KESEHATAN
15 Agustus 2019

Apa Saja Manfaat Pelukan? Cari Tahu di Sini Moms!

Bisa meningkatkan sistem kekebalan tubuh dan mengurangi rasa takut
Artikel ditulis oleh Adeline Wahyu
Disunting oleh Andra Nur Oktaviani

Pelukan tidak hanya identik dengan pelukan dari pacar saja. Kita semua menyukai pelukan, dekapan, merapat, apapun itu namanya, tidak ada yang lebih nyaman dibandingkan dengan pelukan yang hangat dengan orang lain, baik itu lama maupun sebentar.

Faktanya, pelukan bisa meningkatkan suasana hati kita, meningkatkan rasa percaya diri, dan membuat kita merasa aman dan terlindungi.

Kita tidak perlu menjalin sebuah hubungan untuk mendapatkan sebuah pelukan. Memeluk teman, saudara, binatang peliharaan atau boneka sekalipun, sama saja tetap bisa membuat seseorang memiliki mood yang bagus.

Selain itu, ada manfaat-manfaat pelukan lainnya. Apa saja? Yuk cek di bawah ini.

Baca Juga: Ternyata Ini 8 Manfaat Pelukan dengan Suami Setiap Hari

1. Meningkatkan Sistem Kekebalan Tubuh

pelukan, manfaat pelukan

Foto: healthcareinamerica.us

Manfaat pelukan yang pertama adalah meningkatkan sistem kekebalan tubuh. Tahukah jika stres dapat membuat Moms lebih rentan terhadap berbagai penyakit? Seperti masuk angin dan flu. Semakin stres, semakin besar kemungkinan terserang virus.

“Memeluk dapat melindungi seseorang yang sedang stres dari risiko penyakit flu yang biasanya timbul karena stres,” ungkap Sheldon Cohen, profesor psikologi di Carnegie Mellon University di Pennsylvania.

Penelitian menunjukkan bahwa mengurangi tingkat stres dengan mendapatkan banyak pelukan, bisa meningkatkan sistem kekebalan tubuh dan melindungi tubuh dari masalah kesehatan. Kalaupun sakit, gejala yang ditimbul tidak akan terlalu parah.

2. Membuat Tubuh Lebih Baik

pelukan, manfaat pelukan

Foto: terasjabar.id

Manfaat pelukan yang selanjutnya adalah membuat tubuh lebih baik. Pelukan yang hangat dan nyaman tidak hanya memberikan kesenangan dan hiburan, namun juga akan melepaskan hormon oksitosin yang dikenal juga dengan hormon cinta.

Hormon oksitosin akan membuat kita mendapatkan kehangatan yang berkaitan langsung dengan ikatan sosial dan tidak akan membuat kita merasa sendiri. Juga membangun hubungan yang lebih intim dengan orang yang memeluk kita.

Baca Juga: 7 Ciri Anak Bahagia

3. Menurunkan Tekanan Darah

pelukan, manfaat pelukan

Foto: halodoc.com

Manfaat pelukan yang selanjutnya adalah menurunkan tekanan darah. Setelah pelukan singkat atau dekapan yang lama, tentu kita akan merasa nyaman. Tidak hanya itu, ada juga manfaat fisik untuk tubuh lho.

Pelukan akan mengaktifkan sel-sel pacinian, reseptor pada tubuh yang merespons sentuhan dan mengirimkan sinyal ke otak untuk mengendalikan tekanan darah. Jadi pelukan sebenarnya bisa mengurangi risiko penyakit jantung dan stroke Moms.

4. Meningkatkan Romantisme dalam Hubungan

pelukan, manfaat pelukan

Foto: cnnindonesia.com

Manfaat pelukan yang selanjutnya adalah meningkatkan romantisme dalam hubungan. Berbicara mengenai sebuah hubungan percintaan, pelukan dapat meningkatkan romantisme kita dan pasangan, bahkan bisa dibilang penting.

Moms dan Dads bisa melakukannya saat akan tidur di malam hari. Dijamin akan meningkatkan kebahagiaan.

Sebuah studi oleh Richard Wiseman dari departemen psikologi di University of Hertfordshire mengungkapkan bahwa 94 persen pasangan yang berpelukan saat tidur bahagia dengan hubungan mereka.

Sementara hanya 68 persen yang tidak berpelukan saat tidur yang merasa bahagia.

Baca Juga: 6 Cara Hidupkan Romantisme Bersama Pasangan Saat Merencanakan Kehamilan

5. Mampu Mengurangi Rasa Takut

pelukan, manfaat pelukan

Foto: farnhamdentistry.com

Manfaat pelukan yang selanjutnya adalah mampu mengurangi rasa takut. Dalam penelitian tentang penghargaan diri dan ketakutan yang diterbitkan oleh Jurnal 'Ilmu Psikologi', mengungkapkan bahwa pelukan dapat mengurangi ketakutan kita.

Pelukan dengan orang, hewan peliharaan, atau boneka, dapat menenangkan ketakutan kita dan mengurangi tingkat kecemasan.

Itu dia beberapa manfaat dari pelukan yang baik untuk tubuh kita. Jadi jangan sepelekan pelukan yang kita dapatkan dari orang lain ya Moms.

Artikel Terkait