KESEHATAN
13 Februari 2018

Apakah Aman Melakukan Operasi Caesar untuk Ketiga Kalinya?

Dikhawatirkan operasi Caesar terus menerus akan membahayakan janin.
Artikel ditulis oleh Intan Aprilia
Disunting oleh Intan Aprilia

Tanya:

Saya sedang hamil anak ketiga. Untuk anak pertama dan kedua proses lahirannya secara Caesar.

Jarak antara anak pertama dan kedua sangat dekat, hamil anak yang ketiga juga sangat dekat. Apakah risikonya jika operasi Caesar untuk ketiga kalinya dalam jarak yang dekat?

Saya khawatir, apalagi saya memiliki darah rendah. Apa bisa operasi Caesar lagi?

Jawab:

birth 800x500

Pada dasarnya, sebaiknya seorang wanita memberi jarak 18 sampai dengan 24 bulan untuk kembali hamil setelah melakukan operasi Caesar. Hal ini pun kurang lebih berlaku sama untuk persalinan normal.

Namun saat terbaik untuk hamil tidak serta merta berpatokan pada waktu di atas. Saat terbaik untuk hamil berbeda pada setiap wanita tergantung dari kondisi yang mereka miliki.

Perlu Anda ketahui bahwa jarak kehamilan yang terlalu dekat (kurang dari 6 bulan) dapat meningkatkan terjadinya kelahiran prematur dan bayi lahir dengan berat badan yang rendah.

Anda tidak perlu khawatir akan kehamilan Anda saat ini, yang paling terpenting adalah selalu lakukan kontrol berkala kepada Dokter Spesialis Kebidanan dan kandungan, ikuti saran dari Dokter yang Anda temui, makan makanan sehat dan bergizi tepat waktu, minum air putih minimal 2 liter per hari, tidur dan istirahat yang cukup, dan kelola stres psikologis.

Sedangkan melahirkan secara operasi Caesar dapat saja lebih dari 3 kali, akan tetapi kemungkinan prosedur operasi akan menjadi lebih lama diakibatkan oleh karena adanya perlekatan antar organ oleh jaringan parut, pendarahan hebat, dan masalah pada plasenta.

Dijawab oleh dr. Cika Irlia Azzahra

Sumber: meetdoctor.com

Artikel Terkait