BALITA DAN ANAK
4 Agustus 2020

Penyakit Asam Lambung Bisa Menyerang Anak, Simak Ciri dan Peredanya!

Ini tanda yang harus Moms dan Dads cermati
placeholder
placeholder
Artikel ditulis oleh Fitria Rahmadianti
Disunting oleh Ikhda Rizky Nurbayu

Selesai menikmati makanannya, Si Kecil kerap kali muntah. Hati-hati, hal ini bisa terjadi karena gangguan pencernaan yang ditimbulkan oleh asam lambung yang biasa disebut Gastroesophageal Reflux Disease (GERD).

GERD atau yang juga sering disebut refluks asam lambung terjadi ketika asam lambung kembali ke kerongkongan selama atau setelah makan dan menyebabkan rasa sakit atau gejala lainnya.

Hal ini sebenarnya lumrah jika terjadi pada bayi. Namun, jika hal ini masih terjadi pada usia anak-anak, Moms dan Dads perlu lebih waspada.

Ciri-ciri Penyakit Asam Lambung pada Anak

Berikut ini ciri-ciri jika anak mengalami penyakit asam lambung.

1. Batuk dan Sulit Bernapas

anak, asam lambung, gerd

Foto: medicalnewstoday.com

Para peneliti dari School of Medicine Trusted Source University of North Carolina, memperkirakan bahwa 25% dari semua kasus batuk kronis disebabkan oleh GERD.

Faktanya, mayoritas orang dengan batuk yang diinduksi GERD tidak memiliki gejala klasik penyakit seperti mulas akibat penyakit ini. Batuk kronis sendiri dapat disebabkan oleh refluks asam atau refluks isi lambung non asam.

Hal ini juga diungkapkan oleh pihak Johns Hopkins Medicine. Para dokter mengatakan bahwa anak-anak di bawah 12 tahun akan sering memiliki gejala GERD yang berbeda.

Jika biasanya penderita GERD mengalami mulas, pada anak usia anak-anak mereka akan mengalami batuk kering, gejala asma, cegukan, atau pun kesulitan menelan.

Baca Juga: Sering Mengeluh Sakit Perut, Apakah Mungkin Balita Sakit Maag?

2. Sering Muntah

anak, asam lambung, gerd

Foto: freepik.com

Refluks asam lambung terjadi ketika Lower Esophageal Sphincter (LES), cincin otot yang memisahkan kerongkongan dan perut, tidak dapat menutup dengan kencang setelah menelan makanan atau cairan.

LES yang tidak berfungsi dengan baik memungkinkan penyakit asam lambung dan partikel makanan mengalir kembali ke kerongkongan.

Inilah yang menyebabkan Si Kecil muntah atau bersendawa dengan sedikit lendir seperti muntah.

3. Kesulitan dalam Menelan

anak, asam lambung, gerd

Foto: romper.com

Akibat refluks asam lambung yang Si Kecil alami, ia jadi lebih susah untuk menelan makanannya.

Coba tanyakan pada anak apakah ia merasa seperti ada makanan yang tersangkut di tenggorokannya.

Proses menelan makanan bisa jadi lebih sulit ketika Si Kecil makan terlalu cepat atau tidak cukup banyak mengunyah makanan.

Sebenarnya, hal ini tidak perlu terlalu dikhawatirkan tetapi jika asam lambung naik terjadi terlalu sering ada baiknya Moms dan Dads segera mengonsultasikan kondisi Si Kecil.

Baca Juga: 3 Jenis Obat Asam Lambung dan Cara Kerjanya

4. Sulit Naik Berat Badan

anak, asam lambung, gerd

Foto: news.umich.edu

Anak yang mengalami GERD biasanya akan sangat moody dan picky pada makanan yang akan ia konsumsi. Si Kecil pun tidak dapat menghabiskan makanan pada porsi seperti biasanya.

Inilah salah satu sebab berat badannya susah naik. Ada baiknya Moms memberikan bahan makanan yang cocok untuk kondisi perut Si Kecil seperti daging tanpa lemak, pisang, dan sayur-sayuran hijau.

Sayuran hijau seperti brokoli, asparagus, timun, buncis, dan juga kembang kol diketahui memiliki kandungan yang dapat menurunkan penyakit asam lambung.

"Ada makanan tertentu yang kita tahu membuat kondisi pasien dengan refluks lebih buruk. Contohnya seperti tomat, produk jeruk, kafein, coklat, dan pepermin," jelas dokter Steven Schwarz, seorang profesor pediatri di SUNY Downstate Medical Center dan dokter anak di Rumah Sakit Long Island College.

Baca Juga: Kenali Gejala Asam Lambung Naik Pada Anak

5. Napas Tidak Sedap

anak, asam lambung, gerd

Foto: shorechildrensdentalcare.com

"GERD tentu dapat berkontribusi pada masalah bau mulut," kata dokter Chin Hur, MD, MPH, asisten profesor kedokteran di Harvard Medical School di Boston.

Pada beberapa orang makanan tidak bergerak secara efisien dari perut, mulai membusuk, dan dapat berkontribusi pada bau mulut dan GERD.

Kasus napas tidak sedap ini bisa diatasi dengan mengurangi porsi makan jadi lebih kecil dan mengurangi makanan pemicu naiknya penyakit asam lambung seperti yang disebutkan pada penjelasan sebelumnya.

Semakin cepat Moms dan Dads mengetahui gejalanya, semakin cepat pula masalah perut Si Kecil teratasi.

Baca Juga:

Jika Moms dan Dads mendapati gangguan penyakit asam lambut seperti ini terus berulang pada Si Kecil, segera konsultasikan pada ahlinya atau Moms bisa mengonsumsi makanan pereda penyakit asam lambung pada anak.

Makanan Pereda Gejala Asam Lambung Anak

Berikut ini beberapa makanan yang bisa Moms berikan pada Si Kecil untuk meredakan gejala asam lambung.

1. Sayuran dan Buah

5 Makanan Untuk Redakan Gejala Asam Lambung Pada Anak 1.jpg

Foto: Freepik.com

Ketika penyakit asam lambung menyerang Si Kecil, Moms bisa memberikannya berbagai sayuran yang rendah gula, rendah kadar asam, rendah lemak, sehingga lebih mudah dicerna oleh tubuhnya.

Sayuran yang paling baik untuk Moms berikan pada Si Kecil adalah sayuran berdaun hijau, asparagus, kacang panjang, timun, dan kembang kol. Sebaiknya, hindari dulu bumbu-bumbu tambahan atau sayuran yang mempunyai sifat iritan seperti bawang dan tomat.

Jika Moms ingin memberikan buah pada Si Kecil yang terserang penyakit asam lambung, sebaiknya pilih buah non-sitrus yang tidak mempunyai sifat asam, seperti apel, pir, melon, pisang, atau semangka.

Baca Juga: 6 Makanan yang Baik Dikonsumsi Saat Asam Lambung Naik

2. Oatmeal

5 Makanan Untuk Redakan Gejala Asam Lambung Pada Anak 2.jpg

Foto: Freepik.com

Walaupun Si Kecil sedang mengalami gejala asam lambung, Moms tetap perlu memberikan asupan karbohidrat agar tubuhnya berenergi. Pilihan terbaiknya adalah memberikan sumber karbohidrat kompleks seperti roti gandum utuh, oatmeal, atau nasi merah.

Si Kecil juga boleh mengonsumsi kentang dan umbi-umbian yang secara alami mengandung karbohidrat dan juga serat pangan sehat.

3. Jahe

5 Makanan Untuk Redakan Gejala Asam Lambung Pada Anak 3.jpg

Foto: Freepik.com

Selain kaya akan bahan alami yang baik untuk tubuh Si Kecil, jahe juga mengandung senyawa phenolic yang bisa meredakan iritasi gangguan pencernaan serta mengurangi kontraksi lambung. Itu artinya dengan Si Kecil mengonsumsi sedikit jahe bisa membantu mencegah asam lambung naik ke esofagus.

Moms bisa mencampurkan jahe ke dalam makanan atau minuman Si Kecil, tapi pastikan jumlahnya tidak tidak lebih dari 4 gram sehari ya, Moms.

Baca Juga: 7 Gejala Asam Lambung yang Wajib Diketahui

4. Lemak Sehat

5 Makanan Untuk Redakan Gejala Asam Lambung Pada Anak 4.jpg

Foto: Freepik.com

Makanan pereda penyakit asam lambung pada anak lain yang direkomendasikan oleh International Foundation of Gastrointestinal Disorder yaitu berbagai makanan yang mengandung lemak sehat, seperti:

  • Lemak tak jenuh tunggal dari minyak kanola , minyak zaitun, kacang dan selai kacang, avokad, atau biji-bijian.
  • Lemak tak jenuh ganda dari jagung, kacang kedelai, flaxseed, tahu, tempe, kenari, dan ikan berlemak seperti makarel atau salmon.

5. Daging Tanpa Lemak dan Seafood

5 Makanan Untuk Redakan Gejala Asam Lambung Pada Anak 5.jpg

Foto: Freepik.com

Moms juga boleh memberikan Si Kecil daging tanpa lemak, termasuk dagingseafood, ikan, dan unggas saat Si Kecil sedang mengalami penyakit asam lambung.

Namun, sebaiknya diolah secara sehat dengan cara dibakar, dikukus, dipanggang, atau direbus agar tidak terlalu berminyak dan tidak memancing naiknya asam lambung.

Baca Juga: Waspada, Ini Penyebab Asam Lambung Pada Anak

Selain memberikan makanan pereda penyakit asam lambung pada anak, untuk sementara waktu sebaiknya hindari dulu berbagai pemicu asam lambung seperti makanan pedas, makanan berlemak, bawang, tomat, cokelat, dan teh.

Semoga Si Kecil cepat sembuh ya, Moms!

Artikel Terkait