KESEHATAN
23 Desember 2019

Beda Donor Trombosit dengan Donor Darah Biasa, Simak Penjelasannya

Semua yang perlu Anda ketahui tentang trombosit, mengapa trombosit sangat penting, dan apa yang dapat Anda harapkan jika Anda menjadi donor trombosit.
Artikel ditulis oleh Ryo
Disunting oleh Dina Vionetta

Tengok bedanya donor trombosit dan donor darah biasa di sini.

Mengapa trombosit sangat penting?

“Trombosit adalah sel-sel kecil dalam darah Anda yang membentuk gumpalan dan menghentikan pendarahan. Bagi jutaan orang di dunia, mereka sangat penting untuk bertahan dan melawan kanker, penyakit kronis, dan cedera traumatis. Setiap 15 detik seseorang membutuhkan trombosit. Trombosit harus digunakan dalam waktu lima hari dan donor trombosit baru diperlukan setiap hari,” ungkap Dr Chetan Ginigeri, dari RS CNI, India.

Perbedaan Donor Trombosit dengan Donor Darah Biasa

Serba-serbi Donor Trombosit1.jpg

Trombosit hanya dapat disumbangkan di tempat-tempat tertentu dan membutuhkan janji temu. Mereka tidak bisa diberikan pada donor darah. Dikutip dari jurnal Annals of Internal Medicine, donor trombosit menggunakan mesin untuk mengekstrak hanya trombosit Anda dan kemudian mengembalikan sisa darah Anda kembali kepada Anda.

Dari awal hingga selesai, dibutuhkan sekitar tiga jam untuk menyumbangkan trombosit.

Kedua lengan digunakan selama proses donor trombosit. Ini karena darah diambil dari satu lengan kemudian trombosit diekstraksi menggunakan mesin, dan komponen darah yang tersisa dikembalikan kepada Anda melalui lengan lainnya.

Anda akan dapat memberikan dalam satu donasi trombosit apa yang biasanya dikumpulkan dari hingga lima sumbangan darah lengkap. Bahkan, beberapa sumbangan trombosit menghasilkan trombosit yang cukup untuk dua atau tiga pasien.

“Anda mungkin dapat menyumbangkan trombosit hingga 24 kali setahun dibandingkan dengan maksimum 6 kali setahun untuk sumbangan darah lengkap.” Tambah Dr Ginigeri.

Baca Juga: Mengapa Ada Darah Haid yang Menggumpal? Ternyata Ini Alasannya!

Apa yang Terjadi Selama Donasi Trombosit:

Fakta dan Mitos Seputar Donor Darah1.jpeg

Foto: shutterstock.com

  • Sejumlah kecil darah diambil dari lengan Anda dan masuk ke mesin yang disebut pemisah sel darah.
  • Darah ini berputar dengan cepat, yang memaksa trombosit untuk terpisah dari komponen darah lainnya.
  • Sel-sel ini kemudian dimasukkan ke dalam kantong plastik sekali pakai yang steril.
  • Sementara itu, sisa darah Anda - plasma, sel darah merah dan sel darah putih - dikembalikan kepada Anda.
  • Siklus ini diulang beberapa kali. Sumbangan trombosit tunggal seringkali merupakan beberapa unit trombosit yang dapat ditransfusi.

Baca Juga: Keluarnya Gumpalan Darah Saat Menstruasi, Apakah Pertanda Kesehatan yang Buruk?

Durasi Donor Trombosit

manfaat donor darah untuk kecantikan hero banner magz (1510x849)

Foto: medicalnewstoday.com

Dari awal hingga selesai, dibutuhkan sekitar tiga jam untuk menyumbangkan trombosit. Diperlukan waktu sekitar 30 menit untuk menyelesaikan kuesioner riwayat kesehatan dan agar mesin disiapkan secara pribadi untuk Anda. Dari sana Anda dapat berharap untuk menyumbang sekitar dua jam diikuti dengan menikmati makanan ringan di area penyegaran.

Ini karena butuh waktu untuk memisahkan dan mengumpulkan trombosit dari komponen darah lainnya. Selama proses ini, trombosit dikeluarkan dari darah Anda dan cairan lain dikembalikan kepada Anda.

Selama donasi, Anda dapat bersantai, dan dalam beberapa jam Anda akan telah menyumbangkan cukup trombosit untuk membantu sebanyak tiga pasien.

Seberapa Aman Mendonorkan Trombosit?

Serba-serbi Donor Trombosit2.jpg

Menyumbangkan trombosit adalah proses yang aman. Sumbangan trombosit dilakukan di lingkungan yang sangat terkendali oleh staf yang terlatih secara profesional.

Setiap sumbangan dikumpulkan melalui jarum steril baru yang digunakan satu kali dan kemudian dibuang.

Meskipun sebagian besar orang merasa baik-baik saja setelah menyumbangkan trombosit, sejumlah kecil orang mungkin merasa pusing atau pusing, mengalami sakit perut atau mengalami memar atau rasa sakit ketika jarum dimasukkan.

Baca Juga: Penyebab dan Cara Mengatasi Darah Tinggi Saat Hamil

Golongan Darah yang Bisa Mendonorkan Trombosit?

Semua golongan darah, kecuali tipe O negatif dan tipe B negatif, dianjurkan untuk mencoba donasi trombosit. Tipe O negatif dan tipe B negatif dapat membuat dampak terbesar bagi pasien yang membutuhkan dengan terus memberikan darah lengkap atau sumbangan Power Red.

“Jika Anda tipe AB, Anda dapat membuat dampak terbesar dengan menyumbangkan plasma. Ini mirip dengan mendonorkan trombosit dan ditawarkan di Pusat Donasi Palang Merah Amerika tertentu. Ketika Anda memberikan donasi plasma, Anda dapat menyumbangkan hingga tiga kali lipat dari plasma yang akan dikumpulkan selama donor darah atau trombosit reguler, memungkinkan Anda untuk membuat dampak yang lebih besar dengan sumbangan yang lebih sedikit,” tutup Dr Chetan.

(RYO/DIN)

Artikel Terkait