NEWBORN
19 Februari 2018

Apa Saja Sih yang Terkandung dalam Bedak Bayi?

Moms harus tahu apa saja kandungan di dalam bedak bayi.
placeholder
placeholder
Artikel ditulis oleh Intan Aprilia
Disunting oleh Intan Aprilia

Salah satu perlengkapan bayi wajib ada adalah bedak bayi. Selain membersihkan tubuh Si Kecil menggunakan sabun mandi, Ibu juga perlu menjaga kondisi kulitnya dengan membubuhkan bedak bayi. Produk ini sangat penting mengingat tubuh si Mungil kerap kali mengalami ruam dan iritasi, dan bedak bayi bisa mengurangi ketidak nyamanannya. Satu pertanyaan yang sering melintas di pikiran, apa sih yang ada dalam bedak bayi sehingga bisa meringankan ruam dan iritasi lain sekaligus membuat kulitnya lembut?

Baca juga: Bedak Bayi Sembuhkan Lecet & Ruam?

Bahan di Dalam Bedak Bayi

shutterstock 337613393

Bedak bayi pada umumnya dibuat dari satu bahan utama yakni talcum, namun tidak sedikit produk yang akhirnya dibuat dari bahan lain seperti bubuk jagung, bubuk ubi garut, bubuk gandum, atau bubuk tapioka.

Semua bahan tersebut mampu memberikan tingkat kekeringan pada kulit bayi dengan pas sehingga kulitnya tetap halus. Terutama talcum dan kanji jagung, keduanya memiliki daya serap yang baik terutama pada keringat dan urin.

Komposisi yang digunakan untuk membuat bedak bayi bisa berbeda-beda antara satu merek dengan merek yang lain. Namun secara garis besar, selain talcum atau bubuk lainnya, ternyata ada pula beberapa bahan lain yang terkandung dalam bedak bayi kita seperti:

- Silikon dioksida

- Magnesium oksida

- Kalsium oksida

- Oksida besi

- Aluminium oksida

- Oksida seng

- Benzoin

- Kalsium karbonat

Itu saja? Eits, masih ada bahan lain yang menyusun bedak bayi punya Si Kecil. Selain beberapa bahan di atas, nyatanya saat ini bedak bayi juga dilengkapi dengan ekstrak bahan organik dan juga beberapa minyak alami esensial, contohnya minyak vitamin E dan minyak kacang almond. Ketika diolah menjadi satu, semua bahan tersebut akan menghasilkan bedak dengan kemampuan istimewa yang anti bakteri dan anti jamur.

Baca juga: Waspadai Bahaya Parfum dalam Bedak Bayi

Bedak bayi tidak hanya mengandung senyawa kimia di atas karena ada juga beberapa produk yang tetap memasukkan bahan alami seperti lidah buaya, minyak lavender serta tumbuhan herbal lain.

Dalam satu produk biasanya bedak bayi akan mengandung satu bahan organik saja yang bisa dilihat pada kemasan. Jadi, Moms bisa memilih kandungan bahan alami apa yang ingin diberikan pada buah hati agar kulitnya senantiasa sehat berseri.

Selalu perhatikan bahan apa saja yang terkandung dalam bedak bayi dan hindari pula produk yang mengandung terlalu banyak pewangi atau parfum demi kesehatan Si Kecil. Parfum diyakini dapat menyebabkan alergi pada bayi kita lho, Moms.

Nah, setelah mengetahui gambaran umum tentang bahan yang pasti dikandung oleh bedak bayi, sekarang Moms bisa memilih produk bedak bayi mana yang paling sesuai dengan kebutuhan buah hati.

(DIKY)

Artikel Terkait