KESEHATAN
6 Juli 2018

Apakah Slimming Tea Aman untuk Ibu Menyusui?

Apakah Slimming Tea Aman untuk Ibu Menyusui?
placeholder
placeholder
Artikel ditulis oleh Intan
Disunting oleh Intan

Tanya:

Saya sedang menyusui, yang saya tanyakan apakah slimming tea aman untuk ibu menyusui? Apakah ada efek sampingnya untuk bayi?

Jawab:

Teh hijau (camellia sinensis) merupakan salah satu minuman populer yang dari beberapa penelitian memiliki kandungan antioksidan yang tinggi, termasuk vitamin C dan vitamin E.

Konsumsi teh hijau dapat membantu menurunkan kadar kolesterol, mencegah penyempitan pembuluh darah koroner, membantu menurunkan berat badan, serta membantu menstabilkan tekanan darah.

Namun, konsumsi teh hijau berlebihan dapat berbahaya pada ibu yang sedang menyusui. Teh hijau mengandung kafein, polyphenol, dan tannin.

Kafein yang dikonsumsi ibu dapat masuk ke dalam ASI. Kafein dalam beberapa penelitian dapat menyebabkan bayi menjadi rewel, gelisah, serta menyebabkan pola tidur yang buruk pada bayi. Kondisi ini tentu akan berdampak pada pertumbuhan dan perkembangan bayi.

Selain itu, konsumsi tanin berlebihan juga dapat mengganggu penyerapan zat besi yang penting dalam membentuk hemoglobin (pengikat oksigen) sehingga menyebabkan resiko terjadi anemia (hemoglobin rendah).

Sebaiknya hindari konsumsi teh hijau secara berlebihan dan konsultasikan dengan dokter. Beberapa makanan seperti bayam dan oat dapat membantu meningkatkan produksi ASI.

Dijawab oleh dr. Ayu Andrian Putri

Sumber: meetdoctor.com

Artikel Terkait