KESEHATAN
25 September 2019

Apa Penyebab Depresi? Simak Faktor-Faktornya dan Waspadai, Ya, Moms!

Meskipun apa yang menyebabkan depresi tidak dapat dijelaskan secara sederhana, sejumlah hal sering dikaitkan dengan kemunculannya.
placeholder
placeholder
Artikel ditulis oleh Heni
Disunting oleh Heni

Depresi biasanya muncul sebagai hasil dari kombinasi peristiwa baru dan faktor masalah jangka panjang, atau masalah pribadi lainnya. Jarang ada depresi yang muncul karena satu masalah, atau kejadian yang tiba-tiba.

Apa saja yang mungkin menyebabkan depresi? Mari kita simak bersama!

1. Peristiwa Kehidupan

Apa yang Menyebabkan Depresi? 03 masalah pribadi freepik com.jpg

Foto: freepik.com

Penelitian menunjukkan bahwa kesulitan yang berkelanjutan--menganggur lama, hidup dalam hubungan yang kasar, isolasi jangka panjang atau kesepian, stres kerja yang berlarut--lebih mungkin menyebabkan depresi daripada tekanan kehidupan yang muncul tiba-tiba.

“Namun, peristiwa terkini (seperti kehilangan pekerjaan) atau kombinasi berbagai peristiwa dapat 'memicu' depresi. Terutama jika Anda sudah memiliki pengalaman buruk sebelumnya,” ungkap Andrew Angelino, MD, Ketua Psikiatri di Rumah Sakit Umum Howard County, AS.

Baca juga: 3 Cara Mengobati Kesedihan Mendalam Setelah Suami Meninggal Dunia

2. Faktor Pribadi

Apa yang Menyebabkan Depresi? 02 masalah panjang freepik com.jpg

Foto: freepik.com

Keluarga

Depresi dapat terjadi dalam keluarga dan menurun sebagai risiko genetik. Namun, memiliki orang tua atau kerabat dekat dengan depresi tidak berarti kita secara otomatis memiliki pengalaman yang sama. Kondisi kehidupan dan faktor pribadi lainnya masih lebih menentukan daripada faktor keturunan.

Kepribadian

“Beberapa orang mungkin lebih berisiko mengalami depresi karena kepribadian mereka. Terutama jika mereka memiliki kecenderungan untuk banyak khawatir, memiliki konsep diri rendah, perfeksionis, sensitif berlebih terhadap kritik, atau terlalu kritis terhadap diri sendiri hingga memiliki pandangan negatif,” papar dr. Angelino.

Baca juga: Menghadapi Suami dengan Gangguan Kepribadian

Penyakit medis serius

Stres dalam menghadapi dan menjalani perawatan penyakit serius dapat menyebabkan depresi, terutama jika sakitnya kronis.

Kecanduan obat-obatan dan alkohol

Kecanduan obat-obatan dan alkohol bisa jadi penyebab atau diakibatkan depresi. Banyak orang dengan depresi juga memiliki masalah kecanduan narkoba dan alkohol.

Baca juga: 5 Cara Lindungi Anak dari Bahaya Merokok, Miras, dan Narkoba

Perlu Diingat!

Apa yang Menyebabkan Depresi? 04 adiksi freepik com.jpg

Foto: freepik.com

Setiap individu berbeda. Kita tidak selalu dapat mengidentifikasi penyebab depresi. Yang paling penting adalah mengenali tanda dan gejalanya, dan langsung berkonsultasi dengan dokter untuk mendapat dukungan.

Artikel Terkait