KESEHATAN
24 Juni 2019

Apa Saja Makanan yang Banyak Dimakan Tanpa Takut Gemuk?

Kentang rebus, telur, dan buah apel
placeholder
placeholder
Artikel ditulis oleh Ikhda Rizky Nurbayu
Disunting oleh Intan Aprilia

Salah satu nasihat yang sering diberikan bagi mereka para pelaku diet adalah makan sampai merasa kenyang. Tetapi masalahnya adalah jenis makanan yang berbeda juga mempunyai efek berbeda untuk memberikan rasa kenyang.

Misalnya saja 200 kalori dari dada ayam mungkin bisa memuat Moms merasa kenyang, namun butuh 500 kalori dari kue/cakes untuk memiliki efek yang sama.

Jadi, dalam usaha penurunan berat badan bukan hanya soal makan makanan sampai Moms merasa kenyang. Namun, lebih tentang memilih makanan yang tepat untuk membuat Moms merasa kenyang tetapi dalam kalori yang paling sedikit. Bila Moms ingin makan banyak tanpa takut gemuk, ini dia makanan yang bisa dikonsumsi!

Baca Juga: Diet Mediterranean, Cara Terbaik Menurunkan Berat Badan di Tahun 2019

Karakteristik Makanan Rendah Kalori

rendah kalori

Foto: minimalwellness.com

Menurut UN National Library of Medicine National Institute of Health, banyak faktor yang menentukan nilai rasa kenyang pada suatu makanan, berikut datanya:

1. Tinggi Volume

Penelitian menunjukkan bahwa volume pada sebuah makanan yang dikonsumsi berpengaruh untuk memengaruhi rasa kenyang. Saat Moms mengonsumsi makanan yang mengandung banyak air atau udara, volumenya akan meningkat tanpa menambahkan kalori.

2. Tinggi Protein

Penelitian menunjukkan protein lebih dapat meningkatkan rasa kenyang lebih tinggi daripada karbohidrat dan lemak. Maka dari itu diet protein lebih tinggi akan lebih baik daripada Moms melakukan diet rendah protein.

3. Tinggi Serat

Serat dapat memberikan rasa kenyang lebih cepat. Hal ini juga dapat memperlambat gerakan makanan pada saluran pencernaan sehingga rasa kenyang akan bertahan lebih lama.

4. Kepadatan Energi yang Rendah

Ini berarti makanan rendah kalori dihitung karena beratnya. Makanan dengan kepadatan energi yang rendah bisa membantu Moms merasa kenyang dengan kalori yang lebih sedikit.

Jika Moms makan makanan dengan karakteristik di atas, maka Moms dapat menyantapnya sampai kenyang tanpa terlalu banyak kalori.

Baca Juga: 5 Kesalahan yang Sering Dilakukan saat Melakukan Diet

Jenis Makanan yang Dimakan Banyak Tanpa Takut Gemuk

rendah kalori

Foto: rachelschultz.com

Setelah tahu karakteristik makanan yang dapat Moms makan banyak tanpa takut gemuk, sekarang Moms perlu tahu jenis makanan apa saja itu? Ini dia daftar makanan yang sudah dirangkum menurut Healthline. Simak ya Moms!

1. Kentang Rebus

Terkadang banyak orang yang sedang diet selalu menghindari kentang karena kandungan karbohidratnya tinggi.

Menurut dr. Elisabeth Weichsalbaum, Nutrition Scientist, British Nutrition Foundation, London, kentang sarat akan vitamin, serat, dan berbagai nutrisi lainnya.

Salah satu nutrisi dalam kentang adalah pati resistan. Di mana pati resistan mengandung setengah kalori dari pati biasa. Dalam sistem pencernaan Moms, ini berfungsi seperti serat larut, membuat Moms merasa lebih kenyang.

Dengan pati resistan, Moms dapat membantu memuaskan rasa lapar, sehingga membuat orang makan lebih sedikit kalori.

2. Telur

Bila Moms ingin makan banyak tanpa takut gemuk, telur bisa menjadi salah satu pilihannya. Telur adalah makanan yang sangat sehat dan tinggi dalam beberapa nutrisi penting. Salah satu nutrisi pentingnya adalah protein yang bisa ditemukan pada kuning telur, selain itu juga mengandung asam amino esensial.

Menurut studi yang dilakukan oleh Department of Nutritional Sciences, University of Connecticut, Storrs, USA, orang yang makan telur untuk sarapan akan lebih merasa kenyang dan mengonsumsi lebih sedikit kalori sepanjang hari daripada mereka sarapan dengan roti atau bagel.

Baca Juga: 10 Kebiasaan Ini Bikin Gampang Sakit dan Tambah Gemuk

3. Apel

Seperti yang kita tahu Moms, kalau buah-buahan menjadi bagian penting dari diet sehat. Menurut Department of Biochemistry, University of Sydney, Australia, buah apel mempunyai skor sangat tinggi pada indeks kenyang.

Buah apel mengandung lebih dari 85% air yang mampu menyediakan volume dan meningkatkan rasa kenyang tanpa menambah kalori. Perlu Moms catat, lebih baik mengonsumsi buah padat daripada sari buah atau jus buah yang keduanya tidak terlalu mengenyangkan.

Masih ada makanan lain yang bisa Moms makan banyak tanpa takut gemuk seperti oatmeal, buah citrus, ikan, sayur-sayuran, dan popcorn tanpa gula atau mentega. Apakah ada yang Moms sukai? Share yuk Moms!

Artikel Terkait