PERNIKAHAN & SEKS
27 April 2020

Apakah COVID-19 Bisa Menular Lewat Hubungan Seks?

Peneliti ini berhasil menemukan jawabannya
placeholder
placeholder
Artikel ditulis oleh Amelia Puteri
Disunting oleh Dina Vionetta

Hingga kini, peneliti masih terus mencari bentuk penularan virus corona, selain melalui droplets atau percikan bersin dan batuk. Tetapi, tampaknya COVID-19 tidak menular lewat seks.

Penelitian ini dilakukan oleh ilmuwan di Amerika Serikat dan Cina, yang mencoba mencari tahu apakah pertukaran cairan tubuh lewat seks berpotensi menularkan virus corona.

Baca lebih lanjut untuk mengetahui penjelasannya berikut ini, Moms.

Baca Juga: Konon Berkhasiat Atasi Virus Corona, Ini 5 Manfaat Jahe Merah

COVID-19 Tidak Menular Lewat Seks

COVID-19 menular lewat seks-1

Foto: Orami Photo Stock

Menurut jurnal Fertility and Sterility, peneliti di Amerika Serikat dan Cina tidak menemukan adanya COVID-19 dalam semen 34 pria Cina dewasa yang rata-rata dites positif virus corona sebulan sebelumnya.

Para peneliti mencatat bahwa temuan ini hanya berdasar dari ukuran sampel yang kecil. Tetapi, hasilnya masih signifikan karena menunjukkan bahwa virus COVID-19 mungkin tidak ada di dalam testis.

"Jika penyakit seperti COVID-19 menular secara seksual, maka akan memiliki implikasi besar bagi pencegahan penyakit dan dapat memiliki konsekuensi serius bagi kesehatan reproduksi jangka panjang pria," kata rekan penulis studi Dr. James M. Hotaling.

Dari temuan ini pula, diketahui bahwa virus COVID-19 berbeda dari virus lainnya seperti Ebola dan Zika, yang dapat ditularkan secara seksual.

Baca Juga: Penelitian Sebut Golongan Darah A Lebih Rentan Terinfeksi COVID-19, Benarkah Demikian?

Infeksi Corona Lebih Berat Mungkin Bisa Menular Lewat Seks

COVID-19 menular lewat seks-2

Foto: Orami Photo Stock

Lebih rinci, partisipan dalam studi ini hanya mengidap COVID-19 pada tingkat ringan hingga sedang. Ada kemungkinan (belum dapat dipastikan) jika pria dengan infeksi corona lebih berat dapat menularkan lewat hubungan seks.

"Bisa jadi seorang pria yang sakit kritis dengan COVID-19 mungkin memiliki viral load yang lebih tinggi, dan mengarah pada kemungkinan lebih besar menginfeksi air mani. Kami tidak punya jawaban untuk itu sekarang," jelas Dr. Hotaling.

Itu dia Moms, penjelasan tentang apakah COVID-19 dapat menular lewat hubungan seks atau tidak.

Baca Juga: Tips Melindungi Diri dari COVID-19 untuk Ibu Hamil dan Menyusui

Artikel Terkait