COVID-19
15 Juni 2020

Mulai Konsumsi Antioksidan untuk Meningkatkan Daya Tahan Tubuh Saat 'New Normal'

Jangan lupa untuk jaga pola hidup tetap sehat
placeholder
placeholder
Artikel ditulis oleh Amelia Puteri
Disunting oleh Dina Vionetta

Indonesia, khususnya DKI Jakarta, memasuki masa transisi PSBB sebagai langkah 'new normal' terhadap pandemi. Fase PSBB transisi Jakarta dilakukan dengan 4 fase selama bulan Juni 2020.

Dengan kembalinya aktivitas sehari-hari secara perlahan di tengah wabah, penting untuk meningkatkan daya tahan tubuh saat dilakukannya new normal.

Salah satu cara yang bisa dilakukan adalah dengan mengonsumsi antioksidan. Ketahui seperti apa penjelasannya berikut ini, Moms.

Baca Juga: 5 Vitamin Ini Baik untuk Meningkatkan Daya Tahan Tubuh

Risiko Munculnya Penyakit Metabolik Karena Pandemi

meningkatkan daya tahan tubuh saat new normal-1

Foto: Orami Photo Stock

Dalam rilisan pers diskusi daring ASTHIN tentang "Meningkatkan Daya Tahan Tubuh Alami Selama Pandemi dengan Antioksidan" pada Rabu (3/6/2020), dampak dari wabah yang sangat berpengaruh adalah kesehatan metabolik.

"Saat pandemi, terjadi perubahan pola hidup, secara fisik, psikis, atau kehidupan sosial selama bekerja dari rumah (WFH). Semua hal itu pasti akan berpengaruh terhadap kesehatan, dan yang paling menonjol terhadap kesehatan metabolik," jelas Dr. Roy Panusunan Sibarani Sp.PD-KEMD, Dokter Spesialis Penyakit Dalam-Konsultan Endokrin Metabolik, Ketua Komite Medis RS Murni Teguh Sudirman Jakarta.

Mengutip Health, penyakit metabolik dialami ketika seseorang memiliki tekanan darah tinggi, gula darah tinggi, dan trigliserida tinggi. Dampaknya, ada risiko tinggi mengalami jenis penyakit metabolik seperti diabetes tipe 2, stroke, dan penyakit jantung.

"Hanya berfokus pada pandemi justru membuat orang jadi tidak awas terhadap penyakit metabolik. Padahal, penyakit metabolik itu adalah penyakit degeneratif. Semakin tua seseorang, semakin banyak kemungkinannya untuk kena penyakit diabetes, darah tinggi, dan gangguan kolesterol," lanjut Dr. Roy.

Baca Juga: Hidup Berdampingan dengan Pandemi, Ini Pengertian "New Normal" di Indonesia

Jaga Pola Hidup Tetap Sehat Saat New Normal

meningkatkan daya tahan tubuh saat new normal-2

Foto: Orami Photo Stock

Sebagai langkah untuk mengurangi risiko terkena penyakit metabolik, sekaligus cara meningkatkan daya tahan tubuh saat new normal, penting menjaga gaya hidup tetap sehat.

Dr. Roy menyarankan beberap contoh pola hidup sehat seperti olahraga rutin, konsumsi makanan sehat dan bergizi, tidur yang cukup, minum air putih cukup, dan konsumsi suplemen.

Tidak hanya itu, Dr. dr. Erlina Burhan, SpP, Dokter Spesialis Paru RSUP Persahabatan, mengingatkan bahwa kebiasaan yang sudah dijalankan saat pandemi harus terus dijalankan saat new normal.

"Pertama adalah disiplin PSBB, tidak bepergian, jaga jarak, pakai masker, cuci tangan, hidup bersih dan sehat, termasuk meningkatkan daya tahan tubuh," terangnya.

Baca Juga: 7 Cara Meningkatkan Daya Tahan Tubuh Anak Aktif

Antioksidan untuk Meningkatkan Daya Tahan Tubuh Saat New Normal

meningkatkan daya tahan tubuh saat new normal-3

Foto: Orami Photo Stock

Untuk meningkatkan daya tahan tubuh saat new normal, masyarakat harus makan dan istirahat yang cukup, jaga suasana hati agar tidak stres, minum vitamin, dan sebagainya.

Selain itu, konsumsi makanan dengan antioksidan juga membantu dalam meningkatkan daya tahan tubuh.

"Terpenting pada kondisi seperti ini adalah antioksidan. Antioksidan itu adalah salah satu yang meningkatkan imun sistem. Antioksidan ada di vitamin A, C, dan E," jelas Prof. Dr. dr. Iris Rengganis, SpPD, KAI, Dokter Spesialis Alergi-imunologi.

Dalam jurnal Nutrients, disebutkan bahwa vitamin C berkontribusi terhadap fungsi sistem kekebalan tubuh, dan berpotensi melindungi tubuh terhadap stres oksidatif dari lingkungan sekitar.

Antioksidan bekerja dengan menetralisir molekul radikal bebas (zat yang menimbulkan racun) di dalam tubuh. Dengan konsumsi antioksidan, tubuh dapat menangkal peradangan, misalnya seperti penyakit radang sendi.

Jika Moms merasa belum cukup mengonsumsi antioksidan alami dari sayur dan buah, bisa ditambahkan dengan konsumsi suplemen. Konsusmi antioksidan tidak hanya membantu jadi lebih fit, tetapi juga bagus untuk kulit.

Itu dia Moms, pentingnya antioksidan untuk meningkatkan daya tahan tubuh saat new normal.

Artikel Terkait