DI ATAS 5 TAHUN
24 April 2019

Apakah Stunting Merupakan Penyakit Genetik? Ini Kata Ahli!

Yang diturunkan dari orang tua stunting adalah cara hidup mereka
placeholder
placeholder
Artikel ditulis oleh Andra Nur
Disunting oleh Andra Nur

Banyak orang yang berpikir bahwa stunting adalah penyakit genetik setelah ditemukannya banyak anak stunting terlahir dari orang tua yang juga mengalami stunting. Tetapi, apakah betul demikian?

Dr. dr. Damayanti Rusli Sjarif, Sp.A(K), Konsultan Nutrisi dan Penyakit Metabolik FKUI/RSCM, menegaskan bahwa stunting bukanlah penyakit genetik atau diturunkan dari orang tua. Stunting adalah penyakit yang bersumber dari lingkungan tempat tinggal.

Baca Juga: Pendek Belum Tentu Kurang Gizi atau Stunting, Bisa jadi Karena Hal Ini

Gaya Hidup Orang Tua Dapat Menyebabkan Anak Stunting

shutterstock 736764754

Mengenai anak stunting yang terlahir dari orang tua yang stunting juga, dr. Damayanti punya penjelasannya.

Menurutnya, bukan penyakit stunting yang diturunkan oleh orang tua ke anaknya, melainkan cara hidup mereka.

“Apa yang mereka makan, bagaimana lingkungan mereka hidup, itu yang diturunkan oleh orang tua ke anaknya,” ungkap dr. Damayanti pada diskusi FFI MilkVersation Hari Gizi Nasional 2019: Investasi Pangan Hewani, Stunting, dan Upaya Selamatkan Generasi Mendatang di The Club, Djakarta Theater, Rabu (23/1).

Baca Juga: Ternyata 3 Hal Ini Tanpa Disadari Bikin Anak Telat Bicara

Dari hasil pengamatan dr. Damayanti di sebuah desa di Pandeglang, ia menemukan bahwa ada satu keluarga yang pendek tiga generasi.

Untuk menentukan apakah mereka mengalami stunting secara turun temurun sehingga pendek tiga generasi, dr. Damayanti melakukan penggalian fakta secara mendalam.

Setelah diperiksa, secara familial tidak ada masalah. Itu artinya, mereka sekeluarga ada kemungkinan mengalami stunting.

dr. Damayanti lalu menanyakan perihal pendidikan yang ditempuh oleh mereka.

“Ternyata kakeknya hanya lulusan SD, begitu juga dengan bapaknya. Ternyata kemampuan otak mereka yang bermasalah. Ini yang jadi salah satu tanda stunting,” jelasnya.

Setelah ditelurusi lebih lanjut, pola makan mereka memang salah. Kebutuhan nutrisi ketika kecil tidak terpenuhi.

“Masa anaknya hanya dikasih kuah bakso dan nasi. Ini yang salah. Pola hidupnya. Jadi stunting itu bukan penyakit genetik,” katanya.

Baca Juga: Waspada, Hubungan Buruk Suami Istri Bisa Ganggu Tumbuh Kembang Anak

Agar stunting tidak berlanjut ke generasi yang berikutnya, penting bagi keluarga tersebut untuk mengubah pola hidup mereka.

Pemahaman tentang pentingnya nutrisi pada 1.000 hari pertama kehidupan diharapkan bisa menjadi salah satu cara untuk mencegah stunting pada generasi berikutnya.

(AND)

Artikel Terkait