3-12 BULAN
25 September 2019

Apa yang Harus Dilakukan Bila Berat Badan Bayi Tidak Bertambah?

Jangan panik, Moms bisa membantu bayi mendapatkan asupan ASI yang cukup terlebih dahulu
placeholder
placeholder
Artikel ditulis oleh Adeline Wahyu
Disunting oleh Dina Vionetta

Berat badan bayi adalah satu hal penting yang harus Moms perhatikan. Apalagi jika berat badan Si Kecil tidak bertambah, Moms pasti akan langsung merasa khawatir. Faktanya membantu bayi memiliki berat badan yang stabil di tahun pertama kehidupannya adalah hal yang sulit.

Moms harus memastikan bahwa buah hati kita memenuhi rekomendasi dokter untuk makanan yang harus dikonsumsi oleh bayi dan berat badan ideal dalam rentang waktu tertentu. Kita juga harus memperhatikan bagaimana caranya untuk menjaga kesehatan bayi dalam waktu bersamaan.

Baca Juga: Berat Bayi Lahir Besar, Apa Risikonya?

Lau apa yang harus dilakukan jika berat badan bayi tidak bertambah dan malah menurun? Jangan panik Moms, simak di bawah ini yuk.

Kapan Moms Harus Khawatir tentang Berat Badan Bayi?

berat badan bayi

Foto: parents.com

Biasanya Moms akan lebih khawatir saat berat badan bayi tidak bertambah. Namun jika berat badan bayi naik dengan cepat pun, Moms perlu sedikit cemas. Apalagi jika tidak sesuai dengan grafik World Health Organization (WHO).

Peningkatan berat badan bayi yang cepat lebih cenderung menjadi masalah bagi bayi yang diberi susu formula.

Menurut Valerie Marchand, ahli gastroenterologi pediatrik Montreal dan ketua Komite Nutrisi dan Gastroenterologi Masyarakat Pediatric Kanada, bayi yang minum 1,7 liter (60 ons) susu formula dalam sehari bisa tumbuh sangat cepat.

“Kenaikan berat badan kurang menjadi perhatian bagi bayi yang disusui langsung dari payudara ibu,” kata Jack Newman, dokter anak dan ahli menyusui. Karena bayi yang menyusui akan berhenti ketika mereka selesai (bukan ketika botol kosong), mereka lebih mampu mengatur asupan mereka sendiri.

Baca Juga: Kebiasaan Saat Hamil Ini Meningkatkan Risiko Berat Badan Bayi Lahir Rendah

Newman menambahkan bahwa mengamati grafik kenaikan berat badan bayi adalah alat yang berguna, itu perlu digunakan dengan bijak. Timbangan bisa salah, dan kita tidak dapat membandingkan dua skala yang berbeda (seperti yang ada di rumah sakit dan yang ada di ruang praktik dokter).

Kesalahan dalam penimbangan sering terjadi. Mengamati bayi, terutama saat Si Kecil menyusui langsung di payudara, bisa memberikan kita lebih banyak informasi.

Menangani Berat Badan Anak yang Tidak Bertambah

berat badan bayi

Foto: todaysparent.com

Berat badan bayi yang tidak bertambah, bisa jadi disebabkan karena cara atau posisi menyusui yang tidak tepat. Jack Newman mengatakan bahwa langkah pertama yang harus dilakukan adalah dengan mencoba untuk memperbaiki cara bayi menempel pada payudara ibu saat menyusui.

“Penting bagi ibu untuk mengetahui apakah bayi sudah mendapat ASI dengan baik, alih-alih hanya 'menggigit' payudara. Ketika bayi tidak minum banyak, melakukan kompresi bisa membantu,” tambahnya.

Baca Juga: Bagaimana Cara Mengurangi Sakit Punggung saat Menyusui?

Kompresi payudara berarti meremas payudara kita saat bayi menyusu, tetapi tidak minum, mirip seperti memerah ASI ke dalam mulut bayi. Jika kenaikan berat badan bayi melambat atau bahkan berhenti, pasokan ASI mungkin menurun, dan perlu diperiksa lebih lanjut.

Untuk mendapatkan informasi lebih lanjut, ada baiknya Moms juga berkonsultasi dengan dokter. Perencanaan berat badan bayi sesuai dengan usianya perlu kita lakukan untuk mengoptimalkan pertumbuhan anak dan Moms bisa dengan nyaman menyusui Si Kecil.

(AWD)

Artikel Terkait