PASCA MELAHIRKAN
31 Mei 2019

Apa Penyebab dan Cara Mengatasi Ambeien Pascamelahirkan?

Penyebab ambeien pascamelahirkan hingga cara mencegah ambeien
placeholder
placeholder
Artikel ditulis oleh Adeline Wahyu
Disunting oleh Intan Aprilia

Ambeien atau wasir setelah melahirkan merupakan hal yang wajar. Ambeien sendiri adalah pembuluh darah vena di daerah dubur yang membengkak.

Bentuknya seperti daging yang muncul di daerah dubur, dan bisa muncul dalam berbagai ukuran mulai dari sebesar biji buah hingga seukuran buah anggur. Hal ini bisa menyebabkan pendarahan saat kita buang air besar.

Meski Moms sebelumnya tidak pernah menderita ambeien, ia tetap dapat muncul. Sedangkan bagi Moms yang sebelumnya pernah mengalami ambeien, besar kemungkinan hal ini akan muncul kembali.

Agar lebih paham mengenai ambeien pascamelahirkan, yuk kita simak ulasannya!

Baca Juga: Stres Pasca Melahirkan, Tanda Mama Menderita Baby Blues Syndrome

Penyebab Ambeien Pascamelahirkan

Ambeien Pascamelahirkan

Untuk Moms yang mungkin belum tahu, ambeien saat hamil bisa muncul akibat adanya tekanan dari rahim yang membesar pada ibu hamil.

"Kemudian ditambah adanya peningkatan aliran darah ke daerah panggul selama kehamilan, sehingga menyebabkan pembuluh darah di dinding dubur membengkak membentuk tonjolan," jelas dr. Thomas Chayadi, Dokter Spesialis Kebidanan dan Kandungan RS Pondok Indah – Puri Indah.

Selain itu, ambeien juga berkaitan dengan sembelit. Ketika ibu hamil mengalami sembelit, dia harus mengejan agar kuat saat proses buang air besar, akibatnya terjadi peningkatan tekanan pada rektum dan perineum, serta tekanan pada pembuluh darah yang kemudian menyebabkan mereka membengkak dan membentuk tonjolan.

"Ibu hamil yang berdiri terlalu lama juga dapat menjadi faktor yang berkontribusi terhadap terjadinya wasir. Ambeien pascamelahirkan bisa juga terjadi sebagai akibat dari mengejan atau mendorong bayi selama persalinan lho," lanjutnya.

Baca Juga: Bisakah Hamil Lagi Usai KB Steril? Inilah Info Penting Tentang Tubektomi

Mengatasi Ambeien Pascamelahirkan

Ambeien Pascamelahirkan

Untuk itu, kita perlu berhati-hati agar tidak menderita ambeien pascamelahirkan. Berikut ini ada beberapa tips dari dr. Thomas Chayadi untuk mencegah ambeien.

1. Hindari Sembelit

Sebenarnya ambeien selama masa kehamilan itu biasanya akan hilang dengan sendirinya setelah melahirkan.

Namun supaya tidak terjadi atau bertambah parah, metode terbaik untuk mencegah ambeien selama kehamilan adalah untuk tetap teratur meningkatkan cairan dan asupan serat untuk menghindari sembelit.

Moms bisa perbanyak makan sayuran, buah-buahan, biji-bijian, kacang-kacangan, dan kacang polong.

2. Senam Kegel

Senam kegel adalah latihan untuk mengencangkan otot panggul bawah kita, karenanya badan dan anggota tubuh yang lain tidak perlu ikut bergerak.

Dengan melakukan senam kegel, Moms dapat mencegah ambeien pascamelahirkan karena dapat meningkatkan sirkulasi ke daerah rektum.

3. Tidur Menyamping

Pada saat hamil, perbanyaklah tidur menyamping, bukan telentang. Hal ini berguna untuk mengurangi tekanan pada daerah bokong dan meringankan tekanan pada pembuluh darah di dubur.

Baca Juga: 5 Pengobatan Alami untuk Sembelit Bagi Ibu Hamil

4. Hindari Berdiri atau Berjongkok Terlalu Lama

Duduk dan berdiri terlalu lama tanpa diselingi peregangan atau pelemasan tubuh dan sering mengangkat benda-benda berat dalam satu waktu juga dapat menjadi penyebab ambeien.

5. Jangan Terlalu Lama di Toilet

Jangan regangan atau berlama-lama di toilet karena hal ini bisa menjadi penyebab umum ambeien.

"Jika tidak bisa mengeluarkan kotoran, jangan dipaksa. Hindari memaksa kotoran keluar dengan mengejan," ujar dr. Thomas.

Baca Juga: 9 Makanan yang Tepat untuk Diet Pasca Melahirkan agar ASI Tidak Seret

6. Jangan Mengusap Dubur terlalu Keras

Disarankan menggunakan air hangat setelah buang air besar. Jangan mengusap bagian dubur terlalu keras karena dapat menimbulkan iritasi pada jaringan yang sensitif.

Moms dapat menggunakan tisu toilet untuk bagian belakang yang sensitif. Ingat untuk berhati-hati ya.

7. Redakan Nyeri dengan Bantalan Es

Coba gunakan bantalan es untuk meredakan nyeri akibat ambeien pascamelahirkan. Mandi dengan air hangat dapat mengurangi ketidaknyamanan juga.

Jika Moms benar-benar tidak nyaman saat duduk, gunakan bantalan duduk yang kebanyakan berbentuk seperti donat untuk membuat ambeien tidak terlalu sakit.

Nah Moms, itu dia beberapa cara untuk mencegah ambeien pascamelahirkan. Tetap berhati-hati walaupun tidak memiliki riwayat penyakit satu ini ya!

Artikel Terkait