KESEHATAN
17 April 2018

Apa Tindakan Pertama Saat Anak Radang Tenggorokan?

Apa Tindakan Pertama Saat Anak Radang Tenggorokan?
Artikel ditulis oleh Intan Aprilia
Disunting oleh Intan Aprilia

Tanya:

Saya punya anak usia 19 bulan. Anak saya sering sekali terkena radang tenggorokan dok, sampai panasnya di angka 39 derajat.

Yang menjadi pertanyaan saya adalah apabila anak terkena radang bagaimana tindakan pertama yang harus saya lakukan?

Apa harus dibawa ke dokter untuk diberikan antibiotik seperti yang saya lakukan atau ada penanganan lain di rumah? (Femy Putri, Jakarta)

Jawab:

Hal pertama perlu diluruskan adalah pengertian radang ini apa dulu? Banyak orang tua setiap kali anak demam diberi label 'radang tenggorokan'. Padahal tidak selalu keluhan batuk pilek karena radang tenggorokan dan tidak setiap demam disebabkan radang tenggorokan juga.

Diagnosis radang tenggorokan dapat ditegakkan oleh dokter bila sudah memeriksa secara langsung tenggorokannya dan dilihat adanya tanda peradangan (kemerahan) yang kadang disertai bercak atau bintik-bintik detritus. Kalau pun radang, sebagian besar memang disebabkan oleh virus, yang tidak memerlukan antibiotik.

Obat yang diberikan pada awalnya cukup sesuai gejalanya saja, misalnya demam ya diberikan obat demam. Bila ada batuk, dapat (tidak selalu perlu) diberikan obat yang membantu pengeluaran dahak.

Sebagian besar batuk pilek yang disebabkan radang karena virus akan sembuh dengan sendirinya, dan tidak memerlukan antibiotik. Antibiotik hanya diberikan bila ada tanda atau bukti infeksi bakterial pada tenggorokannya.

Untuk penanganan di rumah, yang dapat diberikan adalah pemberian nutrisi dan cairan yang cukup, sertaistirahat.

Dijawab oleh dr. Martinus M. Leman, DTMH, Sp.A

Sumber: Ask The Expert - Forum Orami

Artikel Terkait