DI ATAS 5 TAHUN
29 Maret 2019

Apakah Makanan Instan Berdampak pada Pertumbuhan Anak?

Makanan instan dapat memengaruhi pertumbuhan anak?
Artikel ditulis oleh Dina Vionetta
Disunting oleh Dina Vionetta

Setiap orangtua pasti ingin melihat anak tumbuh dengan sehat dan optimal.

Nutrisi yang tepat menjadi bekal agar anak dapat memiliki pertumbuhan dan perkembangan yang baik.

Banyak masalah yang menjadi gangguan pertumbuhan anak, sebut saja yang paling terkenal adalah stunting.

Stunting menyebabkan anak memiliki perawakan yang pendek, perkembangannya terganggu, bahkan berpengaruh pada kemampuan kognitif anak.

Masalah stunting berawal dari kurangnya nutrisi sejak masa kehamilan. Cara mencegahnya adalah memberi nutrisi dan asupan gizi yang cukup untuk anak sebelum ia menginjak 2 tahun.

Banyak makanan yang menjadi pilihan untuk mencukupi nutrisi anak. Makanan instan juga kadang menjadi pilihan agar lebih praktis dan menghemat waktu.

Baca Juga: Jangan Memaksa Anak untuk Makan! Ini 4 Dampak Buruknya

Namun sebenarnya, apakah makanan instan dapat mengganggu pada pertumbuhan anak? Ini ulasannya.

Makanan Instan Tak Boleh Dibuat Sembarangan

apakah makanan instan berdampak pada pertumbuhan anak 1

Foto: parents.com

Menurut dr. Caessar Pronocitro, seorang dokter spesialis anak dari RS Pondok Indah Bintaro Jaya, makanan yang dibuat sendiri atau instan sebenarnya boleh saja jika dipandang dalam sudut pandang medis.

Sebagai catatan, makanan instan tidak dibuat sembarangan tetapi harus mematuhi standar internasional untuk makanan anak.

“Apabila makanan tersebut sudah lulus BPOM berarti aman untuk dikonsumsi serta harus diperhatikan kebutuhan nutrisinya menurut usia, berdasarkan standar internasional. Namun, hindari pemakaian bumbu atau pemanis tambahan pada makanan instan anak,” ujar dr. Caessar pada Kulwap Orami Community pada Kamis (7/2).

Kandungan makanan instan yang dikonsumsi anak juga perlu diperhatikan, ya, Moms. Jangan sampai anak kurang mendapatkan asupan gizi.

Gizi yang cukup dapat mencegah anak terkena gangguan pertumbuhan, seperti stunting. Gizi yang cukup mampu menjaga perkembangan anak agar sesuai dengan usianya.

Baca Juga: 5 Kalimat yang Tidak Boleh Dikatakan Pada Anak Tentang Makanan

Hindari Pemberian Makanan Cepat Saji secara Berlebihan

apakah makanan instan berdampak pada pertumbuhan anak 3

Foto: jbrkids.com

Makanan instan banyak dijual di pasaran, begitu pula dengan makanan cepat saji yang menawarkan rasa gurih dan nikmat terutama bagi anak-anak.

Sesekali tak masalah memberikannya pada anak, namun perlu ditentukan waktunya. Jangan sampai Moms memberikan takaran makanan cepat saji berlebihan pada anak.

Perlu diketahui, bahwa makanan cepat saji tidak memiliki nutrisi yang cukup bagi pertumbuhan anak sehingga hindari pemberian makanan tersebut kepada mereka.

Selain mengandung kadar lemak dan gula yang banyak, makanan cepat saji mengakibatkan anak mengalami obesitas di kemudian hari.

Dampak lainnya adalah mengganggu perkembangan otak, mudah lemas, dapat menurunkan rasa percaya diri.

Baca Juga: Kenapa Anak Doyan Makan Tapi Berat Badannya Sulit Naik?

Untuk itu, hindari pemberian makanan cepat saji terutama jika anak sedang dalam masa pertumbuhan.

Moms, pemilihan jenis makanan sangat berpengaruh pada tumbuh kembang anak. Penuhi gizi dan nutrisi dengan makanan yang tepat, ya!

(DG)

Artikel Terkait