KESEHATAN
10 Desember 2019

Apa Benar Air Kelapa Muda Bisa Membuang Racun?

Bisa menjadi cairan elektrolit dan menangkal racun
placeholder
placeholder
Artikel ditulis oleh Adeline Wahyu
Disunting oleh Intan Aprilia

Air kelapa adalah minuman alami dan bebas lemak. Selain itu, minuman yang rendah gula dan kalori ini kaya akan elektrolit dan vitamin esensial.

Maka jangan heran jika dijuluki sebagai "cairan kehidupan", kelapa aman bagi semua orang untuk diminum langsung dari buahnya. Seperti kata orang Hawaii, air kelapa adalah "embun dari surga".

Setelah kelapa dibuka, air kelapa akan mulai kehilangan nutrisi dan rasanya. Hal ini sebagian disebabkan oleh enzim alami yang ditemukan dalam air kelapa.

Ketika peroksidase (POD) dan polifenol oksidase (PPO) bersentuhan dengan oksigen, reaksi ini menyebabkan hilangnya nutrisi dan rasa.

Baca Juga: 6 Makanan Ringan Khas Indonesia yang Terbuat Dari Bahan Kelapa

Manfaat air kelapa muda sangat banyak, salah satunya yang terkenal adalah bahwa air kelapa muda mampu menangkal racun.

Apakah benar manfaat air kelapa muda bisa untuk menetralisir efek keracunan makanan atau hanya mitos? Yuk kita cari tahu

Manfaat Air Kelapa Muda untuk Membuang Racun

2 kelapa

Dilansir dari The Guardian, dalam penggunaan medis, air kelapa muda bisa mengobati beberapa kondisi penyakit. Segelas air kelapa muda bisa diminum sebanyak 2 atau 3 kali sehari.

Salah satu manfaat dari air kelapa muda adalah mengobati gangguan sistem pencernaan. Air kelapa muda merupakan obat yang sangat baik untuk refluks asam (menghilangkan keasaman), perut kembung dan kembung (karena kelebihan gas), mual dan muntah dispepsia, sembelit, gastritis, ascaris (cacing bundar), dan sebagainya.

Keunggulan lainnya, air kelapa muda juga merupakan penangkal racun yang kuat dan akan melawan reaksi obat.

Air kelapa ini secara alami mensterilkan dan mengandung asam laurat, yang ada dalam ASI manusia dan aman untuk dikonsumsi bayi yang menderita gangguan pencernaan.

Baca Juga: Penyebab dan Cara Mengatasi Sembelit pada Bayi

Air kelapa muda juga kaya akan kalium dan memiliki tingkat keseimbangan elektrolit yang sangat berguna sebagai cairan rehidrasi oral dalam pengobatan kolera. Dapat diberikan secara intravena untuk menyeimbangkan elektrolit.

Fakta Air Kelapa Muda

Coconut-Water.jpg

Para peneliti kesehatan menemukan bahwa air kelapa muda atau hijau mengandung peptida alami (partikel protein kecil) yang dapat membunuh sel kanker secara in vitro.

Mereka juga menemukan bahwa protein ini memiliki antioksidan yang luar biasa, sehingga manfaat air kelapa muda juga untuk meningkatkan kekebalan tubuh, memiliki sifat anti-mikroba, dan anti-inflamasi.

Dilansir dari American Society of Nutrition, air kelapa muda tidak mengandung lemak dan rendah gula. Satu gelas air kelapa muda mengandung 10 gram gula alami, 600-680 mg potasium, 40-60% sodium, 6% kalsium, dan 10% magnesium.

Hal ini menjadikannya salah satu sumber minuman isotonik (elektrolit) alami dan sehat tertinggi yang berasal dari alam.

Air kelapa muda memiliki tingkat keseimbangan elektrolit yang sama seperti yang kita miliki dalam darah kita, serta keseimbangan alami natrium, kalium, kalsium dan magnesium dan menggandakan kekuatan alkalisasi jus lemon murni.

Baca Juga: Apa Ibu Hamil Boleh Minum Air Kelapa Muda?

Nah, sekarang terjawab sudah kan Moms. Memang benar jika air kelapa muda berfungsi juga sebagai penangkal racun. Bahkan Si Kecil juga boleh mengonsumsi air kelapa muda ini.

Artikel Terkait