KESEHATAN
18 September 2019

Penting untuk Anak, Apa Saja Manfaat Imunisasi BCG?

Imunisasi BCG sudah lazim diberikan ke bayi. Namun, tahukah Moms, apa sih manfaat imunisasi BCG?
Artikel ditulis oleh Ryo
Disunting oleh Ryo

Imunisasi BCG adalah suntikan yang diberikan kepada anak-anak yang memiliki risiko lebih tinggi terkena Tuberkulosis (TB). Vaksin BCG membantu sistem kekebalan anak Anda melawan kuman yang menyebabkan TB, dan membantu menghentikan mereka dari mendapatkan penyakit TB yang serius.

BCG merupakan kepanjangan dari Bacillus Calmette-Guérin. Di Indonesia, imunisasi BCG umumnya dilakukan pada bayi yang baru lahir hingga berusia 3 bulan. Bila usia bayi sudah 3 bulan, harus dilakukan tes tuberculin sebelum divaksin.

Tes tuberkulin yang sering disebut tes Mantoux, dilakukan dengan cara menyuntik protein kuman TB (antigen) pada lapisan kulit lengan atas. Kulit akan bereaksi terhadap antigen, bila sudah pernah terpapar kuman TB. Reaksi tersebut berupa benjolan merah pada kulit di area penyuntikan.

Baca Juga: Pentingkah Si Kecil Diberikan Imunisasi Tambahan?

Imunisasi BCG Tangkal Tuberkulosis

Rs RIdwan meuraksa.jpg

Sebagai info, vaksin BCG terbuat dari bakteri tuberkulosis yang telah dilemahkan. Sehingga tidak menyebabkan penerima vaksin menjadi sakit.

Bakteri yang kerap digunakan adalah Mycobacterium bovine, karakternya paling mirip dengan bakteri penyebab TB pada manusia. Selepas diberi vaksin, sistem imun anak dipacu

menghasilkan sel-sel yang dapat melindungi kita dari bakteri tuberkulosis,”kata Dr. R. Viswanathan, seorang ahli TB dan mantan direktur Patel Chest Institute di New Delhi..

Oh iya, TB tidak hanya menyebabkan infeksi paru-paru. Tapi juga menyerang sendi, tulang, selaput otak (meningen), dan ginjal. Tb mudah menyebar melalui cipratan air liur, bersin atau batuk, yang tanpa sengaja terhirup oleh orang lain.

Sepintas mirip dengan penyebaran influenza. Namun Tb umumnya butuh waktu kontak lebih lama sebelum seseorang dapat tertular.

Baca juga: 3 Pertanyaan Seputar Masalah Imunisasi yang Paling Sering Ditanyakan

Efek Samping Imunisasi BCG

Youtube.jpg

Ada beberapa efek samping. Diantaranya adalah:

  • pembengkakan kelenjar getah bening
  • area merah kecil di tempat injeksi. (Ini biasanya muncul 10-14 hari setelah injeksi dan ukurannya perlahan-lahan berkurang. Mereka akan menghilang setelah sekitar 6 bulan.)
  • demam
  • darah dalam urin
  • sering buang air kecil atau menyakitkan
  • sakit perut
  • muntah

Baca Juga : 11 Jenis Imunisasi yang Disarankan untuk Bayi 0-12 Bulan dan Jadwal Pemberiannya

(RYO/DIN)

Artikel Terkait