KESEHATAN
25 Desember 2019

Keputihan Berwarna Coklat Sebelum dan Sesudah Menstruasi, Ini Penyebabnya

Lantas, apa yang menyebabkan keputihan selepas menstruasi berwarna coklat?
Artikel ditulis oleh Orami
Disunting oleh Ryo

Pernah mengalami keputihan berwarna coklat di dekat siklus menstruasi?

Angkat tangan Anda jika Anda pernah melihat keputihan sebelum atau setelah menstruasi yang agak berwarna coklat. Apa masalahnya dengan keputihan coklat itu? Kami berbicara dengan para ahli untuk mencari tahu.

Dikutip dari BMJ Journal, selama siklus menstruasi Anda, lapisan rahim Anda tumbuh dan menebal untuk mendukung kemungkinan kehamilan. Jika telur yang dibuahi menempel pada lapisan rahim yang mewah itu, ia dapat mulai menerima nutrisi yang dibutuhkan untuk tumbuh.

Sebaliknya, jika Anda tidak hamil, lapisan rahim Anda keluar melalui vagina sebagai menstruasi.

Baca Juga: Apa Arti Perbedaan Warna Keputihan Pada Kehamilan?

Lantas, Apa Warna Keputihan Coklat Setelah Mens Itu?

iritasi-pilih pembalut.jpg

"Keputihan sebelum menstruasi biasanya diikuti sedikit pendarahan," Christine Greves, M.D., seorang obgyn bersertifikat di Rumah Sakit Winnie Palmer untuk Wanita dan Bayi, mengatakan.

“Jika Anda menumpahkan sedikit lapisan rahim lebih awal dan menstruasi Anda belum mengalir deras, mungkin perlu lebih banyak waktu bagi darah untuk bekerja sampai ke vagina Anda, memberinya lebih banyak waktu untuk bercampur dengan oksigen,” begitu Jessica Shepherd, MD, seorang ginekolog invasif minimal di Baylor University Medical Center di Dallas, mengatakan.

Dalam proses kimia yang dikenal sebagai oksidasi, oksigen dapat mengubah warna merah darah Anda. Dalam perjalanan keluar dari vagina Anda, darah cokelat ini akan bercampur dengan lendir keputihan yang ada pada Anda. Hasil akhirnya: Sepertinya Anda sekarang memiliki keputihan berwarna kecoklatan.

Baca Juga: Jangan Garuk Saat Keputihan Gatal!

“Kemudian, ketika menstruasi Anda dimulai, darah keluar lebih cepat. Proses ini dapat mempertahankan warna yang lebih merah karena tidak punya banyak waktu untuk bercampur dengan oksigen saat keluar,” Dr. Shepherd menjelaskan.

“Hal ini juga terjadi saat Anda mendapat keputihan setelah proses menstruasi. Darah yang tersisa juga akan teroksidasi dan bercampur dengan lendir yang Anda miliki. Akhirnya, keputihan Anda akan berwarna kecoklatan,” tampah Dr Shepherd.

“Jadi, ini bukan hal yang perlu dikhawatirkan,” kata Jonathan Schaffir, M.D., seorang obgin di Pusat Medis Wexner, Universitas Negeri Ohio.”Anggap saja itu bukti dari proses kimia yang keren. Sehingga Anda bisa dengan santai melanjutkan hari Anda.”

Tapi, bila hal ini baru terjadi pada Anda, tidak masalah juga untuk berbicara dengan dokter. Siapa tahu, Anda akan lebih tenang mendapatkan penjelasan langsung, dan itu bisa menjadi pembeda.

Baca Juga: Ini Dia, Beda Keputihan Normal dan Tidak Normal

(RYO/DIN)

Artikel Terkait