KEHAMILAN
11 Desember 2019

Apa Penyebab dan Gejala Morning Sickness Saat Hamil? Ini Jawabannya

Moms mengalami morning sickness? Cari tahu penyebab dan gejalanya di sini!
placeholder
placeholder
Artikel ditulis oleh Orami
Disunting oleh Orami

Berbagai macam perubahan terjadi saat Moms hamil. Tidak hanya perubahan fisik yang terjadi, ada hal-hal baru yang juga bisa Moms alami. Salah satunya adalah morning sickness atau mual dan muntah.

Tentu saja hal ini tidak mudah dan tidak begitu menyenangkan. Walaupun morning sickness tidak membahayakan nyawa Moms dan janin, tetapi jika terjadi terus menerus pasti bisa mengganggu serta membuatMoms tidak nyaman. Akhirnya, aktivitas sehari-hari pun terkena imbas.

Baca juga: Ibu yang Tidak Mengalami Morning Sickness Ternyata Wajar Lho! Ini 5 Alasannya

Biasanya morning sickness terjadi pada masa awal kehamilan atau memasuki trimester pertama. Bisa terjadi kapan saja, tidak selalu di pagi hari, tetapi juga bisa terjadi pada siang, sore, dan malam hari.

Dilansir dari parents.com, Dr. Marjorie Greenfield, selaku dokter kandungan dan penulis buku The Working Woman’s Pregnancy Book mengungkapkan, sekitar 70 persen mengalami mual di awal kehamilan dan 50 persen mengalami muntah.

"Hal ini sangat, sangat umum terjadi, tetapi juga sangat bervariasi. Ada ibu hamil yang merasa sakit sepanjang hari, sebagian di malam hari, dan yang lainnya merasakan sakit ketika kurang tidur," ungkap Dr. Marjorie.

Penyebab Morning Sickness

246882316-H.jpg

Foto: cdn.cdnparenting.com

Sebenarnya penyebab morning sickness saat hamil belum terlalu jelas. Namun, dilansir dari American Pregnancy Association, morning sickness bisa dikaitkan dengan adanya Human Chorionic Gonadoptrin (hCG). hCG ini merupakan sebuah hormon yang diproduksi tubuh setelah sel telur dibuahi dan menempel pada lapisan rahim, yang terjadi selama masa kehamilan.

Baca Juga: Kurangi Morning Sickness dengan Makanan-Makanan Ini!

Namun sekali lagi, apakah hal ini yang menyebabkan morning sickness belum terlalu jelas, tetapi karena keduanya memuncak pada waktu yang sama, maka dianggap memiliki hubungan atau ikatan.

Ada beberapa teori lainnya yang menyebabkan morning sickness terjadi, yaitu adanya hormon estrogen yang naik selama masa kehamilan dan bisa meningkatkan rasa mual, perut yang cukup sensitif saat sedang beradaptasi dengan perubahan kehamilan, stres dan kelelahan.

Gejala Morning Sickness

pregnancy-emotional-mood-sadness 1440.jpg

Foto: babymed.com

Adapun beberapa gejala morning sickness saat hamil yang harus Moms ketahui, diantaranya adalah rasa mual, muntah, kelelahan, pusing, sensitif terhadap bau, haus, dan sebagainya. Mual dan muntah biasanya akan hilang setelah kehamilan mencapai usia 12-14 minggu.

Baca Juga: 5 Tips Atasi Morning Sickness (PART 1)

Apabila Moms mengalami morning sickness yang berat dan mengakibatkan tidak ada asupan makanan dan minuman yang masuk ke dalam tubuh, sebaiknya segera hubungi dokter kandungan untuk mendapatkan tindakan medis yang tepat.

Pasalnya, ketika Moms mengalami morning sickness yang parah bisa menyebabkan tubuh mengalami dehidrasi dan kekurangan nutrisi.

MA/KM

Artikel Terkait