KESEHATAN
6 September 2019

Apakah Kepribadian Ganda Bisa Disembuhkan?

Apa saja terapi yang baik untuk kepribadian ganda?
placeholder
placeholder
Artikel ditulis oleh Orami
Disunting oleh Intan Aprilia

Kepribadian ganda adalah penyakit mental di mana terdapat dua atau lebih kepribadian yang berbeda di dalam diri seseorang.

Kekerasan fisik, emosional, atau seksual yang terjadi secara berulang-ulang pada masa kecil merupakan alasan utama yang dapat menyebabkan kepribadian ganda.

Penyakit ini termasuk penyakit mental yang jarang terjadi dan sangat kontroversial. Menurut The National Alliance on Mental Illness (NAMI) hanya sekitar 2% populasi orang di dunia yang tercatat memiliki kepribadian ganda.

Baca Juga: 7 Tanda Kepribadian Ganda yang Mudah Dikenali

Dikutip dari WebMD belum ada obat yang dapat menyembuhkan penyakit mental satu ini. Satu-satunya jalan untuk menolong penderita adalah melakukan treatment. Berikut ini beberapa terapi kepribadian ganda yang bisa dilakukan:

1. Hypnoterapy

02_things_know_before_try_hypnotherapy_isnt_hypnotherapy_Wavebreakmedia.jpg

Hypnoterapy merupakan salah satu terapi kepribadian ganda ini merupakan terapi bicara.

Terapi ini dirancang untuk mencari tahu bagaimana penderita bisa memiliki kepribadian ganda dan apa yang membuat kepribadian tersebut bisa berkembang.

Terapi ini dilakukan untuk menolong penderita mengenal masing-masing alter ego atau kepribadian lain dalam dirinya.

Selain itu, juga membuat penderita tetap mengenal dirinya yang utama, dan membuat alter ego tidak menguasai dirinya.

Terapi ini biasanya melibatkan keluarga, kerabat, atau teman terdekat si penderita, supaya psikiater dapat menggali lebih dalam tentang masa lalu penyebab trauma terjadi.

Baca Juga: Waspadai Gangguan Mental Jika Balita Sering Melakukan 5 Kebiasaan Ini Saat Tantrum

2. Psychotherapy

listicle 2 (1).jpg

Terapi kepribadian ganda berikutnya adalah psychotherapy. Bersamaan dengan psychotherapy, clinical hypnosis juga diperlukan untuk membentuk ulang kepribadian yang berbeda dan menyatukannya.

Selain itu psychotherapy juga membantu penderita agar memahami kondisi yang dialami, sehingga dapat menghadapi serta mengatasi kondisi tersebut, mengontrol kebiasaan-kebiasaan yang terjadi pada penderita, dan mencegah munculnya masalah psikologis dan perilaku terkait gangguan kepribadian ganda.

Baca Juga: 7 Pertanyaan Penting yang Perlu Diajukan ke Terapis

3. Adjunctive Therapy

listicle 3 (1).jpg

Terapi kepribadian ganda ini menggunakan seni atau movement therapy (seperti menari) untuk membantu penderita terkoneksi dengan pikirannya dan menekan perasaan takut juga depresi akibat trauma yang mereka alami.

Pemberian obat antidepresan dan obat penenang juga kadang dibutuhkan untuk mengatasi gejala gangguan mental lainnya yang berhubungan dengan kepribadian ganda.

Karena penderita yang menderita penyakit ini juga rentan terkena depresi yang ditakutkan berujung bunuh diri.

Dengan terapi yang tepat dan berkelanjutan, orang yang menderita gangguan kepribadian ganda bisa menjalani hidupnya dengan normal.

“Saya tahu penyakit saya tidak bisa disembuhkan, dan saya sudah ikhlas. Yang saya lakukan sekarang adalah berusaha untuk melatih semua kepribadian saya agar menjadi berguna. Saya akan selalu memiliki kepribadian ganda, dan dengan waktu serta terapi, saya yakin bisa menangani penyakit ini dengan mudah," ujar pengidap kepribadian ganda, Crystalie Matulewicz, sekaligus penulis buku Life Without Hurt.

(DH)

Artikel Terkait