TRIMESTER 1
3 September 2020

Jenis Susu Ibu Hamil Apa yang Bagus Dikonsumsi? Simak 12 Jenisnya!

Pastikan Moms memilih jenis susu yang sudah aman dari bakteri
placeholder
placeholder
Artikel ditulis oleh Adeline Wahyu
Disunting oleh Ikhda Rizky Nurbayu

Setiap ibu ingin memberikan segala hal yang terbaik untuk buah hatinya, termasuk asupan yang masuk dalam tubuh Si Kecil. Sebelum melahirkan, Moms juga bisa menjaganya lho, misalnya dengan mengonsumsi susu ibu hamil.

Susu adalah bagian penting dari diet yang seimbang, terutama selama kehamilan. Menurut The Journal of Perinatal Education, seorang ibu hamil dapat mengonsumsi hampir dua hingga tiga porsi susu sehari. Hal ini akan membantu memenuhi kebutuhan gizi ibu serta janin yang sedang berkembang.

Protein susu juga memiliki kesembilan asam amino esensial yang penting untuk pertumbuhan, perkembangan, dan kelangsungan hidup manusia, termasuk janin di dalam kandungan kita. Makanya penting bagi seorang ibu hamil, untuk mengonsumsi susu ibu hamil sebagai tambahan nutrisi untuk ibu hamil. Pertumbuhan dalam kandungan merupakan masa krusial lho Moms, karena saat itulah otak sedang berkembang.

Baca Juga: Perlukah Minum Susu Khusus Ibu Hamil?

Melalui susu, Moms bisa mendapatkan asupan seperti kalsium, protein, dan vitamin yang berguna bagi pertumbuhan janin.

Lalu jenis susu apa saja yang baik untuk dikonsumsi ibu hamil yang memiliki nilai gizi, dan memiliki manfaat yang tepat untuk ibu hamil? Berikut penjelasannya.

Mengenal Jenis Susu Ibu Hamil

Secara umum susu itu bermacam-macam jenisnya. Namun, dua tipe dasar yang sering dijumpai adalah susu full fat dan low fat atau skim. Apakah Moms memilih susu skim atau susu murni, penting untuk memilih susu yang dipasteurisasi. Susu mentah biasanya mengandung bakteri, yang bisa berbahaya bagi Moms dan bayi yang belum lahir.

Center for Disease Control and Prevention (CDC) di Amerika Serikat merekomendasikan wanita hamil menghindari makanan yang terbuat dari susu yang tidak dipasteurisasi.

Nah, agar Moms tidak bingung, berikut ini adalah jenis susu yang bisa dikonsumsi oleh Moms yang sedang hamil. Di bawah ini terdaftar berbagai jenis susu yang dapat Moms pilih:

  • Susu rendah lemak / double toned atau skim

Susu skim rendah lemak dan salah satu pilihan terbaik untuk membuat Moms tetap bugar dan sehat selama kehamilan. Ini juga mengandung nutrisi penting yang membantu pertumbuhan dan struktur tulang bayi.

Satu gelas (250 ml) susu rendah lemak menawarkan 309 mg kalsium, yang penting bagi ibu dan janin yang sedang berkembang. Penelitian mengatakan bahwa dua hingga tiga gelas susu rendah lemak (atau tiga porsi produk susu) adalah pilihan bijak selama kehamilan.

  • Susu murni atau susu full cream

Susu murni mengandung lemak dan nutrisi berlebih. Menurut jurnalFood Source of Calcium, satu gelas susu mengandung 150 kalori sedangkan susu skim hanya memiliki 83 kalori . Total lemak jenuh per 100 gram susu murni adalah 1,6 gram dan 0,056 gram susu skim.

Jadi, susu murni bisa menjadi bagian dari makanan kita jika dokter menganjurkannya. Namun, berhati-hatilah karena kehamilan tidak menuntut kelebihan lemak. Jumlah lemak yang tinggi selama kehamilan dapat menyebabkan penambahan berat badan berlebih.

Susu berasal dari berbagai sumber, termasuk hewan dan tumbuhan. Mulai dari susu sapi hingga susu kambing, susu beras, dan susu almond, masing-masing jenis memiliki nilai gizi dan rasa yang berbeda, yang perlu Moms ketahui sebelum mencobanya.

1. Susu Rendah Lemak

jenis susu untuk ibu hamil

Foto: momjunction.com

Dilansir dari Mom Junction, susu skim rendah lemak adalah jenis susu ibu hamil terbaik untuk membuat tubuh bugar dan sehat. Susu ini juga mengandung nutrisi penting yang membantu pertumbuhan dan struktur tulang bayi.

Satu cangkir susu rendah lemak memberikan 302 mg kalsium, yang cukup untuk melindungi anak dari kekurangan kalsium setelah lahir.

Baca Juga: Benarkah Susu Persiapan Kehamilan Bikin Cepat Hamil?

2. Susu Murni atau Susu Full Cream

Jenis susu ibu hamil ini mengandung lemak dan nutrisi berlebih. Satu cangkir susu penuh menawarkan 146 kalori sedangkan susu skim hanya memiliki 83 kalori. Ini adalah pilihan ideal, namun pastikan Moms tidak memiliki kelebihan berat badan.

3. Susu yang Dipasteurisasi

jenis susu untuk ibu hamil

Foto: dairyreporter.com

Jika Moms memilih susu skim maupun susu murni, sangat penting untuk memastikan bahwa jenis susu ibu hamil yang Moms konsumsi sudah dipasteurisasi.

Susu mentah biasanya mengandung bakteri, yang bisa berbahaya bagi Moms dan janin di dalam kandungan. Pemanasan ASI dapat mengendalikan pertumbuhan bakteri. Center for Disease Control and Prevention (CDC) merekomendasikan ibu hamil untuk menghindari makanan yang terbuat dari susu yang tidak dipasteurisasi.

Baca Juga: Alergi Susu Ibu Hamil, Apa yang Harus Dilakukan?

4. Susu Kedelai

Susu ini diperoleh dengan menggiling kedelai yang direndam air. Jenis susu ibu hamil ini bebas lemak, utuh, dan beraroma. Selain itu, dilengkapi juga dengan serat dan kalsium yang sama dengan susu sapi.

Susu kedelai bebas kolesterol dan memasok kalsium dalam jumlah yang baik untuk janin dan ibu. Segelas susu kedelai menawarkan kalsium sebanyak 300mg.

Kandungan lemak tak jenuh tunggal dan tak jenuh ganda yang dimiliki juga mungkin dapat membantu melawan penyakit kardiovaskular. Ia juga memiliki antioksidan yang dapat membantu melawan kanker dan efeknya.

Menurut Julie Redfern, ahli gizi senior di Departemen Obstetri dan Ginekologi di Brigham and Women's Hospital di Boston, susu kedelai adalah alternatif rendah lemak yang bagus untuk susu sapi. Pastikan untuk memilih merek yang telah menambahkan kalsium.

5. Susu Beras

jenis susu untuk ibu hamil

Foto: mom.girlstalkinsmack.com

Jenis susu ibu hamil ini disiapkan dengan mencampurkan beras dengan air. Susu beras tersedia dalam varietas yang diperkaya skim, berasa, kalsium atau protein. Susu beras mengandung empat kali lebih banyak karbohidrat daripada susu sapi dan tidak ideal untuk wanita penderita diabetes.

Tidak hanya itu, jenis susu satu ini juga mengandung vitamin B tingkat tinggi dan memiliki kandungan rendah lemak. Diperkaya juga dengan kalsium, rendah protein dan tinggi antioksidan. Satu cangkir susu beras dapat menyediakan 118mg kalsium.

6. Susu Almond

Moms pasti sudah tidak asing lagi dengan susu almond. Susu untuk ibu hamil satu ini menjadi alternatif terbaik terutama bagi mereka yang tidak toleran terhadap laktosa atau kedelai, karena dibuat dari kacang almond dan air yang dihaluskan.

Dalam jurnal U.S. Department of Agriculture, susu ini dinyatakan bebas kolesterol dan lemak jenuh. Satu cangkir susu beras diketahui menyediakan 197mg kalsium. Moms juga akan mendapatkan asupan serat, asam folat, vitamin B dan E, protein, kalsium, dan zat besi dari susu ini. Mengandung antioksidan yang meningkatkan sistem kekebalan tubuh juga lho.

Baca Juga: 5 Manfaat Susu Almond Dibanding Susu Lainnya

7. Susu Gandum

susu baik untuk ibu hamil

Foto: bluediamondalmonds.co.uk

Susu gandum bisa menjadi pilihan susu ibu hamil untuk Moms agar tidak mual. Bukan hanya itu, kandungan serat yang tinggi pada susu oat bisa mencegah sembelit saat hamil. Ini mungkin juga membantu mengendalikan keinginan makan, memantau kadar gula dalam darah, dan membantu mengangkut oksigen ke sel.

Serat makanan utama yang dimiliki susu oat adalah beta-glukan. Beta-glukan diyakini memiliki sifat nutraceutical yang membantu menjaga kadar glukosa darah. Ia juga dikenal memiliki efek hipokolesterolemik.

Jenis susu ini kaya vitamin A dan B, dan beberapa mineral seperti kalium, mangan, dan fosfor. Kandungan proteinnya pun lebih banyak dari susu almond atau beras tapi lebih sedikit dari susu sapi.

8. Susu Sapi

Ini adalah jenis susu yang paling sering dikonsumsi dan tersedia dalam pilihan utuh, bebas lemak, skim dan rasa. Kaya akan asam amino, sehingga bisa membantu membangun sel dalam tubuh ibu dan bayi

Selain itu, susu sapi juga mengandung:

  • Vitamin E bertindak sebagai antioksidan dan membantu mengontrol kerusakan akibat radikal bebas.
  • Vitamin A, baik untuk penglihatan, membantu membangun jaringan sehat dan meningkatkan kekebalan.

Satu gelas susu sapi menyediakan 240 mg kalsium untuk ibu hamil.

9. Susu Kambing

ibu hamil bisa mengonsumsi susu untuk tambahan nutrii

Foto: parenting.firstcry.com

Meskipun tidak terlalu populer dijadikan susu ibu hamil, tapi susu kambing memiliki gizi yang tinggi. Jenis susu ini memiliki rasa yang tidak biasa dan tersedia dalam bentuk susu segar dan susu UHT (diproses dengan suhu sangat tinggi).

Menurut jurnal yang diterbitkan oleh United States Department of Agriculture, dibandingkan dengan susu sapi, susu kambing memiliki kandungan protein dan lemak yang lebih tinggi, kalori yang tinggi, dan butiran lemak mentega yang lebih kecil, serta jumlah vitamin B2 yang lebih tinggi.

Susu kambing memiliki lebih banyak asam lemak esensial seperti asam linoleat dan asam arakidonat, dan asam lemak rantai menengah daripada susu sapi. Susu sapi juga memiliki kandungan vitamin A yang tinggi langsung diserap tubuh. Selain itu, ada juga vitamin B2 dalam jumlah yang baik yang merangsang produksi antibodi, sehingga menjaga sistem kekebalan tubuh yang sehat. Satu cangkir susu kambing utuh memberikan 134mg kalsium.

10. Susu Kelapa atau Santan

Satu cangkir santan menghasilkan 76Kkal, yang sebagian besar berasal dari gula dan lemak total tetapi protein total hampir dapat diabaikan. Susu ini memiliki sejumlah besar lemak jenuh yang terdiri dari MCT berkualitas. Beberapa MCT seperti asam laurat dan kaprat di dalamnya dikaitkan dengan manfaat kesehatan.

Santan memiliki hampir 459 mg kalsium, yang merupakan jumlah yang cukup banyak jika dibandingkan dengan susu dari sumber hewani lainnya. Namun pilihan mengonsumsi santan selama kehamilan sebaiknya dilakukan di bawah bimbingan dokter kandungan ya Moms.

Baca Juga: 3 Resep Masakan Santan yang Kaya Rempah

11. Susu Kunyit

susu kunyit untuk ibu hamil

Foto: yummyfoodrecipes.com

Susu kunyit atau kesar dibuat dengan menambahkan sedikit kunyit ke dalam susu. Penggunaan kunyit dalam susu selama kehamilan adalah cara tradisional yang sudah digunakan sejak dahulu kala. Cara menambahkan kunyit dalam susu dipercaya dapat membantu dalam:

  • meningkatkan pencernaan dan nafsu makan selama hamil
  • bekerja sebagai antidepresan mengontrol stres dan mungkin dapat membantu mengelola perubahan suasana hati
  • membantu meredakan mual dan sembelit
  • bertindak sebagai pelemas otot
  • mengontrol gejala flu biasa

12. Susu Kental

Ini adalah jenis susu sapi kering yang dicampur dengan tambahan gula, namun juga tersedia dalam bentuk tanpa pemanis. Susu ini aman dikonsumsi selama kehamilan karena terbuat dari susu pasteurisasi biasa yang direbus hingga diperoleh konsistensi yang kental. Sifat nutrisinya juga sama dengan susu utuh atau susu skim.

Itu dia Moms beberapa jenis susu ibu hamil yang bisa Moms coba. Pastikan sudah dipasteurisasi ya Moms!

Artikel Terkait