TRIMESTER 1
24 September 2019

Apa Jenis Susu yang Bagus untuk Ibu Hamil? Simak 4 Jenisnya

Pastikan Moms memilih jenis susu yang sudah aman dari bakteri
Artikel ditulis oleh Adeline Wahyu
Disunting oleh Dina Vionetta

Setiap ibu ingin memberikan segala hal yang terbaik untuk buah hatinya, termasuk asupan yang masuk dalam tubuh Si Kecil. Sebelum melahirkan, Moms juga bisa menjaganya lho, lewat susu ibu hamil tentunya.

Makanya penting bagi seorang ibu hamil, untuk mengonsumsi susu hamil sebagai tambahan nutrisi untuk ibu hamil. Pertumbuhan dalam kandungan merupakan masa krusial lho Moms, karena saat itulah otak sedang berkembang.

Baca Juga: Perlukah Minum Susu Khusus Ibu Hamil?

Melalui susu, Moms bisa mendapatkan asupan seperti kalsium, protein, dan vitamin yang berguna bagi pertumbuhan janin.

Lalu jenis susu apa saja yang baik untuk dikonsumsi ibu hamil yang memiliki nilai gizi, dan memiliki manfaat yang tepat untuk ibu hamil? Berikut penjelasannya.

1. Susu Rendah Lemak

jenis susu untuk ibu hamil

Foto: momjunction.com

Dilansir dari Mom Junction, susu skim rendah lemak adalah jenis susu untuk ibu hamil terbaik untuk membuat tubuh bugar dan sehat. Susu ini juga mengandung nutrisi penting yang membantu pertumbuhan dan struktur tulang bayi.

Satu cangkir susu rendah lemak memberikan 302 mg kalsium, yang cukup untuk melindungi anak dari kekurangan kalsium setelah lahir.

Baca Juga: Benarkah Susu Persiapan Kehamilan Bikin Cepat Hamil?

2. Susu Murni atau Susu Full Cream

jenis susu untuk ibu hamil

Foto: mom.girlstalkinsmack.com

Jenis susu untuk ibu hamil ini mengandung lemak dan nutrisi berlebih. Satu cangkir susu penuh menawarkan 146 kalori sedangkan susu skim hanya memiliki 83 kalori. Ini adalah pilihan ideal, namun pastikan Moms tidak memiliki kelebihan berat badan.

3. Susu yang Dipasteurisasi

jenis susu untuk ibu hamil

Foto: dairyreporter.com

Jika Moms memilih susu skim maupun susu murni, sangat penting untuk memastikan bahwa jenis susu untuk ibu hamil yang Moms konsumsi sudah dipasteurisasi.

Susu mentah biasanya mengandung bakteri, yang bisa berbahaya bagi Moms dan janin di dalam kandungan. Pemanasan ASI dapat mengendalikan pertumbuhan bakteri. Center for Disease Control and Prevention (CDC) merekomendasikan ibu hamil untuk menghindari makanan yang terbuat dari susu yang tidak dipasteurisasi.

Baca Juga: Alergi Susu Ibu Hamil, Apa yang Harus Dilakukan?

4. Susu Kedelai

jenis susu untuk ibu hamil

Foto: dairyreporter.com

Susu ini diperoleh dengan menggiling kedelai yang direndam air. Jenis susu untuk ibu hamil ini bebas lemak, utuh, dan beraroma. Selain itu, dilengkapi juga dengan serat dan kalsium yang sama dengan susu sapi.

Menurut Julie Redfern, ahli gizi senior di Departemen Obstetri dan Ginekologi di Brigham and Women's Hospital di Boston, susu kedelai adalah alternatif rendah lemak yang bagus untuk susu sapi. Pastikan untuk memilih merek yang telah menambahkan kalsium.

Itu dia Moms beberapa jenis susu untuk ibu hamil yang bisa Moms coba. Pastikan sudah dipasteurisasi ya Moms!

Artikel Terkait