskipun virus Corona menyebar dari manusia ke manusia lewat batuk, bersin, atau kontak dekat. Namun, bila seseorang punya antibodi kuat, maka virus ini tidak bisa melumpuhkan tubuh.

Baca Juga: 5 Pola Hidup Sehat untuk Mencegah Kanker yang Bisa Dilakukan

2. Menjaga Pola Hidup Bersih

cara melindungi keluarga dari virus Corona novel-2

Foto: Orami Photo Stock

Selain itu, dianjurkan bagi Moms untuk selalu menjaga pola hidup bersih sebagai cara melindungi keluarga dari virus Corona novel. Hal paling sederhana yang bisa dilakukan seperti rutin mencuci tangan, yang dapat mengurangi risiko penyebaran virus hingga 37 persen.

"Cuci tangan selama 20 detik dengan rutin sebelum memegang mulut, hidung, mata serta setelah memegang instalasi publik, menutup mulut dan hidung dengan masker atau tisu ketika bersin atau batuk, dan rutin membersihkan diri setiap habis bepergian," tutur dr. Erlina.

Selain itu, disarankan agar balita dan anak menghindari atau mengurangi bepergian ke luar rumah, untuk mengurangi risiko anak terpapar virus Corona novel.

"Orang tua juga harus lebih cermat memantau kesehatan anak. Amati gejala-gajala penyakit yang mungkin terjadi pada anak agar bisa cepat tertangani. Cek juga apakah anak mengalami lemah, letih, lesu, karena itu bisa jadi pertanda kualitas kesehatan anak sedang menurun," jelas Prof. dr. Bambang Supriyatno, SpA (K), Konsultan Respi Anak di RSCM.

3. Memberikan Asupan Nutrisi yang Baik

cara melindungi keluarga dari virus Corona novel-3

Foto: Orami Photo Stock

Lebih lanjut, Prof. Bambang mengatakan bila kondisi kesehatan anak sedang menurun, penting untuk selalu memberikan asupan nutrisi yang baik sehingga pertahanan tubuhnya tetap baik.

Ini juga menjadi langkah sederhana untuk melindungi keluarga dari virus Corona novel yang sedang menyerang di berbagai penjuru dunia.

"Bila kesehatan anak menurun, berikan asupan nutrisi baik agar pertahanan tubuhnya prima. Bila tidak kunjung membaik dan terjadi gejala flu serta demam, maka segera bawa ke dokter,” ujar Prof. Bambang.

Baca Juga: Cara Membuat Imunitas Anak Lebih Baik Tanpa Membuat Mereka Sakit

4. Pantau Kesehatan dan Tumbuh Kembang Anak

cara melindungi keluarga dari virus Corona novel-4

Foto: Orami Photo Stock

Tentunya, selain mendapatkan asupan makanan penuh nutrisi, Moms juga perlu memantau kesehatan dan tumbuh kembang anak.

"Selain makan makanan bergizi, istirahat yang cukup 6-8 jam sehari, pastikan imunisasi anak juga lengkap. Tetapi, jangan dikonotasikan dengan vaksin Corona, karena sampai saat ini belum ada," jelas Prof. Bambang.

"Pantau tumbuh kembang anak juga penting, dan berat badan anak harus naik. Kalau 2 bulan berturut-turut tidak naik, maka ada yang salah.

5. Hindari Anak dari Asap Rokok

Merokok.jpg

Foto: Orami Photo Stock

Dokter Erlina memberikan satu tips yang jarang diketahui sebagai cara melindungi keluarga dari virus Corona novel, yaitu menjauhkan anak dari asap rokok, bagi orang tua yang merokok.

"Stop merokok, karena asap rokoknya akan melumpuhkan pembersihan jalan pernapasan. Boleh mengonsumsi suplemen apa saja, yg penting stamina dijaga, imunitas tubuh ditingkatkan, lakukan perilaku hidup sehat, jangan begadang, makan yg baik, dan jangan merokok," tegas dr. Erlina.

Itu dia Moms, beberapa cara yang bisa Moms lakukan untuk melindungi keluarga dari virus Corona novel. Hal yang paling penting, tingkatkan imunitas tubuh Si Kecil, ya.

Artikel Terkait