KESEHATAN
18 Februari 2018

Apa Penyebab Ukuran Rahim Kecil?

Biasanya rahim kecil akan menimbulkan gangguan menstruasi.
placeholder
placeholder
Artikel ditulis oleh Intan Aprilia
Disunting oleh Intan Aprilia

Tanya:

Ketika di USG, ukuran rahim saya itu kecil. Saya juga memiliki masalah menstruasi yang tidak normal. Sudah 3 bulan terakhir saya tidak mengalami menstruasi.

Apakah ukuran rahim yang kecil menjadi penyebab menstruasi saya bermasalah dan apakah saya bisa memiliki ukuran rahim yang normal?

Jawab:

Rahim kecil dikenal juga dengan istilah hipoplasia uterus. Pada dasarnya masalah ini merupakan bawaan dan didapat sejak lahir, biasanya merupakan suatu gangguan perkembangan seksual disfungsional.

Sebagian besar pasien dengan kondisi seperti ini mengalami gangguan menstruasi atau sulit menstruasi.

Penanganannya agak sulit dan biasanya tidak diharapkan menjadi normal. Biasanya pasien akan diminta untuk menjalani pemeriksaan kadar hormon dan USG.

Kemudian, dilakukan hormonal replacement theraphy (HRT) biasanya dengan menggunakan preparat yang mengandung kombinasi estradiol dan norgestrel selama beberapa bulan (biasanya sekitar 6 bulan atau 6 siklus). Setelah itu biasanya kadar hormon akan diperiksa kembali dan di USG ulang.

Pada banyak kasus, setelah terapi pengganti hormon dimulai, menstruasi menjadi lebih lancar dan seringkali setelah di USG ulang ukuran rahim bertambah, tetapi pada akhirnya setelah terapi hormon dihentikan biasanya kembali seperti semula.

Dijawab oleh dr. Yohana Margarita

Sumber: meetdoctor.com

Artikel Terkait