KESEHATAN
24 Juli 2018

Apa Boleh Memberikan Makanan Vegetarian untuk MPASI Bayi?

Apa Boleh Memberikan Makanan Vegetarian untuk MPASI Bayi?
placeholder
placeholder
Artikel ditulis oleh Intan
Disunting oleh Intan

Tanya:

Belakangan ini saya sering lihat orang tua yang memberikan makanan vegetarian untuk MPASI-nya. Apakah betul lebih baik? Kalau tidak apa efeknya pada bayi?

Jawab:

Pada anak tidak disarankan untuk memberikan makanan vegetarian. Pada anak yang diberikan makanan vegetarian bisa jadi kebutuhan makronutriennya masih bisa terpenuhi. Namun, sangat besar risiko kekurangan vitamin dan mineral.

Sebagai contoh, anak perlu mendapatkan zat besi yang cukup. Zat besi ini digunakan untuk tumbuh kembang seorang anak. Untuk bertumbuh semakin Tinggi dan BB bertambah juga untuk perkembangan kecerdasan kognitifnya.

Zat besi bisa saja didapat dari tumbuhan seperti dari sayuran hijau juga but. Namun bentuk zat besi pada tumbuhan kurang optimal diserap oleh usus.

Berbeda dengan zat besi dari sumber pangan hewani, yang sudah berbentuk lebih aktif. Zat besi dari pangan hewani lebih mudah dan efektif diserap dibanding yang nabati. Demikian juga dengan risiko defisiensi seng, vitamin D, kalsium, dan vitamin B12.

Setiap bahan pangan masing-masing punya kelebihan terhadap suatu zat gizi dan kekurangan terhadap zat gizi lainnya.

Kalau kita hanya makan satu jenis bahan makanan, maka berisiko kekurangan suatu zat gizi yang tidak ada di makanan tersebut. Itu sebabnya penting mengonsumsi makanan sehat seimbang dengan variasi sumber bahan makanan, agar kita dapatkan kebaikan dari semuanya

Dijawab oleh dr. Ingka Nilawardhani, M.Gizi, SpGK

Sumber: Forum Orami - Ask The Expert

Artikel Terkait