TRIMESTER 3
12 September 2019

Apakah Aman Pijat Prenatal Untuk Nyeri Punggung Saat Hamil?

Pijat dapat membantu mempermudah tidur dan meningkatkan suasana hati
Artikel ditulis oleh Dina Vionetta
Disunting oleh Dina Vionetta

Pijat prenatal dengan terapis yang berkualitas bisa menjadi cara santai untuk melepaskan sebagian dari sakit punggung ibu selama kehamilan.

Memijat dapat mengurangi stres akut, memulihkan cedera, atau, bahkan menghilangkan rasa sakit. Beberapa studi ilmiah telah menunjukkan bahwa terapi pijat aman dalam membuat wanita hamil memperoleh kenyamanan yang dibutuhkan.

Pijat prenatal dapat membantu mempermudah tidur dan meningkatkan suasana hati, mengurangi edema (pembengkakan sendi) dengan meningkatkan sirkulasi dan menggerakkan cairan dalam tubuh, dan meringankan sakit saraf, termasuk nyeri saraf, dengan mengendurkan otot-otot yang dapat menegang dan mengencangkan saraf dan menekannya.

Apakah Pijat Aman Selama Kehamilan?

beauty-body-hands-56884.jpg

Wanita hamil yang tertarik dengan pijat harus mengutamakan keamanan dan mencari terapis yang telah dilatih dan disertifikasi pijat prenatal.

Mary Rosser, MD, Ph.D., seorang ob-gyn di Montefiore Medical Center di Bronx, New York, merekomendasikan terapis pijat prenatal bersertifikasi kepada pasiennya, tetapi mengatakan bahwa paling aman untuk menunggu sampai setelah kehamilan telah melewati tanda trimester pertama .

"Trimester pertama adalah waktu kritis ketika janin mulai terbentuk," katanya.

Apalagi, banyak orang yang tidak nyaman dan tidak enak badan pada trimester pertama.

"Waktu dan uang pijat mungkin lebih baik dihabiskan nanti, ketika ketidaknyamanan trimester pertama telah berlalu dan masalah nyeri punggung mulai sangat mengganggu," jelas Rosser.

Yang terbaik adalah menghindari pijatan pada jaringan dalam dan teknik lain yang mungkin menimbulkan sirkulasi atau risiko tekanan darah, terutama saat memijat betis dan kaki.

Pastikan terapis pijat prenatal menempatkan tubuh hamil dalam posisi yang aman dan nyaman.

Posisi berbaring miring, ditopang dengan bantal jika perlu, merupakan posisi terbaik berbaring di atas meja pijat.

Setelah 22 minggu, berbaring telentang harus dihindari karena dapat memberi tekanan pada pembuluh darah yang dalam yang penting untuk membawa darah dan nutrisi ke bayi.

Jika berada dalam kehamilan berisiko tinggi atau tekanan darah tinggi, atau mengalami pembengkakan mendadak, bicarakan dengan dokter sebelum menjadwalkan pemijatan prenatal apa pun.

Gunakan Bantal Kehamilan untuk Membantu Punggung

blur-body-close-up-161477.jpg

Terapi pijat untuk nyeri punggung bagian bawah, panggul, atau saraf siatik mungkin bukan pilihan pertama untuk semua orang.

Colleen Fitzgerald, M.D., direktur medis untuk Program Nyeri Panggul Kronis di Sistem Kesehatan Universitas Loyola di Maywood, Illinois, percaya terapi pijat harus menjadi pengobatan tambahan untuk metode lain, seperti terapi fisik.

Meskipun mungkin membantu dalam jangka pendek, ia memperingatkan bahwa pijatan kadang-kadang dapat memperburuk rasa sakit karena beberapa pasien jadi lebih sensitif terhadap tekanan pada otot-otot panggul.

Selalu periksakan dengan dokter terlebih dahulu untuk melihat apakah pijat cocok untuk tubuh.

Jika ya, ibu hamil dapat bersantai dan menikmati pijat prenatal dengan terapis bersertifikat.

(TPW)

Artikel Terkait