KESEHATAN
30 Mei 2018

Apakah Les Calistung Akan Menganggu Perkembangan Anak?

Apakah Les Calistung Akan Menganggu Perkembangan Anak?
Artikel ditulis oleh Intan Aprilia
Disunting oleh Intan Aprilia

Tanya:

Di usia golden age anak kan katanya bagus untuk belajar bahasa. Tapi, apa dampaknya pada anak kalau usia golden age ikut les calistung?

Dengan ikut les, apakah tidak mengganggu perkembangan, karena ada juga anggapan anak akan bosan nanti ketika usia SD kalau dia pintar calistung di usia TK? (Ade Ryani)

Jawab:

Pada usia golden age sebenarnya anak masih berada pada tahapan perkembangan dimana kebutuhan utama nya adalah bermain, mengembangkan kemampuan fisiknya, kemampuan bahasa dan anak mulai eksplorasi dengan lingkungannya.

Jika di usia ini anak dituntut untuk belajar dengan memasukkannya les calistung maka akan memberikan dampak buruk bagi anak seperti anak merasa bosan.

Seharusnya ia masih bermain namun diminta untuk belajar, anak akan berpikir bahwa belajar merupakan aktivitas yang membosankan dan tidak menyenangkan, dan tentunya ini akan mempengaruhi motivasi belajarnya kelak.

Namun berbeda jika anak yang meminta kepada orangtua untuk belajar calistung. Jika usia anak masih di bawah 6 tahun, Moms bisa mengajarinya sendiri di rumah untuk menulis dan membaca dengan menggunakan media yang menarik.

Akan tetapi saran saya untuk mengikutkan anak les calistung sebaiknya usia di atas 6 tahun ya, di saat anak sudah siap untuk belajar dan perkembangan sensorik motoriknya sudah matang.

Dijawab oleh Nidya Dwika Puteri, M. Psi

Sumber: Forum Orami - Ask The Expert

Artikel Terkait