FASHION & BEAUTY
24 Juni 2019

Apa yang Terjadi Pada Wajah Jika Tidak Menghapus Makeup Seharian

Dampaknya bisa merusak wajah lho, Moms!

Sumber: journal.sociolla.com

Artikel ditulis oleh Dina Vionetta
Disunting oleh Dina Vionetta

Setelah lelah beraktivitas, Moms mungkin merasa lebih nikmat jika langsung mengganti baju dan pergi ke tempat tidur.

Namun, jangan sampai lupa untuk membersihkan riasan wajah yang sudah menempel lama di wajah ya, Moms. Pasalnya, akan ada dampak menjijikan pada wajah bila Moms tak menghapus riasan wajah seharian.

Berikut ini apa yang terjadi pada wajah bila mengenakan riasan seharian, dikutip dari Bustle.

1. Akar Bulu Mata Terinfeksi

"Satu hal yang banyak saya lihat sebagai penata rias, adalah bengkak, akar bulu mata yang terinfeksi, karena model tidak menghapus maskara dan eyeliner mereka di malam hari," kata Katey Denno, penata rias selebriti.

"Jika merasa terlalu lelah ke wastafel kamar mandi untuk mencuci muka secara menyeluruh, simpan setumpuk tisu di meja Anda. Pilih tisu yang paling lembab dan lembut, yang akan membuat proses penghapusan mudah dan cepat," tambahnya.

2. Berjerawat

jerawatttt ftr

Bukan hal yang mengherankan bahwa tidur dengan riasan dapat menyebabkan berjerawat, karena riasan akan meningkatkan paparan terhadap kotoran, bakteri, dan faktor lainnya yang dapat mengendap di pori-pori dan kulit semalaman.

Denno menyarankan bahwa jerawat pasti dapat dipicu dengan tidak mencuci wajah dan merekomendasikan pembersih yang lembut, untuk menghapus produk riasan wajah yang terbuat dari zat keras.

3. Bibir Pecah-pecah

Ahli kulit Jeannette Graf, MD, asisten profesor klinis dermatologi di Mount Sinai Medical Center, NY, menjelaskan bahwa "Tidur jika tidak menghapus makeup dapat menyebabkan bibir pecah-pecah dan kasar."

Cuci wajah setiap malam, dan jangan lupa memakai pelembap bibir untuk menutrisi sepanjang malam usai terpapar produk seperti lipstik, lip cream, dan sejenisnya.

Baca Juga: Tidak Hanya Paula Verhoeven, 10 Artis Ini Juga Menikah Menggunakan Riasan Paes Jawa

4. Iritasi Mata

iritasi mata

Ketika lupa mencuci muka di malam hari, Moms memiliki peluang untuk membiarkan bakteri dan partikel dari makeup meresap ke dalam mata.

Hal ini dapat menyebabkan iritasi, ketidaknyamanan, dan potensi infeksi mata. Infeksi ini dapat menyebabkan gatal dan kemerahan, dan harus segera diobati.

5. Gangguan Penyerapan Produk

Menurut Dennis Gross, MD, ahli dermatologi bersertifikasi dan pendiri Dr. Dennis Gross Skincare, "Tidur dalam riasan Anda sepanjang malam dapat menghalangi kemampuan tubuh untuk menyerap produk pembersih lainnya pada malam berikutnya."

Untuk kulit yang lebih baik dan produk perawatan kulit bisa bekerja secara efektif, jadikan cuci muka di malam hari sebagai ritual wajib.

Baca Juga: 6 Rekomendasi Makeup Artist Indonesia yang Sedang Hits

6. Pori-pori Lebih Besar

pori-pori wajah besar.jpg

Rachel Nazarian, M.D., ahli dermatologi yang berbasis di New York di Schweiger Dermatology Group menjelaskan, "Tidur dengan tidak menghapus makeup dapat menyebabkan pori-pori yang lebih besar, lebih dalam, dan lebih tersumbat."

Akibatnya, dapat menyebabkan lebih banyak jerawat dan kondisi kulit yang memburuk. Ini akan menghalangi kemampuan kulit untuk menyerap produk perawatan.

7. Komedo

Menurut dokter kulit Dr. Ted Lain, "Tidak menghapus makeup sebelum tidur dapat menyebabkan komedo di wajah Anda, yang sulit dihilangkan tanpa perawatan dengan dokter kulit atau facialist."

Dokter Lain juga mengatakan bahwa komedo ini sangat lazim terbentuk di sekitar mulut dan bibir.

Baca Juga: Hindari Iritasi, Ini 4 Tips Memilih Produk Perawatan Kulit untuk Bayi

8. Kulit Kering

kulit kering.jpg

Menurut Melanie Palm, MD, MBA, "Tidak menghapus makeup Anda dapat menyebabkan peradangan pada kulit. Ketika ada peningkatan peradangan, kulit lebih cenderung menjadi kering, merah, dan bersisik."

Jika Moms kerap lupa menghapus riasan wajah, dan sering menemukan sarung bantal tertinggal noda riasan, Moms tidak hanya akan menyesali noda riasan tersebut, tetapi juga terjadi penumpukan kotoran dan bakteri pada kulit hingga pagi hari.

(AP)

Artikel Terkait