KEHAMILAN
21 September 2020

15 Manfaat Tomat untuk Ibu Hamil, Bisa Mencegah Kanker!

Tomat mengandung zat antioksidan yang sangat kuat seperti likopen.
placeholder
placeholder
Artikel ditulis oleh Adeline Wahyu
Disunting oleh Amelia Puteri

Tomat adalah buah dari keluarga nightshade yang berasal dari Amerika Selatan. Meskipun masuk dalam kategori buah, tomat umumnya dimakan dan disiapkan seperti sayuran.

Lalu, seperti apa manfaat tomat untuk ibu hamil?

Tomat adalah sumber makanan utama dengan kandungan antioksidan likopen, yang dikaitkan dengan banyak manfaat kesehatan, termasuk penurunan risiko penyakit jantung dan kanker.

Cari tahu lebih lanjut tentang nutrisi pada tomat, serta apa saja manfaat tomat untuk ibu hamil berikut ini, Moms!

Nutrisi Tomat untuk Ibu Hamil

nutrisi tomat untuk ibu hamil

Foto: Orami Photo Stock

Buah bulat berwarna merah ini juga merupakan sumber vitamin A, vitamin C, kalium, folat, dan vitamin K. Khasiat tomat akan jauh lebih terasa ketika dimasak menjadi sebuah saus atau dimakan dengan sedikit minyak.

Biasanya akan berwarna merah saat matang, tomat juga bisa tersedia dalam berbagai warna, antara lain kuning, oranye, hijau, dan ungu. Terlebih lagi, terdapat banyak subspesies tomat dengan berbagai bentuk dan rasa.

Kandungan air dalam buah tomat adalah sekitar 95%. Sebesar 5% lainnya sebagian besar terdiri dari karbohidrat dan serat.

Menurut U.S. Department of Agriculture, berikut nutrisi dalam tomat mentah berukuran kecil atau sekitar 100 gram yang akan kita dapatkan.

  • Kalori: 18
  • Air: 95%
  • Protein: 0,9 gram
  • Karbohidrat: 3,9 gram
  • Gula: 2,6 gram
  • Serat: 1,2 gram
  • Lemak: 0,2 gram

Untuk ibu hamil, asupan nutrisi selama kehamilan merupakan perihal penting yang perlu diketahui oleh pada calon ibu. Makanan yang Moms konsumsi akan diserap bayi sebagai nutrisi untuk pertumbuhannya.

Berbicara mengenai asupan makanan, amankah mengonsumsi tomat untuk ibu hamil?

Tomat aman dikonsumsi saat hamil, tetapi dalam jumlah yang sedang. Jenis buah sayuran satu ini mengandung vitamin A, C, dan folat, bersama dengan likopen dan zat besi yang membuat ibu hamil dan janin tetap sehat.

Kandungan vitamin C membantu penyerapan zat besi yang lebih baik yang dibutuhkan ibu hamil. Jika dokter Moms telah merekomendasikan Moms untuk mengonsumsi suplemen zat besi, mengonsumsi tomat dapat membantu penyerapan yang lebih baik.

Lalu apa manfaat tomat untuk ibu hamil lainnya? Yuk kita simak penjelasan di bawah ini Moms.

Baca Juga: 3 Perbedaan Nutrisi Buah Utuh dan Jus Buah, Signifikan!

Manfaat Tomat untuk Ibu Hamil

Konsumsi tomat dan produk berbahan dasar tomat telah dikaitkan dengan peningkatan kesehatan kulit dan penurunan risiko penyakit jantung dan kanker. Tengok manfaat lainnya di bawah ini ya Moms.

1. Menjaga Kesehatan Jantung

Manfaat Tomat untuk Ibu Hamil

Foto: Orami Photo Stock

Penyakit jantung, termasuk serangan jantung dan stroke, adalah penyebab kematian paling umum di seluruh dunia. Manfaat tomat untuk ibu hamil yang pertama adalah menjaga kesehatan jantung.

Sebuah penelitian pada pria paruh baya, mengaitkan kadar likopen dan beta-karoten yang rendah dalam darah dengan peningkatan risiko serangan jantung dan stroke.

Di dalam jurnal Effect of Lycopene and Tomato Products on Cholesterol Metabolism, disebutkan bahwa semakin banyak bukti dari uji klinis menunjukkan bahwa melengkapi asupan makanan kita dengan likopen dapat membantu menurunkan kolesterol jahat (LDL).

Studi klinis produk tomat menunjukkan manfaat melawan peradangan dan penanda stres oksidatif. Tomat juga menunjukkan efek perlindungan pada lapisan dalam pembuluh darah dan dapat menurunkan risiko pembekuan darah.

Baca Juga: Resep Salad Buah Lemon Keju, Segar!

2. Membantu Mencegah Kanker

Manfaat tomat untuk ibu hamil selanjutnya adalah dapat membantu mencegah kanker. Kanker adalah pertumbuhan sel abnormal yang tidak terkendali yang menyebar di luar batas normalnya, seringkali menyerang bagian tubuh lainnya.

Studi observasi telah mencatat hubungan antara tomat dan produk tomat lainnya, berkaitan dengan lebih kecil kejadian kanker prostat, paru-paru, dan perut.

Sementara kandungan likopen yang tinggi diyakini bertanggung jawab, penelitian pada manusia diperlukan untuk mengkonfirmasi penyebab manfaat ini.

Sebuah penelitian pada wanita menunjukkan bahwa konsentrasi tinggi karotenoid yang ditemukan dalam jumlah tinggi pada tomat, dapat melindungi dari kanker payudara.

3. Menjaga Kesehatan Kulit

Manfaat Tomat untuk Ibu Hamil

Foto: Orami Photo Stock

Manfaat tomat untuk ibu hamil juga dianggap bermanfaat untuk kesehatan kulit kita. Makanan berbahan dasar tomat yang kaya likopen dan senyawa tanaman lainnya dapat melindungi dari sengatan matahari.

Menurut penelitian dalam U.S. National Library of Medicine, orang yang menelan 1,3 ons (40 gram) pasta tomat, akan mengonsumsi 16 mg likopen, dengan minyak zaitun setiap hari selama 10 minggu mengalami 40% lebih sedikit luka bakar akibat sinar matahari.

4. Menawarkan Vitamin A dan C

Tomat termasuk dalam buah yang padat akan kandungan nutrisi vitamin A dan C. Ini menjadi manfaat lain dari manfaat tomat untuk ibu hamil.

Satu tomat berukuran sedang memberikan hampir 40% tunjangan harian yang direkomendasikan (RDA) vitamin C dan 20% RDA vitamin A. Tomat juga mengandung vitamin K, kalium, zat besi, dan kalsium, yang semuanya penting untuk pertumbuhan janin yang sehat.

5. Menyediakan Kebutuhan Kalori

tomat untuk ibu hamil

Foto: Orami Photo Stock

Sangat umum untuk merasa lelah dan lesu selama kehamilan, karena beban ekstra yang Moms pikul. Coba konsumsi tomat dan rasakan manfaat tomat untuk ibu hamil untuk kebutuhan kalori.

Jumlah kalori yang kaya dalam tomat tentu akan memberikan energi tambahan yang cukup untuk ibu hamil dan mengurangi kelesuan.

Baca Juga: 5 Makanan Berserat untuk Lancarkan Pencernaan, Patut Dikonsumsi Lebih Banyak

6. Merupakan Sumber Serat

Tomat mengandung serat makanan tingkat tinggi, yang membantu memberikan pencernaan yang sehat. Ini menjadi manfaat tomat untuk ibu hamil selanjutnya.

Menurut jurnal yang diterbitkan oleh Colorado State University, serat akan menumpuk kotoran, mendorong gerakan peristaltik dari otot pencernaan halus, dan menstimulasi cairan pencernaan.

Ibu hamil biasa bermasalah dengan pencernaan dan sembelit. Makan tomat dalam jumlah yang cukup akan membantu pencernaan Moms berjalan lebih lancar.

7. Mengandung Kalium

tomat mengandung kalium

Foto: Orami Photo Stock

Konsumsi tomat secara teratur dapat menurunkan risiko hipertensi, yaitu preeklamsia, yang sering terjadi selama kehamilan. Kalium juga akan meningkatkan aliran darah dan mengurangi stres pada jantung.

8. Kaya akan Likopen

Dalam jurnal Tomatoes or Lycopene in Cancer Risk Reduction, tomat mengandung likopen, antioksidan yang membantu melawan radikal penyebab kanker.

Likopen merupakan karotenoid paling melimpah pada tomat matang yang sangat penting dalam tanaman buah. Senyawa ini ditemukan dengan konsentrasi tertinggi di kulit tomat.

Umumnya, semakin merah tomat, maka semakin banyak likopen yang terkandung di dalamnya. Manfaat tomat untuk ibu hamil ini tentunya menarik perhatian Moms, ya.

Produk tomat, seperti kecap, jus tomat, pasta tomat, dan saus tomat, merupakan sumber makanan yang memililik kandungan likopen di dalamnya. Lebih dari 80% likopen bisa kita temukan dalam makanan di Amerika Serikat.

Menurut jurnal Lycopene Stability During Food Processing, jumlah likopen dalam produk tomat olahan seringkali jauh lebih tinggi daripada tomat segar itu sendiri.

Misalnya, saus tomat mengandung 10-14 mg likopen per 3,5 ons (100 gram), sementara satu tomat kecil segar (100 gram) hanya mengandung 1–8 mg.

Namun, perlu diingat bahwa kecap sering kali dikonsumsi dalam jumlah yang sangat sedikit. Oleh karena itu, mungkin lebih mudah untuk meningkatkan asupan likopen dengan makan tomat segar yang juga memiliki gula jauh lebih sedikit daripada saus tomat.

Makanan lain dalam menu kita mungkin memiliki efek kuat pada penyerapan likopen.

Mengonsumsi likopen dengan sumber lemak dapat meningkatkan penyerapan hingga empat kali lipat. Namun, tidak semua orang menyerap likopen dengan kecepatan yang sama.

Meskipun produk tomat olahan lebih tinggi kandungan likopennya, tetap lebih disarankan untuk mengonsumsi tomat segar yang utuh untuk mendapatkan manfaat tomat untuk ibu hamil yang maksimal.

9. Menurunkan Kadar Kolesterol

beragam manfaat tomat untuk kesehatan

Foto: babyment.com

Likopen mencegah oksidasi lipid serum untuk melindungi jantung. Ini membantu mengurangi kadar kolesterol LDL dan trigliserida dalam darah.

10. Mengandung Asam folat

Manfaat tomat untuk ibu hamil termasuk membantu Moms memenuhi RDA asam folat.

Nah, Moms tentu sudah tahu bahwa asam folat ini diperlukan untuk mengurangi risiko cacat lahir pada otak dan sumsum tulang belakang janin di dalam kandungan Moms.

Makanya dengan mengonsumsi tomat secara rutin, Moms sudah memberikan tubuh asupan folat yang diperlukan.

Baca Juga: Ibu Hamil Kekurangan Asam Folat, Berbahaya Bagi Janin!

11. Mengandung Vitamin E

tomat untuk ibu hamil

Foto: healthline.com

Aplikasi topikal jus tomat, yang mengandung vitamin E, dapat membantu melindungi tubuh kita dari sengatan sinar matahari. matahari.

12. Bisa Menyerap Zat Besi

Tomat adalah sumber vitamin C, salah satu dari sekian banyak nutrisi penting yang Moms butuhkan selama kehamilan untuk menjaga diri dan calon bayi tetap sehat. Vitamin C membantu kesehatan tulang, gigi dan gusi.

Vitamin ini juga membantu penyerapan zat besi, yang menjadi perhatian khusus selama kehamilan, karena wanita hamil umumnya memiliki kebutuhan zat besi yang lebih tinggi. Ini menjadi manfaat tomat untuk ibu hamil yang tak kalah penting.

Meskipun dokter mungkin merekomendasikan Moms untuk mengonsumsi suplemen zat besi tambahan selama kehamilan, makan tomat yang kaya akan vitamin C dapat membantu tubuh kita untuk bekerja lebih baik dalam menyerap zat besi yang kita konsumsi.

13. Meningkatkan Imunitas Tubuh Ibu Hamil

tomat memiliki segudang manfaat

Foto: Orami Photo Stock

Seperti yang sudah disebutkan di atas, manfaat tomat untuk ibu hamil yaitu mengandung vitamin C dan vitamin A dengan kadar tinggi.

Vitamin C membantu penyerapan zat besi, sedangkan vitamin A memperkuat sistem kekebalan tubuh, melawan infeksi, dan meningkatkan perbaikan jaringan setelah melahirkan.

14. Mencegah Deformitas Bawaan

Likopen, antioksidan kuat yang ditemukan dalam tomat mencegah kerusakan sel, preeklamsia, dan kelainan bentuk bawaan pada bayi.

Baca Juga: 5 Camilan Sehat yang Bisa Menaikkan Berat Badan Janin

15. Membantu Ibu Hamil Mengelola Diabetes Gestasional

tomat untuk kehamilan

Foto: Orami Photo Stock

Mengonsumsi tomat secara teratur dipercaya mampu menurunkan stres oksidatif diabetes gestasional yang juga menjadi manfaat tomat untuk ibu hamil.

Baca Juga: 4 Manfaat Masker Tomat untuk Wajah dan Cara Membuatnya

Tips Memilih Tomat untuk Ibu Hamil

tips memilih tomat untuk ibu hamil

Foto: Orami Photo Stock

Karena banyaknya manfaat tomat, penting untuk memilih tomat yang tepat untuk menikmati manfaat yang ditawarkannya. Tips untuk Moms memilih tomat yang tepat, yaitu:

  • Carilah tomat berwarna merah cerah tanpa memar, noda atau bintik hitam. Jenis tomat yang kusam atau pucat tidak akan memiliki rasa apa pun.
  • Pilih jenis tomat yang matang yang diperoleh langsung dari pasar petani, dan yang bebas bahan kimia.
  • Tomat seharusnya tidak terlalu lembut atau terlalu keras.
  • Pilih tomat yang lebih berat dan lebih padat karena berair.
  • Moms bisa mengetahui rasanya dengan mencium batangnya. Idealnya harus manis, kuat dan berbau tanah.

Meskipun ada banyak manfaat tomat untuk ibu hamil, yang memberikan nilai gizi selama kehamilan, tomat juga dapat menyebabkan ketidaknyamanan bagi beberapa ibu hamil.

Komplikasi ini dapat muncul jika dikonsumsi dalam jumlah banyak.

Selama trimester kedua kehamilan, mulas menjadi perhatian bagi sebagian besar ibu hamil, karena hormon progesteron melemaskan katup yang memisahkan kerongkongan kita dari perut, menyebabkan refluks asam dan rasa terbakar di dalam perut kita.

Makanan asam seperti tomat mungkin akan memperburuk masalah ini bagi sebagian wanita dan membuat rasa mulas kita menjadi lebih parah. Jika Moms mengalami mulas selama kehamilan, kurangi konsumsi tomat dan hindari makanan lain yang menyebabkan masalah gastrointestinal.

Selain itu, juga mungkin menyebabkan alergi. Meskipun alergi tomat jarang terjadi, mereka yang terkena alergi terhadap serbuk sari rumput lebih cenderung alergi terhadap tomat.

Menurut jurnal dalam U.S. National Library of Medicine, kondisi ini disebut sindrom alergi makanan serbuk sari atau sindrom alergi oral.

Pada sindrom alergi oral, sistem kekebalan kita menyerang protein buah dan nabati yang mirip dengan serbuk sari, yang menyebabkan reaksi alergi seperti rasa gatal di mulut, tenggorokan, atau pembengkakan di mulut atau tenggorokan kita.

Artikel Terkait