TRIMESTER 3
4 Juli 2019

Apa Saja Facial yang Aman Dilakukan Ibu Hamil?

Mempercantik diri saat hamil? Mengapa tidak!
Artikel ditulis oleh Orami
Disunting oleh Intan Aprilia

Menjadi cantik saat hamil mungkin menjadi hal yang diinginkan oleh Moms. Tentu saja perawatan wajah menjadi penting sebab dengan perawatan dapat membantu untuk membersihkan pori-pori yang tersumbat oleh minyak ekstra yang disebabkan oleh perubahan hormon.

“Tetapi selain menjadi berminyak (atau kering atau kombinasi keduanya) kulit Anda ekstra sensitif selama kehamilan, jadi ingatlah itu jika Anda menjadwalkan perawatan wajah,” ujar Melani L Adams, seorang dermatologist dari John Hopkins Hospital.

Menurutnya, pastikan Moms melakukan perawatan yang bebas bahan kimia sebab kulit dapat menyerap bahan kimia tersebut. Maka penting bagi Moms untuk bertanya kepada salon atau tempat perawatan bahan-bahan yang digunakan. Nah, mari kita cari tahu apa perawatan wajah yang aman untuk ibu hamil!

Baca Juga: Kapan Anak Boleh Melakukan Perawatan di Klinik Kecantikan?

Perawatan Wajah yang Aman untuk Ibu Hamil

perawatan wajah yang aman untuk ibu hamil

Facial menjadi salah satu perawatan yang umum dilakukan oleh perempuan. Maka ada baiknya, Moms memilih facial yang aman untuk wajah.

Salah satu perawatan wajah yang aman untuk ibu hamil adalah facial oksigen. Jenis facial ini dapat meningkatkan sirkulasi, meningkatkan pembaruan seluler, dan membuat garis-garis halus dan kerutan.

Perawatan wajah yang aman untuk ibu hamil berikutnya adalah facial hydrating. Dalam perawatan wajah ini, Moms akan menggunakan produk yang membuat kulit menjadi lembap. Tentu perawatan ini sangat cocok untuk kulit kering selama kehamilan.

Perawatan wajah yang aman untuk ibu hamil lainnya yakni facial deep-cleansing. Proses ini biasanya membuat pengelupasan kulit, ekstraksi, masker dan pelembap. Jika dalam perawatan ini, Moms sangat bisa mengurangi minyak dan kotoran yang jadi penyebab jerawat.

Tidak hanya perawatan wajah saja, Moms bisa melakukan berbagai perawatan kecantikan. Misalnya saja pijat. Pijatan adalah cara yang sempurna untuk menghilangkan rasa sakit dan sakit kehamilan Moms dan untuk membantu Moms rileks dan melupakan tekanan dari menjadi ibu. Tentu saja, Moms harus memastikan bahwa tukang pijat bersertifikat.

Bagaimana dengan kesehatan kuku seperti manikur dan padikur? Ini tergantung pada lokasi manikur dan padikur. Sebab, ruangan yang tidak berventilasi berbahaya. Moms bisa mengirup bahan kimia yang dipakai. Moms juga lebih berisiko mengalami infeksi, jadi pastikan mereka membersihkan semua alat dengan benar.

Baca Juga: 6 Mitos Soal Perawatan Kulit Wajah yang Selama Ini Dipercaya

Aturan Melakukan Perawatan Wajah yang Aman untuk Ibu Hamil

perawatan wajah yang aman untuk ibu hamil

Secara umum, Moms harus mengetahui aturan umum dalam melakukan berbagai perawatan wajah termasuk ibu hamil facial.

Pertama, jangan menaikkan suhu tubuh inti di atas 39 derajat celcius. Penelitian telah menentukan ini adalah suhu maksimum yang harus Moms perhatikan agar menjaga kesehatan ibu hamil dan bayi.

Jangan gunakan bahan kimia keras langsung pada kulit. Jika menyentuh kulit Moms, itu dapat diserap ke dalam aliran darah dan bayi bergantung pada darah itu. Jika akan ada bahan kimia yang keras di dalam ruangan, pastikan ruangan itu berventilasi baik.

Baca Juga: 5 Bahan Skincare yang Aman untuk Ibu Hamil

Pastikan bahwa Moms selalu memberi tahu profesional yang melayani bahwa Moms sedang hamil. Hindari perawatan yang bersifat abrasif, seperti mikrodermabrasi. Juga berbagai jenis perawatan seperti aromaterapi, retinoid, pengelupasan kimia dan batu panas.

Sebagai gantinya, pilih perawatan wajah dan tubuh yang menekankan relaksasi. Hindari perawatan yang melakukan stimulasi elektronik atau yang mengandung bahan kimia berbahaya.

Itu dia beberapa perawatan wajah yang aman untuk ibu hamil. Pastikan terlebih dahulu bahwa Moms memilih tempat yang tepat untuk ibu hamil. Apakah Moms pernah melakukan facial saat hamil?

(GSA)

Artikel Terkait