KESEHATAN
13 Juli 2019

Apakah Air Putih bisa Kedaluwarsa?

Ini dia tujuan penulisan tanggal kedaluarsa pada botol air
Artikel ditulis oleh Adeline Wahyu
Disunting oleh Ikhda Rizky Nurbayu

Kita baru saja menyelesaikan olahraga yang intens dan mengeluarkan banyak keringat dari tubuh. Karenanya rasa haus pun melanda seketika, tanpa pikir panjang tangan kita pun meraih sebotol air dingin di dekat kita dan meneguknya seketika.

Namun setelah dilihat-lihat, ternyata tanggal pada botol minum menunjukkan bahwa air mineral tersebut telah lewat tanggal kedaluarsa dari dua bulan yang lalu.

Haruskah kita khawatir terhadap air putih yang sudah kedaluarsa? Simak penjelasan di bawah ini yuk, Moms.

Baca Juga: 4 Tips Membiasakan Diri Rutin Minum Air Putih

Apakah Air Bisa Kadaluarsa?

air putih, tanggal kedaluarsa

Foto: renderhub.com

Tentu tidak. Mengutip dari livescience.com, memiliki tanggal kedaluarsa pada sebotol air putih sama artinya dengan memiliki tanggal kedaluwarsa pada gula atau garam.

Menurut Asosiasi Air Minum Dalam Kemasan Internasional, Administrasi Makanan dan Obat-obatan (FDA), telah ditetapkan bahwa tidak ada batasan umur simpan air minum dalam kemasan.

Ada beberapa alasan mengapa air putih dalam botol memiliki tanggal kedaluwarsa. Pertama, karena merupakan peraturan dari birokrasi pemerintah: air adalah produk yang akan kita konsumsi, dengan demikian, tunduk pada hukum yang mewajibkan tanggal kedaluwarsa pada semua bahan makanan habis pakai adalah keharusan.

Selain itu, tanggal kedaluwarsa air kemasan memiliki manfaat tertentu bagi produsen.

Baca Juga: Cegah Lemas Akibat Dehidrasi, Ikuti 4 Kiat Ampuh Agar Anak Moms Suka Minum Air Putih

Lalu untuk Apa Tanggal Kadaluarsa Tersebut?

Meskipun air putih di dalam botol tidak akan rusak, botol plastik yang digunakan untuk sebagai wadah air dapat ‘kedaluwarsa’ dan pada akhirnya akan mulai melepaskan bahan kimia ke dalam air.

“Akan ada risiko, tetapi risiko yang ditimbulkan itu biasanya kecil,” ujar Dr. Kellogg Schwab, direktur Institut Air Universitas Johns Hopkins.

Meski tidak akan mengubah air menjadi racun, tetapi kesegaran air dari ‘mata air pegunungan yang segar’ akan berkurang. Jika konsumen menghubungi perusahaan minuman untuk mengeluh bahwa air yang mereka beli beberapa tahun sebelumnya rasanya tidak enak, memang air putih tersebut harus segera diminum.

Selain itu, banyak perusahaan botol air menggunakan mesin yang sama untuk menggunakan botol minuman bersoda dan produk minuman lainnya yang sudah kadaluarsa. Akan lebih efisien jika untuk memberi cap pada semua botol daripada mendedikasikan mesin khusus hanya untuk air kemasan.

Baca Juga: Aqua Mengandung Partikel Plastik, Ini Cara Memilih Air Minum Kemasan yang Aman

Pada akhirnya, tanggal kedaluwarsa pada air putih biasanya hanya digunakan sebagai satu elemen dari kode cetak yang juga mengidentifikasi tanggal, pabrik pembuat botol, dan informasi lainnya.

Meskipun kedaluwarsa tidak berarti menandakan bahwa air dalam kemasan menjadi buruk, informasi manufaktur dapat berguna dalam melacak kontaminasi, kesalahan pembotolan, atau penarikan produk.

Sudah mengerti ya Moms?

Artikel Terkait